ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Pengenalan Tata Cara Penggunaan Formula Excel

7/31/2018
Artikel ini akan membahas konsep dasar penggunaan dari formula excel dengan harapan artikel dapat membantu siapapun yang ingin mengenal tata cara penggunaan formula excel. Untuk dapat memahami dasar penggunaan formula excel diperlukan kemampuan berpikir secara logika dan imajinatif serta sudah terbiasa menggunakan Microsoft Excel.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi para pembaca serta penulis dan dapat digunakan pada saat mengerjakan tugas sekolah maupun bekerja.

Salah satu hal yang membuat Excel menjadi populer adalah kelengkapan fitur Formulas dan Functions, kemudahan pengoperasian dan cepat prosesnya, dikenal di Indonesia dengan istilah rumus Excel. Formula dan fungsi ini digunakan untuk membantu dalam proses pengerjaan perhitungan data secara cepat dan semi otomatis. Formula ini dapat digunakan dalam perhitungan sederhana maupun perhitungan yang komplek, baik untuk data berupa angka, teks, tanggal, waktu, gambar, ataupun kombinasi dari jenis data-data tersebut.

Contoh penggunaan misalkan seorang penjual makanan ingin memberikan diskon sebesar 5% untuk setiap produk yang dijual ke pembeli dengan syarat jumlah yang dibeli oleh pembeli dan akan dihitung Total Penjualannya, lalu bagaimana cara menghitungnya? Yaitu dengan menggunakan rumus excel (Formula Excel) yaitu kombinasi rumus diskon (Total x diskon) dan IF. Dimana Rumusnya seperti

=IF(Logika;Jika Logika Terpenuhi;Jika Logika Tidak Terpenuhi)
=IF(B2>10;(C2*B2)-((C2*B2)*5%);C2*B2).

Rumus tersebut dapat dicopykan ke baris dan kolom berikutnya jadi cukup buat satu rumus saja.  Namun apabila rumus excel tersebut dianggap terlalu panjang. Kita pun dapa membuat Formula Excel Sendiri.

Definisi Formula Excel
Secara garis besar Formula Microsoft Excel adalah suatu persamaan matematika untuk menghitung nilai-nilai tertentu dengan tujuan hasil yang diharapkan. Penulisan formula selalu diawali dengan tanda sama dengan (=) dan umumnya melibatkan operator dasar matematika sebagai contoh, 10 +15 maka formulanya adalah
=10 + 15

Simbol tanda kurung ataupun tanda-tanda lainnya umum digunakan dalam operasi matematika juga dapat digunakan pada formula excel, misalkan
= (25+5) *8

hasil perhitungan dengan tanda kurung tidak dapat disamakan dengan perhitungan tanpa tanda kurung misalkan = 25 + 5 * 8 karena pada perhitungan tanpa tanda kurung memiliki banyak hasil yang berbeda tergantung langkah perhitungnya apa akan dijumlahkan terlebih dahulu atau di kalikan terlebih dahulu.
= 25 + 5 * 8 = 240 (Jika ditambahkan terlebih dahulu)
= 25 + 5 * 8 = 65 (Jika dikalikan terlebih dahulu)

Oleh karena itu tanda kurung ini sangat diperlukan untuk langkah perhitungan.
Nilai dalam microsoft excel dimuat didalam sel atau range, oleh karena itu penulisan formula pun umumnya menjadi
=(A5*A7) + (B3/D4)
Dapat pula di berikan perkalian atau penambahan dengan nilai tertentu misalkan
=(A5*A7) + 120

Definisi Fungsi Formula Excel
Jika kita melakukan perhitungan dengan data-data yang komplek, maka formula yang digunakan pun umumnya akan semakin kompleks dan panjang. Sebagai contoh, kita akan menghitung jumlah total dari penjualan 8 unit produk, maka formula pun akan menjadi.

= JmlProduk2 + JmlProduk3 + JmlProduk4+ JmlProduk5+ JmlProduk6+ JmlProduk7+ JmlProduk8
= A1 + A2 + A3 + A4 + A5 + A6 + A7 + A8 + A9 + A10

Terbayang apabila jumlah unitnya mencapai 100 unit atau 1000 unit apakah harus menuliskan rumus sepanjang itu? Sebagai solusinya maka Microsoft Excel menyediakan fitur yang dinamakan dengan Function atau Fungsi. Secara garis besar fungsi ini dapat disebut sebuah preset dari formula yang bertujuan untuk menyederhanakan formula hingga membuat proses perhitungan data menjadi lebih singkat dan tentunya menjadi relatif mudah untuk dikerjakan.

Pada kasus perhitungan penjumlahan 8 unit produk diatas dapat menggunakan Fungsi SUM jika ingin menyederhanakan formulanya.

=SUM (A1:A10)

Atau lebih kompleknya

=SUM (A$10:A$10)

Tanda (“:”) artinya sampai atau ke รจ A1 ke A10.
Tanda (“$”) berfungsi untuk menetapkan agar angka di belakang tanda (“$”) tidak dapat berubah otomatis ketika formula dicopykan (Auto Fill) ke kolom samping atau ke kolom B. Tanda (“$”) dapat juga disimpan di depan nama kolom seperti
=SUM ($A10:$A10)

Cara Penggunaan
Cara menggunakan formula pada Microsoft Excel sebetulnya tidak terlalu sulit seperti apa yang dibayangkan orang awam, karena yang sulit itu adalah menentukan komponen-komponen penyusunnya, fungsi yang akan digunakan, serta argumen logika yang menyertainya. Untuk menggunakan formula ini bisa secara manual maupun mengunakan formula function library microsoft excel.

Menuliskan Formula Excel Secara Manual
Cara ini mungkin akan terlihat lebih sulit ketika baru pertama mengenal formula excel tapi pada penerapannya kadang malah menjadi lebih mudah dan cepat daripada menggunakan Formula Function Library. Serta manfaat lainnya adalah formula dapat di modifikasi sedemikian rupa dengan bebasnya tanpa mengabaikan prosedur yang benar dan membuat penggunaa Microsoft excel menjadi lebih hafal dan paham logika tentang argument yang ada pada formula Microsoft Excel.


Mengingat banyaknya pengguna Microsoft Excel yang lebih memilih menggunakan penulisan formula secara manual maka Microsoft pun memberikan fitur-fitur bantuan untuk mempermudah penulisan formula secara manual. Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah
  • Intellisense, Fitur ini merupakan sebuah fitur AutoComplete yang akan memperbaiki penulisan nama fungsi dari kesalahan ketik sekaligus mempercepat dalam penulisan nama fungsi yang akan digunakan. sebagai contoh misalkan ketika kita mengetikan "=SU" maka akan muncul sebuah list Formula Excel yang berinisial S contohnya SUM, SUBTOTAL, SUMIF dan lain-lain.


  • Keterangan Penulisan Argumen: Setelah memilih nama fungsi yang akan digunakan berikutnya Microsoft Excel akan memberikan bantuan informasi tentang argumen-argumen apa yang seharusnya di input pada formula tersebut. Sebagai contoh Formula VLOOKUP dengan keterangannya lookup value (nilai yang dicari), table array, col_index (kolom hasil nilai yang seusai dengan nilai yang dicari) dan seterunya.

Catatan: Pada Nilai yang dicari harus merupakan kolom pertama dari seluruh Table_Array kalau tidak memenuhi hasilnya menjadi #N/A.

Menggunakan Function Library
Function Library dapat dilihat pada ribbon dalam tab Formulas menu pada Microsoft Excel. Isinya merupakan seperangkat tombol-tombol perintah penggunaan fungsi yang terbagi kedalam beberapa kategoru spesifik seperti misalkan fungsi yang berhubungan dengan operasi matematika dimuat dalam kategori Math & Trig dan demikian seterusnya.


Untuk menggunakannya cukup dengan klik salah satu sel dalam lembar kerja atau worksheet excel lalu klik salah satu tombol pada Tab Formulas. Berikut ini fungsi yang ditampilkan pada kategori Math & Trig, klik pada salah satu fungsi yang ingin digunakan.


Kotak Dialog Function Arguments kemudian ditampilkan dan sekarang diharuskan mengisi argumen pada textbox (kotak kosong) yang telah disediakan sesuai dengan aturan penulisan dan fungsi formulanya.


Selain tombol-tombol perintah yang spesifik, dalam group Function Library ini terdapat beberapa fungsi perintah lainnya yang dapat digunakan, misalkan
  • Insert Function, Jika diklik akan tampil kotak dialog Insert Function yang berisikan seluruh fungsi yang ada dan tetap pada pengelompokan kategori pada list Category. Untuk mempercepat penggunaan fungsi yang diinginkan Microsoft Excel memberikan fasiliitas pencarian fungsi pada kotak Dialog Insert Function
         
         Catatan: Help on this Function adalah link menuju artikel tata cara penggunaan 
         fungsi yang dimaksud yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel.
  • Auto Sum, Tombol ini dapat digunakan untuk menuliskan fungsi-fungsi dasar umum.
  • Recent Used, Berisikan daftar fungsi-fungsi terakhir yang pernah digunakan

Mengatur Tanda Pemisah Pada Formula Excel (“;” atau “,”)

Dalam penerapan formula diperlukan tanda pemisah antar argmumen-argumen variabel seperti tanda titik koma (";") ataupun tanda koma (","). Tanda mana yang digunakan merupakan tanda yang telah disesuaikan dengan setting regional pada Windows dan Excel.

Untuk pengaturan Regional Indonesia, maka tanda pemisah variabel yang digunakan adalah titik koma (";") selain itu diluar regional indonesia biasanya menggunakan tanda koma (","). Namun sebenarnya itu tergantung selera dan kebiasaan.

Adapun untuk melakukan Pengaturan Regional ini pada Windows 10 adalah sebagai berikut.
1.   Masukan ke pengaturan Control Panel Window

2.   Klik menu Clock, Language and Region
3.  Klik menu Date and Time




4. Masuk ke menu Change date and Time>Change Calender Settings>Additional Settings> Tab Number lalu lakukan pengantian List Separator dari tanda titik koma (“;”) menjadi tanda koma (“,”) pada Customize Format Tab Number.



Semoga Bermanfaat

Terima kasih telah berkunjung ke https://www.agungpanduan.com
Share This :

0 Comments