AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

8/07/2018

Membuat Scrollbar VBA Macro Excel Untuk Menampilkan Seluruh Data

ScrollBar pada software-software biasanya digunakan untuk menaikan tampilan dari atas ke bawah atau pun dari bawah ke atas. Seperti halnya Scrollbar bawaan Microsoft excel jika scroll bar jika diturunkan kebawah maka akan ditampilkan data-data dibawah dari data sebelumnya ataupun jika scroball dinaikan akan menampilkan data-data diatasnya. Lalu apakah bisa membuat Scrollbar baru di dalam worksheet excel dengan VBA Macro Excel?


Tentu saja bisa dilakukan namun dalam pembuatannya kita diharapkan harus memahami terlebih dahulu Fungsi Referensi (Vlookup, Hlookup), Fungsi Logika (IF, AND,OR), Fungsi Informasi (ISNA) dan cara penamaan sel serta harus mengaktifkan terlebih dahulu VBA Macro Excel.

Sebelum membuat Scrollbar VBA Macro Excel  buatlah Tabel data sheet 1 sebagai sumber yang akan ditampilkan pada sheet 2.


Selanjutnya lakukan langkah-langkah dibawah ini

Pertama, Buat Sheet 2
Kedua, Buatlah Scroll Bar dengan cara klik menus Insert pada Developer Tabs pada Group Controls.


dan tempatkan seperti ini


Ketiga, Berikan nilai pada beberapa sel
  1. Sel A2 = 0
  2. Sel A4 =IF(A2=0,1,(1+A2)), Artinya jika nilai pada Sel A2=0 maka sel A4=1  jika tidak maka sel A4=1+A2. Dimana A2 pada rumus ini akan berubah seiring scrollbar di geser naik turun.
  3. Sel A5 =IF(A4>0,A4+1,""), Artinya jika nilai pada Sel A4 lebih besar dari 0, maka sel A4= A4 +1, jika tidak ada maka kosong

Untuk sel A6 dan seterusnya Auto Fill kan dari Sel A5

Sehingga Tabel akan tampak seperti ini,


Keempat, Ketikan formula pada beberapa sel di kolom TICKETNUMBER, USERNAM, NAME, QUANTITY, PRICE, DISCOUNT, TOTAL. Yaitu pada

Sel B4 =VLOOKUP($A4,Sheet1!$A$1:$H$14,2,FALSE)
Sel C4 =VLOOKUP($A4,Sheet1!$A$1:$H$14,3,FALSE)
Sel D4 =VLOOKUP($A4,Sheet1!$A$1:$H$14,4,FALSE)
Sel E4 =VLOOKUP($A4,Sheet1!$A$1:$H$14,5,FALSE)
Sel F4 =VLOOKUP($A4,Sheet1!$A$1:$H$14,6,FALSE)
Sel G4 =VLOOKUP($A4,Sheet1!$A$1:$H$14,7,FALSE)
Sel H5 =VLOOKUP($A4,Sheet1!$A$1:$H$14,8,FALSE)

Sehingga table akan tampak seperti ini,


Kelima, Auto Fill kan formula pada Sel B4:H4 ke bawah sehingga sel-sel yang kosong akan terisi dan table akan tampak seperti ini,


Keenam, Koneksikan Scrollbar dengan Sel A2 pada Sheet2 dengan cara klik menu Developer Tab>Design Mode dan sorot ke Scrollbar yang dibuat tadi lalu klik Developer Tab>Properties.


Ketujuh, Perindah tampilannya menjadi seperti ini,


Kedelepan, Lakukan uji coba Scrollbar


 untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada video dibawah ini,


Demikianlah pembuatan Scrollbar VBA Macro Excel untuk menampilkan Data secara Vertikal selanjutnya akan ada Artikel tentang Scrollbar VBA Macro Excel menampilkan Data Secara Horizontal atau geser kiri ke kanan. 


Semoga Bermanfaat

Terima Kasih telah berkunjung ke Https://www.agungpanduan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar