AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

7/31/2018

Penamaan Sel Microsoft Excel

Formula pada Microsoft Excel tentunya akan sangat tergantung pada alamat atau penamaan sel termasuk range yang merupakan gabungan dari beberapa sel sekaligus. Dalam sebuah formula yang kompleks, sering terdapat kesalahan dalam penulisan nama sel atau range, hal ini menjadi suatu yang wajar karena jumlah sel atau range beserta kombinasi huruf dan angka yang begitu banyak.

Untuk mempermudah penulisan, maka dapat memberikan Nama pada sel-sel atau range tersebut adalah solusinya namun diharapkan nama yang digunakan adalah nama yang mudah diingat serta berbeda dengan nama sel atau range yang lainnya.

Menggunakan Name Box

Cara menggunakan penamaan untuk sel ini sangat mudah. Perhatikan Tabel berikut ini,




Formula untuk menghitung jumlah Total pada sel F9 adalah “=SUM(F5:F8)

Untuk mempermudah pengetikan, maka range F5:F8 akan diberi nama "DATA1". Caranya, sorot atau blok sel F5 sampai dengan sel F8. Lalu perhatikan disudut kiri atas, terdapat kotak kosong yang memuat keterangan sel atau disebut Name Box. Dalam kondisi sel yang masih tersorot ketikan nama "DATA1" atau nama yang sesuai keinginan pada Name Box tersebut lalu tekan tombol Enter keyboard.




Setelah memberikan nama pada sel F5:F8, kita dapat menghitung jumlah total pada sel F9 dengan formula


=SUM(F5:F8) menjadi =SUM(DATA1)


Menggunakan Name Manager

Dalam sebuah workbook yang kompleks yang berisikan banyak nama, maka dipastikan kita akan kesulitan untuk mengingat nama apa saja yang telah dibuat untuk penamaan sel atau range. Untuk membantu pengaturan nama-nama tersebut dapat menggunakan fitur Name manager. Fitur ini terdapat pada tab Formulas, didalam group Defines Names.


Cobalah untuk menekan tombol Name Manager tersebut untuk menampilkan dialog Name Manager.

Pada kotak dialog Name Manager yang akan tampil akan mudah untuk melihat daftar nama-nama yang telah dibuat untuk penamaan sel atau range. Nama-nama pada daftar tersebut dapat diedit, dihapus atau ditambahkan.


Demikianlah Artikel tentang Penamaan Sel atau range pada Microsoft Excel.

Semoga Bermanfaat

Terima kasih telah berkunjung ke https://www.agungpanduan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar