AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

7/06/2018

Fungsi Toolbars Tajima DG / ML Version 14 Part 3 (STANDART DIGITIZING TOOLBARS)

Standart Digitizing Toolbars Tajima adalah kumpulan Tool yang berfungsi untuk membuat dasar pembuat garis dan isi (fill) objek bordir. Memahami cara penggunaan toolbars ini sudah menjadi keharusan karena toolbars ini menjadi dasar dalam pembuatan objek atau gambar bordir. Oleh karena itu simaklah artikel ini dengan seksama.



NOTE: Lakukan Show Stitch Terlebih dahulu jika ingin benang ditampilkan, kadang kalau tidak tahu kita kesal duluan. hehehe yaitu dengan cara View>Show>Stitches dan View>Show>3D Stitches atau klik ikon gambar di bawah ini, 





Enhanced Column digunakan untuk membuat objek/bordiran dengan jalur arah benang ditentukan secara manual berdasarkan posisi objek. Dimana cara menggunakannya adalah sebagai berikut,

Arahkan mouse kelembar kerja Software Bordir Tajima buat lah titik-titik dimulai dari angka 1 sampai dengan angka 6. lalu Enter.



Setiap klik Objek yang dibuat akan selalu tampil Toolbox Properties pada bagian kanan tampilan Software Tajima. Dimana propeties tersebut berisi pengaturan objek bordir. Adapun pengaturan yang dimaksud adalah pengaturan Fill Type, Density, Fill Pattern, Auto density Style, short stitch style, connection Square, Density Profile dan lain-lain. Fitur-fitur tersebut berfungsi untuk merubah tampilan objek bordir yang kita buat sehingga tampilan objek akan menjadi lebih menarik dan rapi. Contohnya pengaturan Fill Pattern dengan menggunakan Snake Skin.


Terlihat objek bordir menjadi seperi Snake Skin (Sisik Ular). Untuk merapikan jahitan aturlah Connection End menggunakan Square.


Perhatikan dari gambar diatas ada perbaikan kepadatan bordiran objek sehingga terlihat rapi.


Column digunakan untuk membuat objek/bordiran dengan jalur arah benang ditentukan secara manual berdasarkan posisi objek seperti Enhanced Column namun mungkin perbedaannya hanya pada saat mengakhiri proses pembentuk objek tidak dapat dengan menggunakan ENTER tetapi ESC.

Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut,

Arahkan mouse kelembar kerja Software Bordir Tajima buat lah titik-titik dimulai dari angka 1 sampai dengan angka 4 lalu ESC. Apabila fill benang tidak muncul pilih Fill Pattern pada Properties.




Run digunakan untuk membuat 1 kali jahitan bordir dengan jarak tusukan yang sama panjang dengan cara mengatur Stitch Length pada Properties objek Run. Sedangkan Manual digunakan untuk membuat 1 kali jahitan bordir dengan pengaturan yang hanya bisa dilakukan pada Start, Stop, dan Connection Trim.

Adapun cara menggunakannya adalah buatlah titik dari angka 1-4 dan akhiri dengan tombol ENTER pada Keyboard.






Complex Fill digunakan untuk membuat objek bentuk bordiran yang arah jalur benangnya searah jalur benang baik horizontal maupun vertikal maupun diagonal atau membuat objek tutupan. Bedanya Complex Fill dengan Enhanced Column adalah Complex Fill bebas membuat bentuk apapun sedangkan Enhanced Column terbatas dan Complex Fill dapat merubah arah benang sesuka hati.

Adapun cara menggunakannya adalah dengan membuat titik dari mulai angka 1 sampai 4 bila ingin membentuk sebuah Segitiga.


Selanjutnya atur propertiesnya dapat diubah Fill Pattern atau pun lain-lainnya.

Untuk mengatur arah benang dapat dengan cara memindahkan tanda “-“ dan “+” menggunakan tool Angle Lines (D)  ke lokasi mana pun lalu Ctrl + Shift + J (Smart Join) untuk mengakhirinya.





Steil digunakan untuk membuat objek bordiran dengan lebar/width tetap sama. Biasanya Steil ini digunakan buat outline pada objek bordir atau dapat disebut sebagai border/pinggiran.

Adapun cara menggunakannya adalah buatlah titik dimulai dari angka 1- 4 lalu enter.




Lalu edit garisnya menggunakan Tool Vertex Select jika ingin membuat garis menjadi melengkung.





Satin Path digunakan untuk membuat objek/bordiran dengan jalur arah benang ditentukan sendiri tergantung dimana dimulai titik “+” Tool angle Lines. Untuk cara menggunakan Tool Satin Path adalah
Pertama, buatlah titik yang membentuk sebuah objek.
Kedua, gunakan Tool Angle Lines untuk menentukan arah benang.
Ketiga, Tekan tombol “G” pada keyboard.



Selamat Bermanfaat.

Terima kasih telah berkunjung ke https://www.agungpanduan.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar