AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

5/30/2018

Cara Mengcopy dan Backup ICC Profile Color Windows 7 ke Windows 10 (Komputer lain)

Dalam manajemen warna di komputer biasanya akan menggunakan icc profile. Dimana definisi icc profile adalah sekumpulan data yang mencirikan input warna atau perangkat ouput atau ruang warna sesuai dengan standart yang diumumkan.  (www.laysander.com)

Setiap komputer memiliki icc profile masing-masing tergantung perangkat hardware yang digunakan misalkan icc profile bawaan dari windows maupun icc profile bawaan dari VGAnya. Contoh icc Profile yang sering digunakan dalam coreldraw adalah USWebCoatedSWOP atau bawaan windows menggunakan sRGB Color Space Profile.

Itulah pembahasan singkat tentang ICC Profile,

Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman admin dimana admin pernah menggunakan 2 komputer dan setiap komputer memiliki koneksi masing-masing ke 1 printer dengan kata lain 2 printer 2 komputer.

Untuk lebih jelasnya dimisalkan Admin memiliki Komputer A (Windows 7) dengan Printer A dan Komputer B (Windows 10) dengan Printer B. Admin mencetak hasil design grafis dengan menggunakan 2 komputer dan untuk mengkoneksikan komputer dengan printer menggunakan software TOPAZRip. Selanjutnya admin mencoba membandingkan hasil cetakannya dan hasilnya memiliki perbedaan warna. Hal ini disebabkan 2 komputer memiliki icc profile yang berbeda. Untuk dapat menyamakan icc profile windows 10 dan windows 7 dapat dilakukan dengan cara,

1.    Copykan Icc Profile Komputer A (Windows 7) pada folder “Color”.

       C:\Windows\System32\spool\drivers\color


       File ICCProfile tersebut bisa dijadikan Backup bila nanti komputer di Install Ulang dan 
       ingin menggunakan ICCProfile lama.

2.    Pastekan ke Komputer B (Windows 10) pada folder color di windows dan RBG di Topas
       Windows 10

      TopazRip
      C:\TNSRip-X\ICCProfile\RGB


3.   Masukan ICC Profile CalibratedDisplayProfile-1.icc ke Color Management Komputer B         (Windows 10). Cetang Use my setting for this device.


4.   Masukan ICC Profile CalibratedDisplayProfile-1.icc ke Job Detail Setup detailnya pada 
      Tab Color Profil> RGB Image.
      Setalah input icc profile, aturlah pencahayaannya pada Color Adjustment dengan    
      menambahkan Bright dan Contrast.



Untuk melihat hasilnya perhatikan perubahan pada gambar dengan ditandai warna merah dan pada hasil cetakan pada kertas.




Selamat Mencoba

Terima kasih telah berkunjung ke https://www.agungpanduan.com

1 komentar: