ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Panduan Dasar Mengenal Format Angka (Number Format) Excel

7/11/2018
Microsoft Excel memiliki berbagai macam format angka yang sudah tersedia, tetapi terkadang kita membutuhkan sesuatu yang lebih spesifik berdasarkan dengan kebutuhan. Misalkan penggunaan Mata Uang Rupiah yang merupakan mata Uang Negara Indonesia, menandai angka dengan warna untuk membedakan angka negatif atau positif, melacak unit dalam stok untuk melakukan hal tersebut kita membutuhkan format kostum excel. Format angka di Excel cukup efektif namun pengkodean pada format excel cukup rumit. Untuk itu admin akan memberikan panduan mengetahui dasar-dasar Format angka pada Microsoft Excel.

Cara Menggunakan Format Angka di Microsoft Excel

Secara default, setiap cell pada Excel dianggap sebagai “General”, yang berarti belum memiliki aturan format yang khusus.  Ketika kita memasukan data pada cell, secara otomatis Excel akan menebak dan mengubah kedalam format apa yang seharusnya digunakan. Sehingga membuat format yang dibuat kadang tidak sesuai dengan kebutuhan misalkan keinginannya 02 November 2018 menjadi 02/11/2018. Namun hal itu dapat diatasi dengan cara  menggunakan Opsi Custom Format atau untuk tanggal opsi Date.

Untuk dapat mengakses Opsi Custom Format ini, Carilah bagian tab Number pada menu Excel dan klik tanda panah di sudut kanan bawah pada Tab Number sehingga akan tampil Dialog Format Cells.


Sebenarnya untuk menampilkan tulisan tanggal secara lengkap sudah ada opsinya pada menu date namun jika ingin merubah atau menambahkan dapat menggunakan bagian menu Custom. Dimana Custom ini lokasi untuk membuat atau memodifikasi kode format tulisan tanggal dengan lengkap (02 November 2018). Kode-kode tersebut dipahami terlebih dahulu agar kita dapat merubahnya.

Memahami Kode Format Angka
Kode Format adalah string symbol yang menentukan tampilan data yang disimpan pada Cell di Excel. Kita akan membahas cara-cara untuk mendeskripsikan format angka dalam beberapa pembahasan macam-macam fungsi setiap symbol. Setiap kode format angka dipisahkan oleh tanda titik koma (;).
Misalkan dalam satu kolom excel terdiri beberapa angka positif dan negative. Untuk memberikan tanda pada tiap angka tersebut harus memiliki beberapa opsi jawaban (If Angka Negatif then Warnanya Biru; If Angka Positif than Warnanya Merah; If Angkanya nol then warnanya Pink; If Huruf then Warna Hijau).

 [Red]General;[Blue]General;[Magenta]General;[Cyan]General



String kode General akan menghilangkan tanda negative pada angka yang negative untuk menampilkan tanda negative ubahlah kode “[Blue]General” menjadi “[Blue]-General”.


Keterangan : [Red] untuk angka positif, [Blue] untuk angka negative, [Magenta] untuk angka nol, [Green] untuk huruf atau teks.

Warna-warna yang dapat digunakan tidak hanya warna merah, biru, pink, dan hijau saja namun dapat menggunakan warna lain. tetapi kode yang digunakan sedikit berbeda yaitu

[Color7][>15]General;[Color15][<=15]General;


Hasilnya akan menjadi seperti berikut,


Jumlah Warna yang dapat digunakan adalah sebanyak 56 Warna.

Menambahkan Teks Pada Format Angka
Anda dapat menambahkan teks di sekitar angka dengan memasukan teks di bagian depan atau belakang Angka pada Format Angka. Dimana untuk menambahkan teks pada format angka memerlukan tanda backlash (\) atau tanda kutip (“ “) pada teks.

Menggunakan Backslash (\) Tunggal

\@General


Hasilnya menjadi,


Menggunakan Backslash (\) Lebih Dari Satu Kode

\@General;\@General;\@General;\@General


Hasilnya menjadi,


Catatan: Pada angka negative tanda (-) hilang apabila menggunakan \@General lebih dari satu.

Menggunakan Tanda Kuti (“ “)

Untuk menambahkan string teks ke Format excel (seperti menambahkan kata “unit” ke ujung angka) dapat menggunakan tanda kutip (“ “) setelah general

General" unit";General" unit"

Hasilnya menjadi,


Catatan: kata “agung” tidak terpengaruh penambahan string units diakibatkan karena “agung” bukan angka tetapi huruf. Namun jika ingin “agung” dapat ditambahkan string “unit” ganti kode formatnya menjadi,

General" unit";General" unit";General" unit";General" unit"

Menggunakan Karater Spesial

Selain dua metode diatas, ada satu set karakter simbol khusus yang tidak memerlukan backslash atau kutipan yang akan dimasukkan dalam kode format angka. Daftarnya adalah sebagai berikut:



Mengubah Tempat Desimal, Digit Penting, dan Koma

Menambahkan simbol dan warna itu berguna untuk membedakan kondisi setiap data, tetapi hal terpenting dalam pekerjaan yang mungkin perlu Anda lakukan dengan adalah mengatur tampilan banyaknya angka 0, banyak decimal, mengatur ruang kosong atau spasi dengan jarak yang sama dan lain-lain. Untuk melakukan hal itu diperlukan simbol-simbol berkut ini,


Mari kita pahami fungsi dari simbol-simbol tersebut

Zero (0)

Angka 0 ini biasanya digunakan untuk menampilkan angka desimal pada cell yang mengandung desimal. Misalkan jika kita mengetik angka 41.3 dan kita ingin agar ditampilkan menjadi 41.30, maka gunakan format,

#.00

Tanda Pagar (#)

# digunakan untuk mewakili digit opsional. Ini berarti bahwa ketika angka yang ditampilkan tidak memerlukan digit desimal yang dipermasalahkan, angka itu akan dihapus dari nomor yang ditampilkan. Ini paling sering digunakan untuk mewakili angka dalam bentuk yang paling mudah terbaca. Maksudnya apabila kita mengetik angka 30.1 maka maka yang akan ditampilan tepat 30.1 namun apabila angkanya 30.12 yang akan ditampilkan 30.12.

#.##

Hasilnya menjadi,


Tanda Tanya (?)

? mengikuti aturan yang sama seperti 0 (nol). Namun, Excel menambahkan spasi pada angka yang memiliki digit desimal kurang dari 1. Misalkan baris pertama memiliki angka desimal 31.12 sedangkan baris kedua memiliki angka desimal 40.2 dimana awalnya digit desimal baris pertam dan kedua tidak sejajar setelah menggunakan (?). Maka tampilannya menjadi,


Titik (.)

Titik dalam kode format angka mewakili lokasi titik desimal dalam nomor yang ditampilkan. Ketika dipasangkan dengan kode koma, ia dapat menampilkan angka dalam ribuan atau jutaan, mengubah 2.100 menjadi 2.1, misalnya. Ini mirip dengan kode format teks di atas karena selalu ditampilkan ketika itu adalah bagian dari kode angka, bahkan ketika nomor yang ditampilkan tidak mengangkangi titik desimal. Lihat tanda koma, tanda pagar dan contoh tanda tanya di atas untuk ilustrasi berguna dari periode yang digunakan.

Koma (,)
Koma dalam kode format angka mewakili ribuan pemisah di nomor yang ditampilkan. Ini memungkinkan Anda untuk mendeskripsikan perilaku digit dalam kaitannya dengan ribuan atau jutaan digit.
Berikut ini contoh kode koma dalam aksi. Contoh berikut menggunakan kode format angka ini:

Rp ??,???.00


Underscore (_)

Garis bawah dalam kode angka mewakili pengubah karakter ruang. Ini digunakan bersama dengan karakter untuk menampilkan ruang kosong yang sama ukurannya dengan karakter yang ditentukan. Ini dapat digunakan, misalnya, untuk menyelaraskan angka positif dan negatif dengan benar ketika tanda kurung digunakan hanya dalam kasus negatif.

Berikut ini contoh kode garis bawah dalam aksi. Contoh berikut menggunakan kode format angka ini:

_(#.##_);(#.##)


Tanda Bintang (*)

Tanda bintang dalam kode format angka mewakili pengubah karakter berulang. Ini digunakan bersama dengan karakter untuk menampilkan digit berulang yang mengisi ruang kosong dalam sel.
Berikut ini contoh kode tanda bintang dalam aksi. Contoh berikut menggunakan kode format angka ini:

*=0.##


Menggunakan Fraksi, Persentase, dan Notasi Ilmiah

Jenis notasi tertentu mengharuskan simbol digunakan untuk menunjukkan perubahan format, termasuk pecahan, persentase, dan notasi ilmiah. Berikut ini ringkasan simbol untuk masing-masing:


Mari kita pahami fungsi dari simbol-simbol tersebut,

Forward Slash (/)

Forward Slash digunakan pada saat kita membutuhkan tampilkan bilangan pecahan dengan tampilan seperti ¼, ½, ¾. Misalkan kita ketik angka 0.25 lalu kita ubah formatnya menggunakan
# ???/??? atau # ###/###

Catatan : tanda # yang diikuti oleh ???/??? berfungsi untuk memisahkan angka desimal dengan bulannya misalkan angkanya 1.25 menjadi 1 ¼. Jika tidak ingin memisahkan angka bulat dari desimalnya ubah kode # ???/??? menjadi ???/??? saja. Misalkan angka 1.25 menjadi 5/4 atau sama dengan 1 ¼.


Pengubahan angka pecahan dengan / dapat disesuaikan dengan pembaginya misalkan angka 1.25 jadi 19/15. Walaupun 19/15 terlihat memiliki angka berbeda dengan 5/4. Tetapi sebenarnya memiliki nilai yang sama 1.25=1 ¼=5/4=19/15=1 4/15.

##/## menghasilkan 19/15

# ##/## menghasilkan 1 4/15



Persentase (%)

Sama seperti pecahan, persentase dikendalikan oleh kode format angka yang menyertainya. Persentase dasar dapat dicapai dengan simbol tanda # dalam kode format angka. Misalkan angka 0.25 angka menjadi 25%. 


Notasi Ilmiah (E)

Sangat sulit untuk membaca angka yang sangat kecil dan sangat besar secara konvensional karena semua nol di depan dan di belakangnya. Notasi ilmiah memperbaikinya dengan memindahkan desimal ke digit yang relevan, jadi 122.000.000bisa menjadi 1,2E + 08 jika format kode yang digunakan adalah # 0.0E + 0#.



Tanggal dan Waktu

Tanggal dan waktu di Excel adalah kasus khusus. Untuk pembahasan terperinci tentang bagaimana Excel menggunakannya, silakan tinjau Panduan Definitif untuk Menggunakan Tanggal dan Waktu di Excel. Kode format angka bekerja secara identik dengan input format_text untuk perintah TEXT, dan mereka dapat ditinjau di sini.
Menampilkan hari, bulan, dan tahun Untuk menampilkan angka sebagai format tanggal (seperti hari, bulan, dan tahun), gunakan kode berikut,


Misalkan dengan menggunakan kode,

dddd, dd-mm-yyyy hh:mm:ss


akan menghasilkan
Rabu, 11-07-2018 13:33:20
  
Demikianlah Panduan Dasar Mengenal Format Angka (Number Format) Excel yang saya buat. 

Semoga Bermanfaat

Terima kasih telah berkunjung ke https://www.agungpanduan.com
Share This :

0 Comments