AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

11/28/2018

Buat Efek Tali Benang Coreldraw

Sumber Inspirasi Pembuatan Efek benang Coreldraws

Sebab akibat admin membuat ide tentang cara membuat efek tali benang adalah gambar yang ditampilkan pada Software Embroidery seperti Wilcom dan Tajima. Awalnya admin mencoba untuk copykan gambar hasil dari kedua software tersebut ke coreldraws namun hasilnya tidak memuaskan dimana hasilnya hanya sebuah gambar dengan resolusi rendah dalam artian gambar pecah(blur) dan tidak jelas.

Bila admin menempatkan diri sebagai seorang developer software Wilcom dan Tajima. Hal pertama yang tersirat kok bisa buat gambar dengan efek benang tersebut. Bagaimana caranya membuat efek benang tersebut?.   

Deskripsi Tools Yang digunakan


Untuk membuat sebuah efek pada gambar di Coreldraws ada beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan Fill, Blend Tool, Artistic Media, dan lain-lain. Namun yang kita bahas adalah Artistic Media. Dimana Tool ini berfungsi untuk membuat efek brush pada objek tertentu. Efek brush ini dapat membuat sebuah objek memiliki repeat(duplikasi) corak tertentu seperti efek benang dibawah ini,

Cara Membuat Efek Benang Menggunakan Tool Artistic Media

Dikarenakan Efek benang pada Tool Artistic Media Coreldraw belum tersedia maka kita harus membuatnya terlebih dahulu secara manual. Dimana langkah-langkah adalah sebagai berikut,

Pertama, Buatlah sebuah kotak menggunakan Rectangle Tool di toolbox yang disimpan disebelah kiri monitor dimana ukuran kotaknya lebar x tinggi = 3 x 6 cm seperti gambar di bawah ini,


Kedua, Pada Property bar pilihlah lengkung secara Round Corner dengan Corner Radius setengah dari ukuran lebar kotak yaitu 1,5 cm untuk sudut bagian bawah kiri dan bagian kanan atas sedangkan bagian atas kiri 0 cm dan bagian kanan bawah 0 cm. Sehingga objek kotak berubah menjadi objek yang memiliki bagian yang tumpul. Namun sebelumnya bukan kan terlebih dahulu kunci yang ditandai icon gembok (Edit Corner Together).


Ketiga, Aktifkan fungsi transformations dengan cara klik menu ArrangeèTransformationsèPosition (Alt + F7). Pilihlah Skew dan isikan nilai pada sumbu X,Y dengan angka 20 dan 10 lalu klik Apply. Proses ini dimaksudkan untuk merubah tingkat kemiringan objek.


Keempat, lakukan duplikasi objek ke samping dengan pilih menu Position dan isikan sumbu X dengan angka setengah lebih dari ukuran lebar objek yang sudah di proses Skew. Isikan jumlah copiesnya sebanyak lebih dari 30 setelah itu soroti atau seleksi semua objek dan lakukan Group atau Combine.


Kelima, Langkah Selanjutnya adalah menyimpan objek sebagai Artistic Media baru, yaitu dengan cara soroti atau seleksi objek dan Icon Media Artistic Tool di Toolbox. Kemudian pilih list Custom dan klik Icon Save.  Simpanlah file tersebut pada directory yang diinginkan sebagai file yang bertipe *.cmx.



Selesai.

Ujicoba Artistic Media Efek Tali

Untuk memastikan Artistic Media Efek Tali yang baru kita buat apakah tersimpan dan dapat digunakan untuk merubah objek Garis menjadi efek tali maka langkah-langkah adalah:

Pertama, Buatlah bentuk garis yang membentuk persegi panjang secara vertikal dimana bagian atas dan bawahnya melengkung. Garis tersebut disimpan diatas pola Paus.


Kedua, Ubahlah Garis menjadi efek tali benang dengan cara seleksi garis-garis dan buka tampilan Docker Artistic Media yang berada pada samping kanan monitor lalu klik Icon Browser cari folder lokasi penyimpanan file EfekTali.cmx kemudian klik efek talinya pada list serta berikan nilai pada Stroke Width Sebesar 1.5 cm. Lalu powerclipkan ke pola Paus.


Hasilnya menjadi Seperti ini,


Semoga Bermanfaat dan Terimakasih telah berkunjung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar