AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

7/05/2018

Fungsi Toolbars Tajima DG / ML Version 14 Part 2 (TEXT TOOLBARS)

Sebelumnya saya telah menjelaskan beberapa fungsi Toolbars untuk File Open Toolbars dan View Toolbars. Secara umum kedua toolbars tersebut tidak berbeda jauh seperti toolbars pada software lain. namun yang membedakan hanya ada Measure Tool pada View Toolbars. Pada bagian artikel  Fungsi Toolbars Tajima DG / ML Version 14 Part 2 akan menjelaskan fungsi dan cara menggunakan Text Toobars pada Tajima DG / ML Version 14. Dimana iconnya ditunjukan pada gambar dibawah ini,


Untuk menampilkan Text Toolbars pada lokasi Toolbars bagian atas tampilan Tajima dapat dilakukan dengan cara klik kanan mouse pada bagian kumpulan toolbars lalu pilih Text.


NOTE: Lakukan Show Stitch Terlebih dahulu jika ingin benang ditampilkan, kadang kalau tidak tahu kita kesal duluan. hehehe yaitu dengan cara View>Show>Stitches dan View>Show>3D Stitches atau klik ikon gambar di bawah ini, 



Adapun cara penggunaan pada tool-tool pada Text Toolbars adalah sebagai berikut,



Text adalah tool yang dapat digunakan untuk menyisipkan tulisan atau huruf dalam lembarf kerja Tajima DG / ML Version 14. Text ini fungsinya tidak berbeda jauh seperti Text Tool CorelDraw. Dimana cara menggunakannya 


1. Klik icon tombol text pada Text Toolbars Tajima DG / ML Version 14.


2. Arahkan cursor mouse ke lembar kerja Software Tajima. Lalu buat titik sebanyak lebih dari 2 misalkan buat 3 titik.


3. Setelah muncul garis pink lalu Enter. Akan muncul pesan Dialog Enter Text yang dapat diisi huruf yang akan di buat pada lembar kerja Software Tajima.


4. Hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini,


5. Ini bagian yang terpenting, untuk menampilkan menjadi tampilan 3D atau tampilan benang dapat menekan tombol 3 pada keyboard atau klik icon 3D.





Line Vertical ini berfungsi untuk membuat kata/huruf secara vertikal dari atas ke bawah maupun dari bawah ke atas tetapi juga dapat membuat kata secara horizontal. Dimana cara mengggunakannya adalah


1. Arahkan cursor ke arah lembar kerja Software Tajima dengan mengklik pada posisi tertentu lalu arahkan ke arah yang diinginkan. 


2. Isikan kata “agung” pada Dialog Enter Text.



3. Dari hasil diatas menunjukan bahwa spasi antara huruf “a” dan “g” begitu jauh sehingga tulisan yang dibuat menjadi tidak rapi. Oleh karena itu lakukan edit properties pada Line Text Vertical yang dibuat. Klik kanan mouse pilih properties.



4. Pilih Segment Setting pilih General. Atur jenis Fontnya misalkan Embroidery fonts atau True Type Font (Font dari Window), Letter Spacing (jarak antar huruf) = 5, Slant (kemiringan seperti halnya tulisan miring pada Microsoft Office), dan lain-lain.


5. Mengatur Letter Spacing dapat secara manual dengan cara menggunakan Tool Select (S). Klik salah satu huruf tepat ditengah atau tepat pada tanda bulat putih lalu geser ke atas atau kebawah.




Arc dalam Bahasa Indonesia adalah busur. Busur merupakan garis lengkung baik terbuka maupun tertutup yang berimpitan dengan lingkaran. Dari definisi arc diatas dapat disimpilkan bahwa arc adalah lengkungan. Sehingga Arc pada tool Software Tajima DG / ML Version 14 ini berfungsi untuk membuat tulisan dengan bentuk melengkung. Contohnya,



Adapun caranya adalah sebagai berikut,

1. Klik tombol Arc pada Text Toolbars.


2. Arahkan mouse ke lembar kerja Software Tajima. Dan klik pada lokasi tertentu dan geser mouse kesebelah kanan atau kiri dan klik.



3. Geser mouse ke atas untuk membuat bentuk lengkungan seusai kebutuhan.



4. Geser lagi mouse ke atas untuk menentukan tinggi huruf.



5. Masukan/isikan tulisan di Dialog Enter Text. Misalkan “agungpanduan.blogspot.co.id” tanpa tanda kutip.



6. Hasilnya menjadi ,




Circle dalam Bahasa Indonesia adalah lingkaran. Pada Software Tajima Circle ini adalah tool yang berfungsi membuat tulisan yang membentuk lingkaran. Tulisan pada circle bisa 1 kata atau 2 kata. Contohnya,

Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut,

1. Klik tombol Circle pada Text Toolbars.



2. Arahkan mouse ke lembar kerja Software Tajima. Klik pada lokasi tertentu dan arahkan mouse ke atas lalu klik.



3. Geser mouse ke atas atau kebawah untuk menentuk tinggi huruf. Lalu klik setelah itu akan muncul Dialog Circle Baseline Text.


4. Isikan huruf pada Dialog Circle Baseline Text, Upper (Huruf bagian atas lingkaran), Lower (Huruf bagian bawah lingkaran).



Three Letter Monogram ini berfungsi untuk membuat 3 huruf dengan berbeda ukuran. Misalkan huruf pertama kecil, huruf kedua besar, huruf ketiga kecil. Huruf yang kecil merupakan beberapa persen dari ukuran normal (huruf besar). Contoh,


Adapun cara menggunakan Tool Three Letter Monogram Tajima adalah sebagai berikut,
1. Klik tombol Three Letter Monogram pada Text Toolbars Tajima.


2. Arahkan mouse pada lembar kerja Software Tajima. Lalu klik pada lokasi tertentu di Lembar kerja, arah mouse ke kiri atau ke kanan. Klik lagi.

3. Pada saat klik ke tiga akan muncul pesan Dialog Three-Letter Monogram, isikan 3 huruf pada Text.



4. Klik mouse kanan pada Tulisan yang telah dibuat untuk mengatur properties ukuran huruf yang kecilnya.

5. Pada Segment Settings pilih Monogram, dan ubah Monogram Height menjadi 70 %.




Line Angle berfungsi untuk membuat tulisan yang sesuai garis lurus yang dibuat tanpa adanya gelombang cukup hanya lakukan s klik pada lembar kerja Software Tajima.

Adapun cara menggunakan Line Angle Tajima yaitu,
1. Klik tombol Line Angle pada Text Toolbars Software Tajima.


2. Arahkan mouse pada lembar kerja Software Tajima. Klik pada lokasi tertentu di lembar kerja. Arahkan mouse kemanapun membentuk sebuah garis lurus dengan kemiringan 00-900. Lalu isikan Hurufnya pada Dialog Enter Text.


3. Hasilnya akan menjadi seperti ini,



FUNGSI AUTOSHADOW PADA PROPERTIES TEXT TOOLBARS
Autoshadow (bayangan otomatis) berfungsi untuk membuat bayangan pada huruf dengan warna tertentu seolah-seolah ada huruf yang sama dibelakangnya. Contohnya


FUNGSI BASELINE PADA PROPERTIES TEXT TOOLBARS
Dalam membuat tulisan atau kumpulan huruf biasanya disertai oleh garis pandu. Dan Huruf-huruf yang dibuat akan mengikuti garis pandu. Misalkan bentuk garis pandu sebuah lingkaran maka huruf-hurufnya pun akan membentuk sebuah lingkaran.


Pada properties Baseline ada pengaturan jarak dari garis pandu ke huruf, mengatur posisi garis pandu akan di simpan diposisi atas, bawah maupun tengah, serta mengatur bentuk garis pandu.



FUNGSI DROP CAP PADA PROPERTIES TEXT TOOLBARS
Fungsi Drop Cap ini untuk merubah ukuran huruf awal dan huruf akhir pada tulisan. Dimana ukuran yang diubah ini adalah beberapa persen dari ukuran normalnya. Misalkan 50 % dari ukuran normal. Huruf yang diubah ukurannya dapat diposisikan di top baseline, di bottom baseline, maunpun center baseline.


FUNGSI FILL AND BORDER PADA PROPERTIES TEXT TOOLBARS
Tulisan yang telah dibuat dapat diberikan garis sisi atau border dengan cara menambahkan border dengan ukuran yang disesuaikan. Untuk mengatur Fiil and Bordernya tidak boleh menggunakan fungsi lain sebelumnya.



Demikianlah Penjelasan tentang fungsi dan cara penggunaan Tool-tool pada Text Toolbars. 

Selamat Mencoba 
Terima kasih telah berkunjung ke https://www.agungpanduan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar