ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Troubleshooting Unttuk Mengatasi Pesan Error Formula Microsoft Excel

8/10/2018
Terjadi kesalahan pada saat menggunakan microsoft excel selalu akan menampilkan sebuah pesan error namun pastinya setiap pesan kesalahan ini muncul akan menampilkan keterangan apa yang terjadi. Namun yang jadi masalah apakah kita tahu dan paham cara menangani masalah tersebut. Untuk itu Microsoft excel menyediakan beberapa bantuan yang dapat kita gunakan untuk menangani terjadinya kesalahan atau Troubleshooting dalam penerapan formula Microsoft excel. Beberapa diantaranya sebagai berikut,

Peringatan Kesalahan Pada Microsoft Excel Karena Pengunaan tanda tertentu

Dalam beberapa kondisi, saat terjadi kesalahan dalam penulisan atau penerapan formula misalnya penggunaan tanda “=” yang salah maka Microsoft Excel akan memberi peringatan dengan menampilkan kotak dialog kesalahan seperti ini,




Jika kita mendapatkan pesan kesalahan seperti kotak dialog tersebut maka periksalah penulisan formula yang kita gunakan.


Dokumentasi Bantuan Cara Penggunaan Formula Microsoft Excel

Dalam penulisan formula selalu diberikan keterangan argumen seperti penerapan formula SUMIF dibawah ini,


Pada keterangan yang diberikan tersebut terdapat tulisan Range, criteria, dan sum_range. Untuk orang awam mungkin tidak paham apakah itu range. Oleh karena itu Microsoft Excel menyediakan fasilitas cara penggunaan Formula yaitu dengan menekan tombol Help on This Function.



Melihat Seluruh Formula Pada Worksheet Microsoft Excel


Dalam lembar kerja atau worksheet Microsoft Excel, formula yang kita ketikan tentunya tidak akan ditampilkan oleh Excel karena Excel hanya menampilkan hasil dari penerapan formula tersebut. Namun kadang kala kita tidak yakin dengan hasilnya maka untuk memeriksa kesalahan penerapan formula yang mungkin kita ketikan sebelumnya pada setiap sel pada Lembar kerja Excel. Dapat dilakukan dengan cara menekan tombol Formulas Tab>Formula Auditing>Show Formulas.



Jika ingin mengembalikan tampilan keseperti semula cukup tekan kembali tombol Show Formulas.



Melihat Hasil Fungsi Pada Suatu Formula Microsoft Excel

Dalam penulisan formula yang cukup kompleks, terutama jika kita mengabungkan beragam fungsi, yang pasti hasil setiap fungsi tersebut tidak dapat dilihat karena kita hanya menulisakan argumennya saja. Agar kita yakin dengan hasil pada setiap formula maka untuk memeriksanya dengan cara,


Klik pada sel yang akan kita periksa hingga formula yang digunakan tampil pada Formula Bar.
Pada Formula Bar, pilih dan sorot fungsi yang kita ingin lihat hasilnya
Tekan tombol F9 pada Keyboard dan Microsoft Excel akan menampilkan hasilnya.

Trace Precedents dan Trace Dependents Microsoft Excel

Trace Precedents dan Trace Dependents adalah perintah bantuan untuk memeriksa atau melacak hubungan antara data pada suatu sel dengan formulanya. Tombol untuk menjalankan kedua perintah ini juga terdapat pada Formulas Tab> Formula Auditing.

Trace Precedents digunakan untuk melihat sel-sel mana saja yang mempengaruhi sel aktif berisikan formula. Untuk dapat menggunakan Trace Precedents ini harus memilih terlebih dahulu sel yang berisikan formula setelah itu klik tombol Trace Precedents. Dengan begitu tanda panah warna biru akan muncul untuk menunjukan arah dimana sel-sel yang digunakan untuk mengisi sel yang berisikan formula seperti tampak pada tabel berikut,


Trace Dependents digunakan untuk melihat sel-sel mana saja yang berisikan formula yang menggunakan sel yang dipilih atau aktif. Untuk dapat menggunakan Trace Dependents ini harus memilih terlebih dahulu sel yang digunakan untuk sel berisikan formula setelah itu klik tombol Trace Dependents. Dengan begitu tanda panah warna biru akan muncul untuk menunjukan arah dimana sel-sel yang menggunakan sel yang dipilih atau aktif seperti tampak pada tabel dibawah ini,


Setelah menggunakan perintah tersebut, untuk menghilangkan garis-garis tanda panah warna biru yaitu dengan mengklik tombol Remove Arrows yang terletak pada Formula Tabs>Formula Auditing.



Evaluasi Formula Microsoft Excel

Masih di dalam group perintah Formula Auditing terdapat sebuah tombol perintah Evaluate Formula. Dimana perintah Evaluate Formula ini akan melakukan evaluasi menyeluruh secara tahap demi tahap formula yang anda ketikan pada sel-sel di dalam worksheet. Untuk menggunakan tombol perintah ini diharuskan mengklik sel yang berisikan formula terlebih dahulu lalu klik tombol Evaluate Formula.


Kotak dialog Evaluate Formula yang ditampilkan akan secara otomatis Excel menampilkan dan menggaris bawahi fungsi pertama dalam proses formula. Misalkan dalam suatu proses ada gabungan 2 fungsi yaitu fungsi IF dan AverageIf dimana Averageif ada dalam argumen fungsi IF maka fungsi pertama yang digaris bawahi oleh Evaluate Formula adalah AverageiF. 


Klik tombol Evaluate untuk melihat hasil dari fungsi yang digaris bawahi tersebut. jika ternyata fungsi tersebut memiliki hubungan dengan fungsi atau sel lainnya maka sel atau fungsi yang berhubungan tersebut akan digaris bawahi setelah itu klik tombol Step In untuk melihat hubungan-hubungan selanjutnya atau klik tombol Step Out untuk kembali ke hubungan sebelumnya dan klik tombol Restart untuk kembali ke fungsi pertama.


Perintah Evaluate Formula ini sangat berguna apabila kita menggunakan formula yang rumit dan komplek dengan melibatkan banyak fungsi.


Error Checking Untuk Menguji Kesalahan pada Formula Microsoft Excel

Masih didalam group perintah Formula Auditing terdapat sebuah tombol perintah Error Checking. Perintah ini berfungsi untuk memeriksa sel yang dipilih yang berisikan formula apakah formula yang digunakan terdapat kesalahan atau tidak.



Jika tidak ada kesalahan maka pesan yang akan ditampilkan bertuliskan “The Error check is complete for entire sheet dan The Trace Error command required that the active cell contain an error value” seperti tampak gambar dibawah ini,


Namun jika ternyata ada kesalahan pengetikan formula maka kotak dialog Error Checking akan ditampilan seperti gambar dibawah ini,


Pesan Kotak Dialog tersebut akan tampil ketika sel yang berisikan pesan kesalahan seperti #DIV/0!, #N/A! dan lain-lain. Pada kotak dialog tersebut kita dapat melihat tombol dokumentasi bantuan atau Help on this error, tombol Show Calculation Steps untuk Evaluasi formula, tombol Ignore Error untuk mengabaikan kesalahan, tombol Edit In Formula Bar untuk mengedit formula yang salah.

Demikianlah beberapa opsi bantuan yang disediakan oleh Microsoft Excel untuk proses Troubleshooting formula. Semoga tulisan ini dapat membantu pengguna Microsoft Excel apabila formula yang diketikan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Semoga Bermanfaat

Terima kasih telah berkunjung ke https://www.agungpanduan.com
Share This :

0 Comments