ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Operator Pada Formula Microsoft Excel

7/31/2018
Operator Hitung Dasar

Kegunaan utama dari formula Microsoft Excel tentunya untuk membantu proses perhitungan menjadi lebih cepat dan mudah. Dalam urusan hitung menghitung peran Operator Hitung Dasar Matematika sangat mendasar dan begitu penting. Operator yang pasti kita kenal yaitu penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Sebelum melakukan penggunaan formula sesungguhnya sebaiknya penggunaan operator hitung dasar ini harus dikuasai terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan pada saat melakukan perhitungan selanjutnya.

Pada dasarnya cara penulisan operator hitung dasar dalam microsoft excel sama dengan operator hitung dasar matematika,  hanya saja ada sedikit perbedaan pada simbol untuk beberapa operator seperti misalnya perkalian dan pembagian. Agar lebih jelas, tabel berikut ini menjelaskan daftar operator hitung dasar Microsoft Excel.



Cara menggunakan operator hitung dasar ini pada prinsipnya sama dengan cara penggunaan perhitungan matematika, hanya saja harus sesuai dengan aturan penulisan formula microsoft excel. Sebagai contoh pada tabel berikut ini akan dihitung jumlah total penjualan dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2018.


Maka secara matematika total jumlah penjualan produk Sepatu menjadi 100 + 120 + 90 + 50. Dan untuk penulisan pada Excel menjadi F2 + G2 + H2 + I2. Langkah pengerjaa lengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Klik sel J2, lalu ketikan tanda =
2. Klik sel F2, lalu ketikan tanda +
3. Klik sel G2, lalu ketikan tanda +
4. Klik sel H2, lalu ketikan tanda +
5. Klik sel I2, lalu tombol Enter
Hasilnya akan langsung terlihat pada sel J2.

Operator Pembanding

Dalam penerapan formula lanjutan, terutama pada formula yang menyertakan fungsi-fungsi logika, Anda mungkin harus menggunakan Operator Pembanding. Sama halnya dengan operator hitung dasar, Operator pembanding juga pada dasarnya sama dengan operator pembanding matematika biasa yang kita kenal. Ada 6 operator pembanding pada Microsoft Excel yang harus anda ketahui dan pahami terutama dari cara penulisan serta fungsi opertor tersebut. Berikut ini selengkapnya.


Jika ada 2 buah nilai yang dibandingkan dengan operator-operator pembanding tersebut, maka hasilnya harus sesuai logika apakah nilai yang dibandingkan dianggap TRUE (benar) atau FALSE (salah).

Contoh penggunaan operator pembanding ini dalam kaitannya fungsi-fungsi logika seperti fungsi IF, SUMIF, dan lain-lain yang akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Sampai tahapan ini, diharapkan kita sudah memahami bagaimana cara kerja dasar dari penggunaan operator dasar dan operator pembanding dalam suatu formula microsoft excel.

Demikianlah Artikel tentang Operator Dasar dan Pembanding pada Microsoft Excel.


Semoga Bermanfaat

Terima kasih telah berkunjung ke https://www.agungpanduan.com
Share This :

0 Comments