AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

8/10/2018

FUNGSI FORMULA EXCEL MENGATASI PESAN KESALAHAN (#NA, #DIV/0, #REF)

Saat berkerja menggunakan Microsoft Excel, kadang pesan error atau nilai yang dibutuhkan tidak tampil atau tidak sesuai. Hal itu mungkin terjadi kesalahan yang dikarena berbagai macam. Seperti halnya kesalahan dalam pengetikan formula excel dengan kode error #N/A, #DIV/0, #REF dan lain-lain. Seperti Tabel pembuatan Scrollbar Vba Macro di bawah ini,



Namun kesalahan tersebut dapat diabaikan dengan cara menghilangkan pesan-pesan tersebut dengan menggantinya dengan data kosong atau tulisan “Data Tidak Ditemukan”. Dimana caranya dengan menggunakan formula IFNA, IFERROR, IF(ISNA()), IF(ISERROR()) dan lain-lain.


FUNGSI IFNA FORMULA MICROSOFT EXCEL
Fungsi ini berfungsi untuk menghilangkan error dengan pesan #N/A! pada sel yang menggunakan fungsi VLOOKUP dimana aturan penulisanya adalah sebagai berikut,

=IFNA(value;value_if_na)

Keterangan:
  • Value adalah argument yang ingin diperiksa apakah ada kesalahan #N/A! atau tidak. Di Argumen inilah fungsi formula VLOOKUP diterapkan.
  • Value_if_na adalah nilai yang ditampilkan jika ternyata value-nya menghasilkan pesan error #N/A!. Jika argument ini dikosongan dengan mengetikan tanda kutip (“ ”) maka nilai yang akan ditampilkan pada sel tersebut adalah kosong. Argument ini pun dapat menggunakan kalimat lainnya seperti “Data Tidak Ditemukan”.

Contoh penerapan seperti berikut ini,

=IFNA(IF(B$11>A$2+B$11;HLOOKUP(B$11;Sheet1!$A$1:$K$14;3;FALSE);VLOOKUP($A9;Sheet1!$A$1:$K$14;2+A$11;FALSE));"")

Yang berwarna merah adalah value, dan biru adalah value_if_na


Perhatikan tabel diatas pesan error #N/A sudah tidak tampil namun pesan error #REF! masih ada untuk mengatasi pesan error #REF! maka gunakanlah fungsi IFERROR.

FUNGSI IFERROR FORMULA MICROSOFT EXCEL
Fungsi ini berfungsi untuk menghilangkan error dengan pesan #N/A!, #REF! dan lain-lain pada sel jadi fungsi IFERROR lebih banyak mencakup jenis pesan kesalahan. Oleh karena itu gunakanlah fungsi IFERROR ini daripada IFNA. Dimana aturan penulisanya adalah sebagai berikut,

=IFEEROR(value;value_if_na)

Keterangan:
  • Value adalah argument yang ingin diperiksa apakah ada kesalahan #N/A!, #REF! dan lain-lain atau tidak. Di Argumen inilah fungsi formula diterapkan.
  • Value_if_na adalah nilai yang ditampilkan jika ternyata value-nya menghasilkan pesan error #N/A!. Jika argument ini dikosongan dengan mengetikan tanda kutip (“ ”) maka nilai yang akan ditampilkan pada sel tersebut adalah kosong. Argument ini pun dapat menggunakan kalimat lainnya seperti “Data Tidak Ditemukan”.

Contoh penerapan seperti berikut ini,

=IFERROR(IF(B$11>A$2+B$11;HLOOKUP(B$11;Sheet1!$A$1:$K$14;3;FALSE);VLOOKUP($A4;Sheet1!$A$1:$K$14;2+A$11;FALSE));"")


Yang berwarna merah adalah value, dan biru adalah value_if_na


Perhatikan tabel pada contoh penggunaan fungsi IFERROR ini, kedua pesan error yaitu #N/A! dan #REF! tidak tampil. Coba bandingkan pada tabel contoh penggunaan fungsi IFNA sebelumnya.

FUNGSI ISNA dan ISERROR FORMULA MICROSOFT EXCEL
Kedua fungsi ini memiliki fungsi yang sama dengan fungsi IFNA dan IFERROR namun perbedaannya hanya pada aturan penulisannya. Dimana jika ISNA dan ISERROR tidak digabungkan dengan fungsi IF maka nilai yang tampil hanya TRUE dan FALSE saja. Namun jika digabungkan dengan fungsi IF maka nilai yang ditampilkan adalah nilai yang diharapkan. Dengan aturan penuilisannya adalah sebagai berikut, 

=IF(ISNA(value);value_if_true;value_if_false)
=IF(ISERROR(value);value_if_true;value_if_false)

Keterangan:
  • Value adalah argumen yang ingin diperiksa apakah ada kesalahan #N/A!, atau #REF! dan lain-lain atau tidak. Di Argumen inilah fungsi formula diterapkan.
  • Value_if_true adalah nilai yang ditampilkan jika ternyata value-nya menghasilkan pesan error #N/A!, #REF! dan pesan error lainnya. Jika argument ini dikosongan dengan mengetikan tanda kutip (“ ”) maka nilai yang akan ditampilkan pada sel tersebut adalah kosong. Argument ini pun dapat menggunakan kalimat lainnya seperti “Data Tidak Ditemukan”.
  • Value_if_false adalah nilai yang ditampilkan jika ternyata value-nya tidak menghasilkan pesan error #N/A!, #REF! dan pesan error lainnya. Dan argumen ini diisi oleh formula yang dicari hasilnya misalkan diisi fungsi VLOOKUP.
  • Contoh penerapan seperti berikut ini,

=IF(ISNA(IF(B$11>A$2+B$11;HLOOKUP(B$11;Sheet1!$A$1:$Z$14;3;FALSE);VLOOKUP($A3;Sheet1!$A$1:$Z$14;2+A$11;FALSE)));"";IF(B$11>A$2+B$11;HLOOKUP(B$11;Sheet1!$A$1:$Z$14;3;FALSE);VLOOKUP($A3;Sheet1!$A$1:$Z$14;2+A$11;FALSE)))

=IF(ISERROR(IF(B$11>A$2+B$11;HLOOKUP(B$11;Sheet1!$A$1:$Z$14;3;FALSE);VLOOKUP($A3;Sheet1!$A$1:$Z$14;2+A$11;FALSE)));"";IF(B$11>A$2+B$11;HLOOKUP(B$11;Sheet1!$A$1:$Z$14;3;FALSE);VLOOKUP($A3;Sheet1!$A$1:$Z$14;2+A$11;FALSE)))

Yang bertanda orange adalah value, merah adalah value_if_true, biru adalah value_if_false.

Demikianlah fungsi yang dapat digunakan untuk menghilangkan pesan kesalahan.

Semoga Bermanfaat

Terima kasih telah berkunjung ke https://www.agungpanduan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar