AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

9/05/2018

CARA MENYEMBUNYIKAN KOLOM DAN SHEET MICROSOFT EXCEL

Memperindah tampilan laporan data menggunakan Microsoft Excel ini dapat dilakukan dengan cara menyembunyikan kolom, baris dan sheets yang tidak digunakan. Karena dengan menyembunyikan Kolom, Baris, dan Sheet tersebut akan membuat pandangan yang membaca akan terfokus. Biasanya penggunaan cara ini dilakukan pada saat membuat laporan Excel yang berkaitan dengan VBA Microsoft Excel. Namun untuk Sheet yang disembunyikan dianjurkan membuat tombol Button pada Form Control di Developer Tabs. Dimana button ini akan digunakan sebagai link yang akan menampilkan sheets yang disembunyikan.

Adapun cara menyembunyikan Kolom, dan Baris Pada Microsoft Excel adalah:


1.   Sorot/Blok Kolom dari D hingga XFD, untuk mempercepat penyorotan dapat dengan cara sorot kolom D terlebih dahulu lalu Tekan tombol (Shift + Ctrl) Keyboard dan tekan Tombol Arah Kiri Keyboard.

2.    Klik kanan mouse, dan pilih hide.

Sedangkan untuk menyembunyikan Sheets dibagi 2 cara yaitu,

Cara Pertama,
Dapat dengan cara menghilangkan cetang pilihan “Show Sheet Tabs” pada Options>Advanced Toolbars Excel untuk menyembunyikan seluruh sheets.


Cara Kedua,
Atau dengan cara klik kanan pada salah satu Sheet lalu klik Hide (menyembunyikan) atau Unhide (Menampilkan). Namun Cara Kedua ini memiliki kelemahan yaitu apabila kita akan memanggil data pada Sheet yang disembunyikan akan terjadi kesalahan. Oleh karena itu disarankan menggunakan Cara pertama.


Seperti yang telah saya sebutkan bahwa untuk menyembunyikan Sheets dengan Cara Pertama dianjurkan membuat Button atau Text sebagai link untuk menampilkan Sheet yang disembunyikan yaitu dengan cara,

1.    Buat button dengan mengklik menu Developer Tabs>Insert>Form Control>Button


2.  Lakukan Record, Pemanggilan Sheets yang disembunyikan dapat menggunakan Keyboard tanpa klik Button yaitu dengan mengisi Shortcuy key. Untuk keberadaan sheets pilihlah list Store Macro in.


3.  Pilihlah Sheet yang akan dipanggil oleh Button yang telah dibuat dengan cara mengarahkan mouse pada Sheet yang dimaksud misalkan Sheet1 lalu Klik tombol Stop Recording.


4.    Selesai

Semoga bermanfaat

Terimakasih telah berkunjung di https://www.agungpanduan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar