AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

8/27/2018

Teknik Menyesuaikan Gambar dengan Pola Jahitan Boneka Di CorelDraw

Membuat Gambar yang disesuaikan pola jahitan tidaklah mudah karena dalam prosesnya kita memerlukan kemampuan imajinasi yang cukup baik dan pengetahuan tentang fitur-fitur pada Software CorelDraw. Kalau belum terbiasanya pastinya akan membuat pusing kepala dan lagi pola yang dibuat selalu diganti-ganti hingga hasil jadinya sesuai dengan yang dibutuhkan. Dengan adanya persoalan tersebut admin akan membagikan sebuah cara sederhana yang dapat membantu mempermudah penyesuaikan gambar terhadap pola jahitan.

Adapun cara yang digunakan adalah dengan memanfaatkan fitur Contour Tool Flow Inward dimana Tool ini akan membuat garis dengan bentuk yang sama namun lebih kecil dari ukuran pola yang dibuat dan tersimpan di dalam pola dengan jarak 3 mm hingga 7 mm ke dalam. Jarak 3-7 mm tersebut adalah ukuran jarak kain yang akan dilipat dan dijahit sehingga jahitan akan terlihat rapi.

Perhatikan gambar Kuda di bawah ini adalah bentuk boneka yang diinginkan.

Dimana pola yang sediakan oleh pembuat pola adalah




Dan hasil Contour Tool Flow Inward dari Polanya menjadi,



Keterangan: Garis Warna merah adalah garis polanya sedangkan Garis warna hijau adalah garis hasil Contour Flow Inward dimana jarak antar garis pola dengan garis Contour adalah sebesar kira-kira 3 mm.

Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah
1.   Samakan ukuran Gambar Kuda dengan Pola sebagai Acuan dan dikurangi 3 mm.


2.   Copy dan pastekan bagian mata dan mulut ke dalam pola lalu sesuaikan. Seperti dibawah ini,

3.   Sekarang buat bagian-bagian lainnya dengan menjadikan Garis Contour (garis Hijau) sebagai Acuan, Kenapa dibuat ulang bukan dicopy-paste dari gambar Kuda karena bagian-bagian ini terhubung dengan bagian sisinya. Apabila dicopykan akan sulit menyesuaikan atau mengeditnya. Jadi lebih baik dibuat ulang.


Perhatikan garis-garis putih pada ekor, terlihat bahwa garis putih memiliki kelengkungan yang hampir sama dengan Garis Contour (garis hijau).

Demikianlah Teknik Menyesuaikan Gambar dengan Pola Jahitan Boneka Di CorelDraw, maaf apabila tutorial ini tidak lengkap. Hal ini dikarenakan tingkat kesulitan penyesuaikan gambar terhadap pola berbeda-beda. Dan Artikel ini hanya sebagai acuan atau panduan dasarnya saja.

Semoga bermanfaat

Terimakasih telah berkunjung di https://www.agungpanduan.com

2 komentar: