AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

11/14/2018

PANDUAN COREL VIDEO STUDIO ULTIMATE 2018 PART 1

Setiap Software Editing Video memiliki fitur dan cara penggunaan yang mungkin memiliki perbedaan sepertihalnya AVS VIDEO EDITOR dan Corel Video Studio namun secara garis besar sama. Tetapi yang menjadi permasalahan bagaimana cara menggunakan fitur-fitur yang disediakan tersebut. Sebagai contoh fitur untuk split Video menjadi beberapa clip tujuannya bisa untuk menghapus bagian yang kurang menarik atau merubah waktu play untuk bagian yang spit tersebut.  Tata cara fitur split ini biasanya akan muncul setelah menandai bagian video dan klik kanan mouse. Dimana lokasi untuk klik kanan mouse untuk di AVS harus di bagian penggaris yang berisikan waktu detik dan jam sedangkan Corel Video Studio harus tepat diatas timeline Track video itu disimpan.

INSERT VIDEO DAN SAVE PROJECT

1.   INSERT FROM DIRECTORY PC

Untuk input video ke dalam Corel Video Studio bisa dilakukan dengan drag & drop  file video, image, dan audio langsung ke Library dan timeline atau dengan cara klik menu file>Insert Media File To Timeline, FIle>Insert Media File To Library lalu Insert Video, Audo, Photo, dan Subtitle. Jika Insert Media File To Timeline, video akan langsung masuk ke library dan secara otomatis masuk timeline track sedangkan Insert Media File To Library hanya masuk ke library saja untuk inputkan ke timeline track harus dengan drag & drop dari library ke timeline track.



2.   INSERT RECORD SCREEN PC.

Seperti halnya Ice Cream Recorder, Bandicam atau sejenis software yang berfungsi untuk record aktivitas pada layar komputer. Fitur Record Screen pada Corel Video Studio Ultimate ini pun memiliki fungsi yang sama namun hasil dari record hanya berjenis file *.wmv saja.

Adapun cara record aktivitas layar pada komputer pada Corel Video Studio ini cukup dengan menekan icon Record/Capture Option dan pilih Live Screen Capture lalu aturlah area yang akan di record misalkan Full Screen atau dapat dipilih dengan Freehand Selection.




3.   INSERT VOICE DARI MICROPHONE HEADSET HANDPHONE DI COREL VIDEO STUDIO
Memasukan suara dapat dengan 2 cara yaitu memasukan file audio ke Timeline track dan record langsung lewat komputer. Namun saya akan bahas adalah input suara dengan record langsung menggunakan microphone. Agar kita tidak perlu membeli alat microphone khusus PC dan hanya buang biaya. Kita bisa memanfaatkan headset Handphone untuk record suara di komputer.

Adapun caranya adalah

Pertama, Colokkan Headset anda ke lubang warna pink (untuk microphone) di belakang komputer.


Kedua. Jika pesan The Current Connected Device Is muncul maka centanglah pada “Mic In” dan klik OK.


Ketiga, Uji suara dapat dilakukan di tampilan menu Recording Device. Control Panel>Hardware and Sound>Sound>Recording.


Keempat, Mulai recording suara di Corel Video Studio. Rekomendasi jika ingin input suara dengan record siapkan terlebih dahulu teks di kertas yang akan di ucapkan nantinya dan perhatikan waktu yang tepat untuk menyisipkan suara sehingga suara dan video nya menjadi singkron.

Kelima, Tekan tombol icon icon Record/Capture Option dan pilih Voice-Over.


Keenam, Tekan tombol Record atau Start untuk memulai rekam suara dan menghentikan tekan tombol Space keyboard. Dan untuk melihatnya perhatikan Timeline Voice.


4.   INSERT FROM MOBILE

Sambungkan Handphone dengan komputer menggunakan kabel USB lalu pada notifikasi di handphone pilih menu transfer file namun tidak semua Merk Handphone dapat langsung dihubungkan dengan Corel Video Studio jika demikian maka lebih baik micro sd pada Handphone pindahkan ke Card Reader. Sekarang klik tombol icon Record/Capture Option dan pilih Mobile-Device lalu akan muncul Icon Memory Card disebalh kiri pada dialog “Insert Media File From Harddrive/ External Device”, secara otomatis akan load dan menampilkan beberapa photo dan video yang tersimpan pada micro sd Handphone anda.



5.   INSERT FROM CD/DV D

Masukan CD/DVD yang berisi Video, Audio, dan Photo ke dalam CD/DVD Driver anda lalu tekan tombol Icon Record/Capture Option dan pilih Import From Audio CD.
Gambar CD LAGU DAN VIDEO DIRUMAH

SAVE PROJECT COREL VIDEO STUDIO

Langkah ini sangatlah penting sebelum proses editing video. Mungkin di kota-kota besar mati listrik sangatlah jarang. Berbeda dengan di daerah pedesaan seperti desa tempat saya tinggal, mati listrik sudah jadi lumrah dan biasa terjadi serta tanpa pemberitahuan atau sosialisasi dari pihak PLN. Jadi Curhat, hehe.
Menulis dan editing yang dilakukan dikomputer pastinya ingin segera disimpan namun apa jadinya apabila kita lupa menyimpannya saat mati listrik. Gimana kebayangkan RASA KESAL DI DALAM HATI .... (nyanyi mode on). Untuk itu segaralah Save Project. File>Save As Project. Dimana jenis file yang akan tersimpan adalah *.VSP (Video Studio Project).

SPLIT VIDEO (PEMOTONGAN VIDEO) COREL VIDEO STUDIO

Split video merupakan tindakan untuk memontong video menjadi beberapa clip sehingga dapat dipilah-pilah bagian mana yang akan digunakan dan dihapus. Caranya tidaklah berbeda jauh seperti Spit yang dilakukan di AVS Video Editor. Hanya pada Corel Video Studio untuk menampilkan Pilihan Menu Spilt harus klik kanan mouse diatas timeline Videonya bukan di line waktu. Namun sebelumnya pindahkan atau geser Jarum/ Separator ke sebelahkan pada waktu tertentu lalu klik kanan mouse pada timeline video pilih Spit Clip.


Keterangan: Garis warna kuning setelah Split merupakan garis pemisah antar clip.

TRANSITION COREL VIDEO STUDIO

Transitions berfungsi untuk memberikan efek animasi video sebelum perpindahan dari bagian video satu ke video lainnya agar lebih menarik atau mungkin juga sebagai trik penyatuan 2 clip video agar tidak terlihat perbedaan kualitas gambar, pencahayaan dan lain-lain atau istilahnya menyamarkan, dimana video tersebut berasal dari beberapa sumber.

Untuk menambahkan Transitions, klik icon tombol Transistion (A|B) lalu pilih efek transistion mana yang akan sesuai dan di drag & drop ke arah di antara 2 video atau gambar pada Video Timeline seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah ini,



Pembahasan Selanjutnya
PANDUAN COREL VIDEO STUDIO ULTIMATE 2018 PART 1 Berisi tentang tata cara insert file, Save Project, Split Video, dan Transition
PANDUAN COREL VIDEO STUDIO ULTIMATE 2018 PART 2 berisi tentang cara menambahkan subtitle ke video film.
PANDUAN COREL VIDEO STUDIO ULTIMATE 2018 PART 3 berisi tentang Cara Save Video hasil editing dan share video hasil editing.
PANDUAN COREL VIDEO STUDIO ULTIMATE 2018 PART 4 berisi tentang pembuatan video opening dengan menggunakan Title.
PANDUAN COREL VIDEO STUDIO ULTIMATE 2018 PART 5 berisi tentang pembuatan Video opening dan penambahan 3D Title bergerak dengan menggunakan Title 3D.

Semoga Bermanfaat

Terima Kasih telah berkunjung di https://www.agungpanduan.com