AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

7/04/2018

Download File Word dan Cara Penomoran Halaman Berbeda (Cover, Kata Pengantar, Bab lainnya) dan Daftar Isi Otomatis

Membuat laporan tugas mata kuliah seperti skripsi, makalah pada saat kuliah sudah merupakan momok yang sangat menakutkan apalagi ketika kondisi kita sedang kurang semangat atau malas. Mengerjakan tugas skripsi dan makalah yang pasti akan membutuhkan banyak waktu serta pikiran sepertihalnya waktu untuk memilih dan memikiran judul skripsi. Walaupun kita sudah memutuskan judul skripsi apa yang akan digunakan namun belum tentu judul itu di setujui oleh dosen pembimbing sehingga membuat waktu yang terbuang semakin banyak. Belum lagi waktu pengaturan hasil ketikan seperti pengaturan cover, penomoran halaman berbeda, pengaturan judul bab, pengaturan daftar isi, pengaturan daftar gambar dan lain-lain.

Dengan ulasan diatas admin tidak bermaksud untuk membuat para pembaca menjadi kurang bersemangat dan malas mengerjakan tugas. Namun admin hanya mengutarakan pengalaman admin ketika masih duduk di bangku kuliah. Ingat Jangan Berputus Asa masih ada solusinya kok yaitu
  1. Cara Membuat Penomoran halaman Berbeda di Word.
  2. Cara Pengaturan Judul Bab yang Benar di Word.
  3. Cara Pengaturan Daftar Isi Otomatis – Table of Contents.
  4. Cara Pengaturan Daftar Tabel Otomatis – Insert Table of Figures.
  5. Cara Pengaturan Daftar Gambar Otomatis – Insert Table of Figures


Catatan : Proses Penomoran Halaman harus dilakukan sebelum pengetikan : Cover, Kata Pengantar atau isi skripsi/makalah.

A.      CARA MEMBUAT PENOMORAN HALAMAN BERBEDA DI WORD

Perhatikan gambar dibawah ini adalah susunan halaman yang akan kita buat,


Langkah-langkah membuat penomoran halaman berbeda di word seperti gambar diatas adalah:

1.   Tentunya para dulur/sobat harus membuka Microsoft Office Word 2016 terlebih dahulu. Tempatkan cursor/titik sisip pada akhir halaman pertama/cover yang akan di pisah dengan halaman kedua (BAB PENGANTAR, DAFTAR ISI) sebagai halaman untuk kata pengantar, daftar isi, daftar gambar. Klik Tab Layout>Break>Next Page. Dengan begitu Cursor pindah ke halaman baru/kedua. Hal ini menunjukan halaman sebelumnya sudah terpisah dengan halaman baru.


2.   Klik pada Header halaman Pertama. Lalu klik Tab Design, Cetang/pilih pada Different First Page.


3. Memberikan nomor halaman pada halaman kedua. Klik tab Insert>Page Number>Bottom of Page.


4. Membuat halaman ketiga untuk BAB PENDAHULUAN, BAB METODE, BAB PEMBAHASAN DAN LAIN-LAINNYA. Klik Tab Layout>Break>Next Page.
5.     Modifikasi nomor halaman kedua menjadi nomor halaman yang dimulai dengan huruf “I” dan halaman ketiga menjadi nomor halaman yang dimulai dengan angka 1. Klik bottom header atau nomor halaman pada halaman kedua. Lalu klik Design>Page Number>Format Page Numbers.



Halaman Kedua


Halaman Ketiga



6. Perhatikan apakah Halaman Pertama untuk Cover ada Penomoran Halaman. Jika tidak berarti Penomoran Halaman Berbeda pad word telah berhasil.

B.      CARA PENGATURAN JUDUL BAB YANG BENAR DI WORD

Pembuatan judul bab ini sangat berpengaruh atau menjadi syarat pembuatan Daftar Isi Otomatis. Karena biasanya Tables Of Contents menggunakan Styles Heading 1, Heading 2, Heading 3. Oleh karena itu kita harus modifikasi Styles Heading 1- 3 agar mempermudah pembuatan Judul Bab dan Sub Bab. Langkah sebagai berikut,

1.    Klik pada Tab Styles > Heading 1 lalu klik kanan mouse pilih Modify.


2.   Selanjutnya pada Dialog Modify Styles Heading 1, aturlah jenis FONT, FONT SIZE, dan BOLD pada list Formatting,  Paragraf menjadi Center serta FONT COLOR.
Heading 1 (Untuk Judul Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar)


Heading 2 (Untuk Sub BAB I, II, III, IV, V)
Ketikan huruf BAB sebelum angka romawi “I” yang diblok warna grey dan hapus titiknya. Angka Romawi “I” yang diblok Warna Grey merupakan angka Romawi otomatis pada saat penambahan bab baru.


Mengatur spasi pada Judul BAB,


Heading 3 (Untuk Sub BAB).



C.      CARA PENGATURAN DAFTAR ISI OTOMATIS – TABLES OF CONTENTS

Dengan mengatur Penjudulan BAB, SUB BAB dengan benar akan mempermudah pembuatan Daftar Isi otomatis. Yang telah saya sebutkan tadi Table of Contents ini menggunakan Styles Pada heading 1, 2, 3, dan seterusnya. Dimana langkahnya-langkah adalah sebagai berikut,

1.   Pindahkan cursor ke halaman Daftar Isi, lalu klik References>Tables Of Contents. Pilih bentuk list daftarnya misal pilih yang pertama.


Dari hasil pertama muncul akan kurang rapih dan tidak sesuai harapan. Misalkan huruf pada KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI tidak dalam kondisi Bold atau huruf tebal. Sehingga tidak membedakan yang mana BAB dan yang mana Sub Bab.


Maka dari itu butuh pengaturan

2.    Atur mana yang menjadi judul bab dengan mana yang menjadi sub bab. Klik References>Custom Table Of Contents.



Lalu klik References>Custom Table Of Contents>Options, isikan Heading 1=level TOC 1, Heading 2= Level TOC 1, Heading 3=Level TOC 2. Hal ini dimaksudkan untuk mensejajarkan antara Heading 1 (Kata Pengantar) dan Heading 2 (BAB I, II).



Level TOC ini merupakan pengaturan jenis font, ketebalan font (bold), spasi huruf dan lain-lain yang akan digunakan untuk Opsi Table of Contents pada kolom TOC Level dimana penulisannya pada TOC Level berupa angka 1 (TOC 1), angka 2 (TOC 2). Level TOC ini dapat diubah sesuai kebutuhan anda. Caranya klik References>Custom Table Of Contents>Modify.



Hasilnya menjadi seperti,



Sekarang atur TOC level 2 nya, dengan pengaturan posisi huruf berada pada Left = 1.5 cm pada dialog Paragraph.


Hasilnya akhirnya menjadi,


3.     Untuk update apabila ada penambahan judul. Klik kanan mouse pada Daftar Isi, pilih Update Field lalu pilih Update Entire Table.



D.      CARA PENGATURAN DAFTAR TABEL OTOMATIS – INSERT TABLE OF FIGURES

Sepertihalnya pembuatan Daftar Isi –Tabel of Contents, Insert Table of Figures ini pun memerlukan penggunaan Heading. Dapat menggunakan Heading 4 atau selanjutnya. Oleh karena itu modifikas Heading 4 terlebih dahulu sebelum membuat Daftar Tabel Otomatis.

Pengaturan Heading 4 untuk Judul Tabel,




Sekarang membuat Daftar Tabel pada halaman Daftar Tabel. Klik References>Insert Table of Replaces. Pada Dialog Table of Figures Options gunakan Style: Heading 4.



Hasilnya menjadi seperti dibawah ini,



E.      CARA PENGATURAN DAFTAR GAMBAR OTOMATIS – INSERT TABLE OF FIGURES

Untuk pembuatan Daftar Otomatis dapat melakukan langkah yang sama seperti langkah pembuatan Daftar Tabel. Tetapi pada saat akan mengakhiri proses pembuatannya akan muncul pesan “Do you want to replace the selected table of figures”. Jika muncul pesan tersebut klik “NO” agar tidak mengganti Daftar Tabel yang telah dibuat sebelumnya.



Langkah-langkah tersebut yang pasti akan memakan waktu lama, oleh karena itu admin membagikan file word yang sudah diatur penomoran halaman yang berbeda, pengaturan heading, dan lain-lain.







Semoga Bermanfaat

Terima kasih telah berkunjung ke https://www.agungpanduan.com















Tidak ada komentar:

Posting Komentar