AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

8/02/2018

Sel Absolut ($) Formula Microsoft Excel

Sel Absolut adalah istilah untuk sel alamatnya berada kondisi terkunci. Tujuan dari penguncian ini adalah agar sel pada formula excel tidak mengalami perubahan saat dilakukan Auto Fill yang selalu menambahkan nomor baris dari sel yang satu ke sel berikutnya. Dengan Adanya sel Absolut ini maka Auto Fill tetap bisa digunakan pada sebuah tabel data yang dinamis atau pada tabel yang berisi formula yang kompleks serta terdapat sebuah nilai konstanta.

Cara menggunakan Sel Absolut ini mudah, yaitu dengan menambahkan tanda "$" didepan nama kolom atau nomor barisnya. Untuk menambahkan tanda "$" ini dapat mengetiknya secara manual atau menggunakan tombol F4 pada keyboard. Aturan yang berlaku untuk Sel Absolut ini adalah sebagai berikut.
  • Jika tanda "$" terletak didepan nama kolom, maka saat digunakan Auto Fill, nama kolom tersebut akan terkunci dan tidak akan ada perubahan saat di Auto Fill namun nomor barisnya akan terus bertambah. Contoh $B1.
  • Jika tanda "$" terletak didepan nomor barisnya, maka saat digunakan Auto Fill, nomor baris tersebut akan terkunci dan tidak akan ada penambahan namun nama kolomnya terus berubah seiring bertambahnya jumlah Auto Fill. Contohnya B$1
  • Jika tanda terletak didepan nama kolom dan nomor baris, maka saat digunakan Auto Fill, sel tersebut akan menjadi konstanta atau tetap. Contohnya $C$1.

Agar lebih jelas dalam memahami Sel Absolut ini, perhatikan tabel berikut ini. Misalkan kita akan menghitung Total Penjualan Setiap Produk yang dikurangi pajak. Maka formula yang digunakan pada sel F2 adalah

F2=(B2*C2)-((B2*C2)*D2)


Namun jika digunakan Auto Fill untuk mengisi sel selanjutnya yaitu sel F3, F4, dan F5 maka hasil akan menjadi


Dan apabila nilai pajaknya adalah sama dan berada pada sel tertentu seperti pada sel H2 maka ketika di Auto Fill untuk mengisi sel selanjutnya yaitu F2, F3, dan F5, maka hasilnya akan salah, karena formulanya mengalami perubahan pada sel H yang didalam formula pada Sel F3, F4, F5.


Seharusnya formula untuk

F3=(B3*C3)-((B3*C3)*H2)
F4=(B4*C4)-((B4*C4)*H2)
F5=(B5*C5)-((B5*C5)*H2)

Dimana cara untuk mengunci agar pada nomor baris pada nama kolom H tidak mengalami perubahan ketika di Auto Fill kebawah maka gunakan Sel Absolut “$” didepan nomor baris pada nama kolom H sehingga formulanya menjadi

F3=(B3*C3)-((B3*C3)*H$2)

Jika dilakukan Auto Fill menuju F3, F4, F5 maka formula pada sel F3, F4, F5 akan menjadi


Demikianlah Pembahasan tentang Sel Absolut Microsoft Excel untuk mengunci perubahan nomor baris pada nama kolom atau nomor kolom pada baris tertentu.

Semoga Bermanfaat

Terima kasih telah berkunjung ke https://www.agungpanduan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar