AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

8/23/2018

Channel Lokal Gratis, Pasang Mini Parabola K-Vision Ke Arah Satelit Ninmedia

Tidak setiap daerah yang dapat menjangkau siaran televisi dengan kualitas bagus hanya dengan menggunakan antena biasa. Walaupun iklan-iklan di televisi selalu menyuguhkan pesan yang meyakinkan bahwa menggunakan antena merk X dapat menjangkau siaran televisi tanpa banyak semut. Padahal untuk mendapatkan hasil yang diinginkan seperti iklan-iklan antena tersebut lokasi pemasangan harus tepat. Tidak seperti di daerah rumah saya yang rindang dengan pepohonan akan mengakibatkan signal UHF ke Antena terhalang.

Mungkin dengan memangkas dan menebang pohon tersebut dapat menguatkan signal namun apakah pohon-pohon tersebut milik kita atau milik orang lain. Yang pasti perlu ijin pemiliki serta lebih baik menanam pohon daripada menebangnya karena akan sangat bermanfaat untuk mengurangi polusi udara serta menjadi sumber udara segar untuk masyarakat sekitar.

Solusi terbaik untuk mendapatkan channel lokal gratis yaitu dengan memasang dish mini parabola. Memasang mini parabola ini memerlukan biaya yang tidak sedikit seperti untuk pembelian dish parabola dan receiver yang harga lumayan tinggi. Mungkin akan menghabiskan hampir setengah juta. Oleh karena itu untuk mengurangi pembiayaan pemasangan parabola ini admin membagikan tata cara pemasangan parabola. Dimana Peralatan yang diperlukan untuk pemasangan ini adalah



Dish/Piringan offset parabola minimal 60 cm atau lebih besar tapi bisa juga lebih kecil namun kualitas tangkapan signal akan kurang bagus.
  • LNB KU Band.
  • Bracket LNB.
  • Kabel Coaxial RG6.
  • F Socket Untuk Kabel Coaxial 2 buah.
  • Obeng Plus atau Min, Tang dan Kunci Sesuai ukuran baud.
  • Bor Untuk pemasangan Dynabolt.
  • Receiver dengan kualitas HD MP4.
  • Handphone Android.
  • Aplikasi Satfinder yang diinstall di Handphone

Sebelum membahas tata cara pemasangan mini parabola k-vision, mungkin diantara pembaca membutuhkan penyewaan mobil dan driver yang berpengalaman yang berlokasi di Bandung. Agung panduan akan merekomendasikan Sewa Hiace di Bandung. Tidak hanya menyewakan tetapi Rental Hiace di Bandung..

Adapun langkah-langkah pemasangannya adalah sebagai berikut
,

Pertama, rakit terlebih dahulu dish mini parabolanya serta kabel Coaxialnya. Dish yang digunakan memiliki diameter minimal 60 cm. Misalkan dish parabola yang saya gunakan adalah merk K-Vision dengan diameternya 75 cm. Untuk perakitan dish mini parabola memerlukan kunci mur dan baud dengan beberapa ukuran.


Kedua, Pastikan ke arah mana dish parabola mengarah
Posisi satelite bersifat tetap terhadap bumi atau dapat disebut geostasioner. Oleh karena ini arah dish parabola sangat bergantung pada lokasi geografis dimana dish parabola dipasang. Untuk mendapatkan signal satelit dapat saja dish parabola diarahkan ke barat atau bisa saja ke arah lain apabila lokasi pemasangan berbeda. Gambar dibawah ini menunjukan bahwa arah dish parabola berbeda-beda di setiap daerah,

Untuk mengetahui arah pastinya satelit Chinasat 11 98OE atau Ninmedia dapat menggunakan aplikasi android SatFinder dimana cara penggunaanya adalah sebagai berikut,
  1. Beli kuota internet terlebih dahulu
  2. Nyalakan fitur GPS handphone
  3. Download Aplikasi SatFinder di Google Playstore
  4. Lalu perhatikan video penggunaan aplikasi SatFinder di bawah ini,



Keterangan:
  • Azimut adalah sudut putar dari arah barat hingga arah timur yang dibentuk dari pengamatan menuju objek dengan arah utara sebagai acuan. Usahakan garis merah tegak lurus dengan corong warna hijau hingga mendapatkan angka Azimut 307,8 derajat.
  • Elevation adalah kemiringan yang dibutuhkan untuk pada parabola adalah sebesar 76,9 derajat.





Ketiga, Memposisikan LNB (Skew)
Pada tampilan aplikasi SatFinder sudah diketahui berapa derajat yang diperlukan untuk menggatur LNB yang kita pasang. Misalkan pada tampilan SatFinder diatas menunjukan bahwa derajat yang diperlukan adalah sebesar -51.7 derajat.




Bagian warna hitam yang memiliki angka 20, 0, -20 adalah angka derajat acuan yang digunakan untuk LNB Skew. Dimana Derajat LNB skew untuk mendapatkan signal Satelit Chinasat 98oE adalah 51,7 o .

Keempat, Gunakan receiver untuk mendapatkan lokasi signal terbaik
Jika perakitan dish mini parabola telah selesai, sekarang coba colokan Kabel Coaxial RG6 ke Receiver, dimana receiver yang digunakan harus memiliki kualitas gambar HD MP4. Receiver yang admin gunakan adalah Tanaka HD T22 Jurasic (namun receiver ini tidak termasuk rekomendasi karena akan bermasalah dengan sinkron suara pada channel RCTI, TV-ONE dan ANTV) maka dari itu gunakanlah receiver rekomendasi seperti pada list dibawah ini,
  1. Gardiner G-88 HD Oracle
  2. Optus OP-88 HD Oracle
  3. LG SAT-101 HD Oracle
  4. Diamond World AK-369
  5. Orion Sky
  6. Venus Yaris HD
  7. Tanaka Orion Sky New Edition

Frekuensi Chinasat 11 98OE atau Ninmedia biasanya sudah bawaan receiver namun apabila belum ada maka frekuensi yang dapat digunakan adalah

Frekuensi       : 12500Mh
Polaritas         : Vertikal
Simbol Rate   : 43201 KS/s atau 43199 KS/s

Adapun untuk mendapatkan lokasi signal terbaik cukup dengan mengarahkan dish parabola ke arah satelit Chinasat 11 98OE yang didapatkan sebelumnya (diangkat oleh kedua tangan) dengan memperhatikan Signal Quality seperti gambar di bawah ini, 


Kenapa langkah ini dilakukan yaitu untuk menantisipasi kesalahan pemboran untuk pemasangan dynabolt pada dinding tembok jadi nantinya tidak akan menyisakan lubang bor atau tidak merusak tembok berlebihan.

Kelima, Pemasangan Dynabolt
Pemasangan ini dilakukan dengan cara membor dinding sukuran dengan ukuran dynabolt. Dynabolt ini berfungsi seperti paku yaitu untuk menempelkan/mengaitkan suatu benda pada dinding atau kayu dengan menancapkan paku ke dinding atau kayu sehingga benda yang ditempelkan tidak mudah jatuh. Perbedaan paku dengan dynabolt adalah dalam pemasangan dynabolt pertama-tama dinding harus dilubangi lalu masukan dynabolt ke dalam lubang. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini,



Keenam, Pemasangan Tiang Parabola Ke Dinding
Ketika memasang dish ke dinding, maka tiang utama (yang paling besar) harus benar-benar tegak lurus dengan langit. Gunakan waterpass bermagnet untuk melihat tingkat kelurusan tiang atau gunakan aplikasi Clinometer yang diinstall di handphone.

Posisikan waterpass di beberapa lokasi tiang vertikal, sehingga tercapai tegak lurus dengan langit 90 derajat dengan posisi gelembung udara di tengah seperti ini:

Dimana pemasangannya akan menjadi seperti ini,

Ketujuh, Menghubungkan Coaxial ke LNB Skew dan Receiver
Berhubung pada saat membeli dish parabola k-vision biasanya sudah diberikan kabel coaxial sepanjang 20 m yang sudah terpasang F Connector sehingga admin tidak akan membahas cara pemasangan F Connector Coaxial di Artikel ini. Namun admin hanya akan membagikan gambar yang menghubungkan kabel Coaxial dengan receivernya.


Kedelapan, Penguncian Quality Signal Chinasat 11 98OE
Sebelum melakukan scanning channel televisi lokal di satelit Chinasat 11 98OE atau Ninmedia, lakukanlah penguncian Quality Signal dengan cara medongakkan dish parabola sekitar pada tingkat kemiringan sebesar 76,9 o atau lebih atau kurang dan putar dish parabola ke kiri atau ke kanan secara perlahan sampai Quality Signal terkunci diatas 60 persen.


Jika sudah selesai perkuatlah/kencangkanlah mur pada pengaturan kemiringan dish parabola.

Kesembilan, Mencari Channel Lokal
Karena NinMedia membebaskan pelanggannya untuk menggunakan berbagai perlengkapan merk apapun, maka setting receiver bisa berbeda dari satu tipe ke tipe lain. Namun pada intinya langkahnya tidak beda jauhnya.

Setelah penguncian Quality Signal maka langkah akhirnya adalah melakukan pencarian (scanning) channel-channel yang terdaftar pada satelit NinMedia.
Adapun langkah-langkah adalah sebagai berikut

1.   Klik tombol Menu pada Remote lalu masuk ke menu Instalasi.


2.   Klik tombol Scanning biasanya tombol berwarna merah lalu cari Channel Satelit Tunggal dengan
FTA/CAS                    : Semua
Tipe Siaran                 : TV & Radio
Mode Pencarian         : Buta (Acak)


3.    Klik tombol pencarian pada tampilan di monitor atau televise anda


4.    Tunggulah beberapa saat hingga proses pencarian mencapai 100%.

Dibawah ini adalah video lengkap tentang tata cara mendapatkan Channel Lokal Gratis dari Satelit NinMedia atau Chinasat 11 98OE.

  

Jika terjadi ketidak singkronan suara dengan gambar pada channel tertentu, hal itu dikarenakan kebijakan dari Ninmedia. Namun hal itu dapat diatasi dengan cara mengganti Receiver atau mengganti PCR PID Audio.

CATATAN TERBARU: APABILA CHANNEL LOKAL HILANG COBA LAH GANTI TRANSPORDER MENJADI FREKUENSI 12560, SIMBOL RATE 43200 KS/s, Polaritas Vertical. Namun sebelumnya hapus terlebih dahulu Transporder sebelumnya untuk menambahkan.  




Semoga bermanfaat.

Terimakasih telah berkunjung di https://www.agungpanduan.com