AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

8/07/2018

FUNGSI FORMULA DASAR (SUM, AVERAGE, COUNT, MAX DAN MIN) EXCEL

Pada artikel sebelumnya telah dibahas konsep-konsep dasar yang harus diketahui dan dipahami karena konsep-konsep dasar tersebut sangat erat berhubungan dengan tata cara penggunaan formula excel. Jika pemahaman kita kurang tentang konsep dasar tersebut maka pada penulisan pada Formula Fungsi Dasar pun akan sering mengalami error atau terjadi kesalahan penulisan. Oleh karena itu baca lagi sebelum memasuki pembahasan Fungsi Dasar Excel. Fungsi Dasar Excel yang sering digunakan oleh para pengguna Excel yang berkecimpung di bidang Akunting, Statistik maunpun administrasi adalah SUM, AVERAGE, COUNT, MAX dan MIN.

FUNGSI SUM

Fungsi yang pertama yang paling sering digunakan adalah fungsi SUM. Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan data dari beberapa sel. Dimana aturan penulisannya adalah sebagai berikut:

=SUM(Sel Awal, Sel Akhir)

Atau

=SUM(range)


Sebagai contoh, pada tabel berikut ini akan dihitung Jumlah TOtal Penjualan pada sel F6 untuk produk Sepatu, Sendal, Kaos dan Celana. Dimana Total penjualan tiap produk tersebut disimpan pada kolom F yaitu F2 hingga F5.


Berdasarkan dengan aturan penulisan formula yang benar maka penulisan pada fungsi SUM untuk menghitung Jumlah Total Penjualan tersebut adalah sebagai berikut:

=SUM(F2:F5) รจ SUM(Sel, Awal, Sel Akhir)


Untuk memeriksa hasil penulisan formula excel apakah sudah benar atau tidak, coba lakukan mengganti angka penjulan pada salah satu produk. Jika pada sel F6 mengalami perubahan maka penulisan formula excel untuk SUM benar.

Dibawah ini adalah contoh lain dimana tabel berikut ini akan mencari total dollar yang didapatkan jika kurs Rupiah saat ini adalah 14.500/dollar. Untuk mendapatkan hasil tersebut formulanya dapat menggunakan pengabungan formula dengan operator dasar bagi “/”.

Karena untuk merubah Rupiah menjadi dollar maka diperlukan formula untuk merubah format number Yaitu Fungsi TEXT. Sehingga formula yang akan digunakan adalah sebagai berikut

=TEXT(SUM(F2:F5)/B8;"$ ??,???.00")



FUNGSI AVERAGE

Fungsi Average digunakan untuk menghitung nilai rata-rata sejumlah data pada beberapa sel. Dimana rumus matematika rata-rata tersebut adalah



Untuk aturan penulisan Formula Excelnya yaitu,

=AVERAGE(Sel Awal, Sel Akhir)

Atau

=AVERAGE(range)

Sebagai contoh, pada table berikut ini akan dihitung nilai rata-rata mata pelajaran matematika siswa dari sel C2 hingga C9 dan hasilnya akan disimpan pada sel C10.


Maka formula yang digunakan adalah

=AVERAGE(C2:C9) atau =AVERAGE(NILAISISWA)


FUNGSI COUNT

Fungsi COUNT berbeda dengan fungsi SUM. Jika fungsi SUM digunakan untuk menghitung jumlah nilai data  pada beberapa sel sedangkan fungsi COUNT digunakan untuk menghitung banyaknya data. Oleh karenanya berhati-hatilah saat akan memutuskan fungsi mana yang akan digunakan, apakah SUM atau COUNT.

Aturan penulisan fungsi COUNT sebagai berikut:

=COUNT(Sel Awal, Sel Akhir)

atau

=COUNT(Range)

Agar lebih jelas dalam memahami fungsi COUNT ini , perhatikan contoh berikut ini, Pada Tabel berikut ini akan dicari banyaknya nilai yang tercantum pada tabel tanpa melihat jumlah siswa.


Perhatikan walaupun sel c2 hingga c9 yang dimasukan ke dalam formula. Hasil dari count hanya menunjukan banyaknya data.

FUNGSI MAX AND MIN 

Fungsi MAX digunakan untuk mengetahui nilai terbesar atau maksimum dari sejumlah data sedangkan MIN digunakan untuk mengetahui nilai terkecil atau minimum dari sejumlah data. Aturan penulisanya adalah sebagai berikut:

=MAX(Sel Awal:Sel Akhir)
=MIN(Sel Awal:Sel Akhir)

atau

=MAX(range)
=MIN(range)

sebagai contoh, pada tabel berikut ini akan dicari nilai terendah dan tertinggi yang didapat siswa pada mata pelajaran tertentu dimana sel yang dimasukan kedalam formula fungsi MIN dan MAX adalah C2 hingga C9. Maka formula yang akan digunakan adalah

=MIN(C2:C9) dan =MAX(C2:C9)


Terlihat bahwa nilai terendah yang didapat oleh siswa yang bernama Azis sebesar 65 sedangkan nilai tertinggi yang didapatkan oleh siswa yang bernama Rende sebesar 82.

Demikianlah Pembahasan tentang pembahasan Formula Fungsi Dasar Microsoft Excel.

Semoga Bermanfaat

Terima kasih telah berkunjung ke https://www.agungpanduan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar