AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

7/10/2018

Fungsi Toolbars Tajima DG / ML Version 14 Part 4 (SPECIALIZED DIGITIZING TOOLBARS)

Specialize Digitizing Toolbars adalah kumpulan tool yang berfungsi untuk membuat objek bordir yang unik. Penggunaan tool pada Specialized Digitizing Toolbars sangat bermanfaat untuk menambah kreatifitas para pengguna Software Bordir Tajima. Specialized Digitizing Toolbars memiliki 10 tool dimana tool-tool tersebut adalah:


NOTE: Lakukan Show Stitch Terlebih dahulu jika ingin benang ditampilkan, kadang kalau tidak tahu kita kesal duluan. hehehe yaitu dengan cara View>Show>Stitches dan View>Show>3D Stitches atau klik ikon gambar di bawah ini, 





Tusuk Silang adalah salah satu jenis sulaman yang menggunakan jahitan benang yang bersilangan di atas kain. Teknik jahitan ini membentuk huruf X. Dengan menggunakan Tusuk silang ini membuat efek jahitan tangan pada bordir seperti pada kerajinan Kristik. Untuk membuat jahitan silang, bergantung pada titik pada sudut-sudut grid pada lembar kerja Software Bordir Tajima. Untuk cara menggunakan Cross stitch cukup dengan membuat banyak titik lalu enter sedangkan Cross-Stitch Fill harus membuat banyak titik menjadi sebuah bentuk tutup.












SARAN, agar lebih mudah dan rapi untuk membentuk sebuah lengkungan buatlah Bentuknya terlebih dahulu di CorelDraw, setelah itu copy dan convert ke salah satu tool pada Digitizing Toolbars Software Tajima.




Sepertihalnya tool pada Software Tajima lainnya, Pertama-tama harus membuat titik-titik untuk membentuk sebuah bentuk dan kemudian Enter sehingga menjadi sebuah jahitan bordir. Bordiran dengan menggunakan Cascade Tool ini seperti Bordiran menggunakan Run Tool, namun pada Cascade akan menciptakan serangkaian bordiran yang konsentris (efek contour seperti pada contour tool Coreldraw). Hasil dari penggunaan Cascade Fill ini dapat dilihat pada gambar berikut ini,












Fur Stitch akan menciptakan efek satin berlapis ganda, yang mengulang bentuk sehingga menghasilkan sulaman bordir seperti bulu binatang. Alat ini menfaatkan panjang, pendek sebuah jahitan benang serta secara otomatis mengacak penempatan jahitan untuk memberikan segmen jahutan bulu yang tampak alami. Seperti gambar berikut ini,












Adapun langkah-langkah cara menggunakan Tool Fur Stitch Tajima ini adalah
1. Buatlah titik-titik membentuk sebuah bentuk seperti bentuk kotak. Dimulai dari titik 1-4.















2. Gunakan Tool Angle Lines untuk mengatur arah benang. Ini penting karena jika tidak mengatur angle line terlebih dahulu proses penggunakan Tool Fur Stitch tidak akan gagal/tidak bisa dilakukan. Ingat cara menggunakan Tool Angle Lines?














3. Tekan tombol “G” pada keyboard untuk mengakhiri proses Fur Stitch.













Star Tool digunakan untuk membuat bentuk melingkar atau oval. Pada titik mendekati pusat lingkaran akan terlihat hasil bordiran menjadi terlihat lebih padat atau sedikit menonjol. Sedangkan jika menjauh dari pusat lingkaran hasil bordiran semakin renggang. Star tool biasanya digunakan untuk membuat mata pada boneka hewan atau mahkota permata.


Cara menggunakan Star Tool cukup dengan klik tombol Star tool, buat lingkaran kecil lalu ENTER.


Radial Fill Tool digunakan untuk membuat bentuk dimana pada titik mendekati pusat lingkaran akan terlihat hasil bordiran menjadi terlihat semakin masuk ke dalam. Sedangkan jika menjauh dari pusat lingkaran hasil bordiran akan semakin melengkung seperti kue donat. 
Untuk menggunakan tool ini lebih baik dibantu dengan gambar jpg sebagai panduan pembentukan gambar yang rapi atau buat di Coreldraw terlebih dahulu setelah itu copy paste ke Software Bordir Tajima, lalu di convert ke Radial Fill.
Aturlah titik pusatnya dengan memindahkan tanda “+” pada objek dengan menggunakan Select(S) Tool.




Spiral Fill Tool digunakan untuk membuat jahitan linear seperti tipe Run tool dimana jahitannya memiliki efek contour seperti putaran ular namun memliki jarak antar contour (obat nyamuk) namun Jahitan pada spiral fill tool tidak membutuhkan gabungan antar ujung benang. Karena ujung kedua akan menjauhi ujung pertama berbeda dengan Efek Cascade Fill Tool.
Cara menggunakannya pun sama seperti Complex Fiil Tool, hanya membuat titik membentuk sebuah bentuk tutup. 













Menggunakan Applique Tool akan membuat jahitan bordir yang membentuk Border atau bingkai. Applique ini memiliki kesamaan seperti jahitan Steil Tool.  Namun pada propertis Applique Tool memiliki banyak Pola Border yang dapat digunakan seperti halnya photo yang diberi bingkai dengan corak tertentu.

Applique Border dapat di nonaktifkan (disable) sehingga Applique hanya akan menampilkan jahitan sepeti 2 jahitan Run Tipe (Run Take Down dan Run Positioning). Run Take Down dan Run Positioning digunakan sebagai Run sebagai underlay untuk corak border .

Dibawah ini adalah contoh bordiran menggunakan Applique Tool dimana Corak dasi Kupu-kupu sebagai corak bordernya.


Cara menggunakannya pun sama seperti Complex Fiil Tool, hanya membuat titik membentuk sebuah bentuk tutup. Disarankan untuk kedua ujung harus membentuk sudut 45 derajat agar rapi kalau inigin membuat sebuah border bingkai.




Symbol tool digunakan untuk membuat motif jahitan yang unik dan sudah ada pada software Tajima. Seperti halnya motif bintang, Kelinci, Musik, Bunga, IKAN dan lain-lain. Pada motif yang dibuat oleh Symbol Tool ini tiap bagian motif tidak otomatis sudah digroup tetapi masih terpisah sehingga ketika memilih objek motif tersebut yang akan kepilih hanya bagian motif tersebut. 



Cara menggunakan Symbol Tool ini adalah

Pertama, klik tombol Symbol Tool








Kedua, Pilih Motifnya pada List Symbol pada properties.













Ketiga, Tekan tombol Enter pada keyboard.

Keempat, aturlah propertiesnya. Motif yang sudah dipilih tidak bisa diganti. Kalau ingin mengganti lakukan langkah pertama.

Selamat Bermanfaat .

Terima kasih telah berkunjung ke https://www.agungpanduan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar