AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

7/31/2018

Auto Fill Pada Microsoft Excel

Auto Fill adalah fitur aplikasi Excel yang digunakan untuk mengisi data pada sel berdasarkan pola tertentu maupun formula dari data pada sel lain. Fitu ini umumnya sering digunakan oleh para pengguna Microsoft Excel untk membuat penomoran yang berurutan. Cara penggunaannya juga relatif mudah yaitu dengan cara tombol Auto Fill dalam group Editing pada tab Home.


atau menggunakan drag dengan mouse. Namun para pengguna Microsoft Excel lebih menyukai Auto Fill dengan drag mouse karena cara yang paling cepat dan mudah untuk dilakukan. Agar lebih jelasnya akan dijelaskan cara penggunaan Auto Fill menggunakan Drag mouse berikut ini,

Pada tabel berikut ini terlihat bahwa sel A2 hinga A4 terah terisi data berupa angka 1 hingga 3. Jika kita hendak ingin melanjutkan penomoran tersebut ke sel dibawahnya, maka kita tinggal menyorot sel A2 hingg A4. kemudian dalam kondisi sel masih tersorot/terblok, dekatkan mouse ke simbol kotak kecil yang terletak di sudut kanan bawah hingga pointer mouse berubah menjadi simbol tanda plus berwarna hitam.


Berikutnya klik dan tahan lalu drag ke arah bawah hingga melewati beberapa sel dan lepaskan tombol jika memang dianggap cukup jumlah penomorannya.


Hasilnya dapat dilihat pada tabel berikut ini, dimana sel-sel dibawah  sel A4 sudah terisi dengan angka nomor lanjutan angka pada sel A2-A4 secara berurutan.


Dalam kaitannya dengan penggunaan formula, Auto fill ini dapat digunakan untuk menyalin formula dari satu sel ke sel-sel lainnya secara cepat. Cara penggunaanya sama seperti contoh Auto Fill Penomoran diatas. Dimana prinsipnya selalu mengikuti pola yang sudah terbentuk pada sel sebelumnya yang menjadi acuan. Agar lebih jelas, perhatikan contoh berikut ini,

Pada tabel dibawah ini, merupakan formula hitung dasar yang akan digunakan untuk dijadikan contoh proses auto fill agar mudah dipahami. Dengan Formula dasarnya adalah “=F2+G2”.


Selanjutnya, bagaimana cara untuk menghitung hasil penjumlahan pada sel-sel di bawahnya, yaitu Sel H3, H4, H5? Dengan cara manual jelas mudah, namun bayangkan apabila data yang harus dijumlahkan sangat banyak, maka cara manual alias hitung satu persatu jelas bukan cara yang efisien dan memakan banyak waktu.

Agar lebih cepat sekaligus mempermudah pekerjaan maka dapat menggunakan Auto Fill. Caranya sama seperti contoh Auto Fill Penomoran sebelumnya. Kita tinggal menyorot sel H2 yang telah berisikan formula perhitungan penjumlahan, lalu mendekatkan pointer mouse ke sudut kanan bawah hingga tanda plus berwarna hitam muncul dan kemudian klik, tahan lalu drag ke arah bawah.


Setelah sampai di sel H5, lepaskan tombol mouse lalu perhatikan hasilnya. Secara otomatis sel H3, H4, dan H5 terlah terisi oleh formula dengan mengacu pada formula yang ada didalam sel H2.


Jika dianalisa, dari contoh tersebut kita akan melihat bahwa proses Auto Fill pada sel yang berisikan formula ini selalu menambahkan angka satu pada penomoran sel H(3 + 1)=H4 ke sel berikutnya. Tergantung ke arah mana kita melakukan Autofill.
  • Jika arahnya kebawah maka nomor baris akan selalu bertambah. contohnya 1,2,3,4,5 dan seterusnya
  • Jika arahnya ke kanan maka nama kolom yang akan selalu bertambah. contohnya A,B,C,D,E dan seterusnya

Pada contoh AutoFill Formula diatas, arah proses AutoFill adalah kebawah hingga nomor baris akan selalu bertambah sementara nama kolomnya tetap. Dan proses ini tentunya akan menghasilkan formula yang benar pada sel H3, H4, dan H5.


Dari Analisa tersebut maka proses Auto Fill dapat dijalankan pada sebuah tabel dengan bentuk yang statis seperti tabel contoh diatas. Namun untuk tabel yang bentuknya dinamis atau kompleks, atau pada formula memerlukan nilai konstanta maka Auto Fill ini tidak dapat kita gunakan kecuali dengan bantuan Sel Absolut atau tanda "$".

Demikianlah Artikel tentang Tata Cara Penggunaan AutoFill Pada Microsoft Excel.

Semoga Bermanfaat

Terima kasih telah berkunjung ke https://www.agungpanduan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar