AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

7/30/2018

Cara Mengaktifkan VB Macro Excel dan Analisis Statistik Excel

Excel merupakan aplikasi untuk pengolah angka yang menggunakan spreadsheets yang terdiri dari baris dan kolom untuk dapat mengeksekusi perintah. Dalam pengolahan angka pada excel memerlukan sebuah formula excel contohnya vlookup, hlookup, sum dan lain-lain.  Formula tersebut merupakan formula yang sudah tersedia pada excel. Bagi orang yang sudah paham tata cara penggunaan formula tersebut merupakan hal mudah namun belum tentu tahu cara membuat formula excel sendiri dan cara menggunakan tool analisis statistik excel seperti Regresi, Z-test, t-test, Sampling dan lain-lain.

Untuk membuat formula sendiri pada excel pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan terlebih dahulu VBA Macro Excelnya. VBA (Visual Basic for Applications) Macro Excel adalah sebuah Bahasa pemograman yang digunakan untuk mengembangkan program, formula (rumus) yang akan mengontrol Excel sehingga Excel akan melakukan perintah yang dibuat secara cepat dan akurat.

Adapun cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut ini,
Pertama, Jalankan Software Excelnya.
Kedua, Klik Tombol Tab File pada menu Excel di atas.




Ketiga, Pilih dan klik menu Options pada Tab File.


Keempat, Akan muncul Dialog Excel options, Klik menu Trust Center pada sebelah kiri Dialog Excel Options dan Klik Tombol Trust Center Settings. Dimana Trust Center Settings ini berisi pengaturan keamanan pada Excel.


Kelima, Pilihlah Macro Settings dan Enable All Macros (not Recommended; Potentially dangerous code can run) serta Ceklis Trust Acces to the VBA project object Model.  Catatan: Pengaktifkan All Macros dapat berisiko terkena virus atau menjalan perintah yang tidak diinginkan oleh sebab itu berhati2 lah.


Kelima, Masuk ke Excel Options>Costumize Ribbon lalu cek list lah Developer Tab pada List Main Tabs



Keenam, Cek apakah Tab Developer muncul pada menu utama Excel.



Itulah cara mengaktifkan VBA Macro Excel sedangkan untuk mengaktifkan Analisis Statistik excel adalah sebagai berikut,

1. Pada Dialog Excel options, pilihlah Add-Ins serta pada List Add-Ins pilih Analysis ToolPak dengan Manage “Excel Add-Ins”. Analysis Toolpak ini berisi tool-tool pengolahan Angka dengan metode Statistik dan engineering.
2. Lalu klik tombol Go. 


3. Cek list Analysis Toolpak Pada Dialog Add-Ins.


4. Lalu cek apakah Analysis Toolpak telah berhasil ditambahkan atau diaktifkan. Dengan cara pilih menu data dan cari apakah ada tombol Data Analysis.


Demikianlah cara mengaktifkan VBA Macro Excel dan Statistic Excel, cukup mudahkan?

Semoga Bermanfaat

Terima kasih telah berkunjung ke https://www.agungpanduan.com

1 komentar: