AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

7/06/2018

Fungsi Toolbars Tajima DG / ML Version 14 Part 4 (PATH EDIT TOOLBARS)

Path Edit Toolbars adalah kumpulan tool-tool yang berfungsi untuk memilih, mengubah, memodifikasi, mengedit, menggeser sebuah garis ataupun objek dari sebuah design bordir. Untuk membantu memahami artikel ini, mungkin ada baiknya membaca artikel sebelumnya seperti View Toolbars, dan Text Toolbars.


Sebelum membahas fungsi dan cara menggunakan Path Edit Toolbars, dianjurkan untuk membuka file jpeg untuk dijadikan sebagai panduan pembuatan design bordir. Apabila bingung mau buat design apa filenya dapat di copy di sini. Design yang akan kita buat adalah


NOTE: Lakukan Show Stitch Terlebih dahulu jika ingin benang ditampilkan, kadang kalau tidak tahu kita kesal duluan. hehehe yaitu dengan cara View>Show>Stitches dan View>Show>3D Stitches atau klik ikon gambar di bawah ini, 







Vertex Select adalah tool untuk memilih titik (nodes), membuat nodes, memhapus nodes, dan edit garis nodes menjadi lengkung atau lurus. Select adalah tool untuk memilih sebuah objek, memperbesar maupun memperkecil objek dan dapat digunakan untuk memindahkan objek bordir.

Langkah pertama, masukan gambar jpeg tadi ke lembar kerja Software Bordir Tajima, dengan cara klik  Image>Load atau Image>Aquire (Scanner).


Langkah kedua, Gunakan Complex Fill untuk membuat objek love tadi,






Buat arahlan mouse ke lembar kerja Software Bordir Tajima lalu buat titik dimulai dari 1- 7 titik dan Enter.



Langkah Ketiga, gunakan Tool Select (S) dan arahkan mouse ke objek, lalu klik. Untuk mengedit gambar gunakan Tool Vertex Select (N), dengan cara klik tombol Vertex Select ataupun tekan tombol “N” pada keyboard.


Langkah Ketiga, Blok salah satu titik (nodes) pada objek lalu klik kanan mouse pilih “Convert to Cusp” setelah itu klik pada garis kuning untuk proses melengkungkan garis.


Selesaikan pembentukan objek menjadi Love,


Langkah Terakhir, klik kanan mouse pilih Auto>Smart Join (Ctrl + Shift + J) atau klik objek dengan bentuk warna transparan lalu geser ke arah manapun.



Hasilnya akan menjadi seperti ini,


Untuk memperkecil objek gunakan Select (S)


Untuk Mengeser Objek gunakan Select (S), arahkan mouse ke objek hingga terlihat gambar tangan dengan telunjuk ke depan. Tekan kiri mouse lalu geser ke arah yang dingingkan.






Angle Lines digunakan untuk merubah arah benang ke arah yang dinginkan. Dari horizontal jadi miring atau berlawan arah. Biasanya yang objek yang dapat diubah arah benangnya dibentuk oleh tool Complex Fill dan Satin Path

Untuk mengatur arah benang dapat dengan cara memindahkan tanda “-“ dan “+” menggunakan tool Angle Lines (D) Dilokasi mana pun lalu Ctrl + Shift + J (Smart Join).





Virtual Slice digunakan untuk mengiris sebuah fill benang dengan memberikan benang pembatas sehingga akan menjadi terlihat ada dua corak dalam satu objek. Ini hanya berfungsi saat menggunakan tool Enhanced Column dan tool Column pada Standard Digitizing Toolbars.


Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut;
1. Buatlah titik dimulai dari angka 1 hingga 6 titik seperti dibawah ini,


2. Atur propertiesnya dimana yang diatur adalah Pattern Fill. Misalkan gunakan 
        pattern “Brick Wall”.


3. Sekarang tekan tombol Virtual Slice dan arahkan mouse ke bagian atas atau bawah 
        (jangan di samping karena tidak bisa karena arah benang vertikal) objek yang tadi dibuat.


4. Tekan + tahan mouse kiri lalu arahkan ke bawah objek, garis dapat tegak lurus ataupun 
        diagonal (agak miring).


5. Pindahkan Objek untuk mengakhiri proses pemisahan fill benang (virtual slice).




Slice Digunakan untuk memotong satu objek menjadi 2 bagian. Berbeda dengan Virtual Slice, pada tool Slice ini akan mengakibatkan objek menjadi 2 bagian yang dapat dipisahkan. Cara menggunakan tool Slice hanya dengan mengarahkan mouse ke objek dan klik kiri sambal tahan dan arahkan ke arah lain seperti kita akan memotong kue. Sedangkan cara menggunakan tool Curve Slice yaitu dengan membuat titik-titik membentuk sebuah bentuk tertutup atau hanya garis saja lalu enter. Hasil dari tool Curve Slice menjadi bagian yang dihapus.


Selamat Bermanfaat 

Terima kasih telah berkunjung ke https://www.agungpanduan.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar