AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

7/30/2018

Analisis Regresi Menggunakan Microsoft Excel

Artikel ini mungkin sebagai catatan pengelaman admin saja karena pembahasan tentang Analisis Regresi Menggunakan Microsoft Excel ini sudah banyak pada situs-situs lain. Tapi kalau memang artikel ini bermanfaat untuk orang lain yang Alhamdulillaah.

Dalam Statistik, regresi merupakan metode statistic yang sangat populer disebabkan metode ini mudah untuk dipahami apabila regresi yang dibahas adalah regresi linear sederhana. Sebab yang admin tahu Regresi tidak hanya regresi linear saja ada banyak macam dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Metode Analisis Regresi ini terdapat pada Software-software seperti SPSS, Minitab (Matlab), Eviews, STATA, serta Microsoft Excel dan mungkin software lainnya.

Contoh Kasus,

Seorang kepala sekolah ingin melihat apakah ada pengaruh Lama Waktu Belajar Saat Weekend terhadap Nilai Mata Pelajaran Siswa. Berdasarkan sampel acak dari 15 siswa, diperoleh data sebagai berikut ini.




Catatan: Data ini hanya hasil manipulasi Admin dan hanya sebagai contoh kasus untuk dipelajari saja
Diketahui, X: Waktu Belajar Saat Weekend sebagai Variabel Bebas
                 Y: Nilai Mata Pelajaran Siswa sebagai Variabel Tak Bebas
                 Jumlah sampel (n): 15, Taraf Signifikansi (α) = 5 %

Hipotesis yang akan diuji,
  • H0: b= 0 (Tidak ada pengaruh antara Lama Waktu Belajar WeekEnd Terhadap Nilai Mata Pelajaran Siswa)
  • H1: b ≠ 0 (Ada pengaruh antara Lama Waktu Belajar WeekEnd Terhadap Nilai Mata Pelajaran Siswa)

Langkah-langkah Analisis Regresi Linear Sederhana dengan Excel

Pertama, buka Microsoft Excel, Pastikan sudah menambahkan Analysis Toolpak pada Microsoft Excel komputer anda jika belum kunjungi Artikel Mengaktifkan VBA Macro Excel dan Analisis Statistik Excel.
Kedua, Input Data tabel di atas ke dalam worksheet Excel. 





Ketiga, Klik tab Menu Data>Data Analysis>Regression>OK



Keempat, Input Y Range dengan cara memblok/sorot data pada Cell (C1:C16) sebagai variable tak Bebasnya, Input X Range dengan cara memblok/sorot data pada Cell (B1:B16) sebagai Variabel Bebasnya, Aktifkan “Label” dan Output akan diitampilkan pada New Worksheet Ply.

Untuk confidence level (Taraf Signifikansi) dapat disesuaikan dengan taraf signifikan yang dibutuhkan, Karena diatas yang kita gunakan adalah nilai confidence level otomatis sudah diberikan oleh Excel yaitu α = 5 %. Klik OK



Kelima, Akan muncul hasil output sebagai berikut,




Dari Hasil Output diatas dapat disimpulkan bahwa



1. Nilai Korelasi antara Lama Waktu Belajar Weekend dengan Nilai Mata Pelajaran Guru sebesar 0,84 ditunjukan pada nilai Multiple R.
2. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,70 yang berarti bahwa kontribusi besarnya pengaruh yang diberikan oleh Lama Waktu Belajar Weekend Terhadap Nilai Mata Pelajaran Siswa adalah sebesar 70 % sedangkan 30% nya dipengaruhi oleh faktor lain.



3. Hasil Output ANOVA menunjukan bahwa nila F hitung = 31.490 dengan nilai signifikansi sebesar 0.00008 lebih kecil probabilitas (0.00008<0.05) maka model regresi dapat digunakan.



4. Nilai Konstanta (a) diperoleh sebesar 40,32
5. Nilai Koefisien regresi (b) sebesar 13,181 dengan t-hitung (t0) sebesar 6,6 dan nilai p-value sebesar 0.0000169.  Koefisien regresi bernilai positif menunjukan bahwa arah pengaruhnya positif, artinya semakin lama waktu belajar pada saat weekend maka nilai mata pelajaran siswa semakin tinggi.
6. Sehingga Persamaan Regresinya adalah: Y = 40,32 + 13,29 X.

Hasil Pengujuan dengan menggunakan Uji Koefisien Regresi Sederhana (Uji t)


Uji ini digunakan untuk mengetahui apakah variabel independen (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen (Y). Signifikan berarti pengaruh yang terjadi dapat berlaku untuk populasi (dapat digeneralisasikan).


Tabel distribusi t dicari pada α = 5 % : 2 = 2,5% (uji 2 sisi) dengan derajat kebebasan (df) n-k-1 atau  15-1-1  = 13 (n adalah jumlah kasus dan k adalah jumlah variabel independen). Dengan pengujian 2 sisi (signifikansi = 0,025) hasil diperoleh untuk t tabel sebesar 2,16 (Lihat pada lampiran) atau dapat dibuat menggunakan Microsoft Excel dengan cara pada cell kosong ketik =tinv(0.05,17) lalu enter.


Kriteria Pengujian
H0 diterima jika –t tabel < t hitung < t tabel
H1 ditolak jika -thitung < -t tabel atau t hitung > t tabel

Membandingkan t hitung dengan t tabel

Nilai t hitung > t tabel (5.611> 2,16) maka Ho ditolak artinya bahwa ada pengaruh secara signifikan antara Lama Waktu Belajar WeekEnd Terhadap Nilai Mata Pelajaran Siswa.

Semoga Bermanfaat

Terima kasih telah berkunjung ke https://www.agungpanduan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar