AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

12/05/2018

MENCERAHKAN WARNA FILE BITMAP (BMP) DI CORELDRAW

Lagi-lagi admin membahas tentang warna atau dalam bahasa inggrisnya Color. Kenapa pembahasan warna ini begitu penting. You know lah, Your life is nothing if you live without Color. Color akan memberikan suatu nilai daya tarik yang dapat menarik oranglain melihat design yang kita buat. Sehingga Apabila design tersebut merupakan suatu produk yang dapat dijual misalkan corak kain, spanduk ataupun iklan. Pastinya akan mudah terjual.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencerahkan Color pada file bitmap di CorelDraws yaitu

  1. Mencerahkan Color Menggunakan Fitur Contrast Enhancement.
  2. Mencerahkan Color Menggunakan Fitur Tone Curve.
  3. Mencerahkan Color Menggunakan Fitur  Brightness/Contrast/Intensity.
  4. Mencerahkan Color Menggunakan Fitur Gamma.
Sebelum membahas satu-satu cara mencerahkan Color pada penggaturan EffectรจAdjust. Saya rekomendsaikan untuk melakukan Convert to Bitmap dengan Color Mode RBG ataupun CMYK. Namun menurut admin yang paling rekomendasi adalah mode CMYK dikarenakan akan lebih mudah dalam pengaturan Color serta kombinasi Color ada 4 yaitu Cyan, Yellow, Magenta, dan Black.

Mencerahkan Color Menggunakan Fitur Contrast Enhancement

Fitur ini difungsikan untuk menambahkan unsur gelap (bisa menjadi merah tergantung Color Originalnya) ataupun membuat gambar menjadi abu-abu. Untuk melakukannya anda tinggal menggeser Ke Kanan atau ke kiri nilai Gamma Adjustment dengan interval 0-10 dengan nilai awal adalah 1. Semakin mendekati nilai 10 maka gambar akan terlihat gelap sedangkan apabila mendekati nilai 0 gambar akan semakin memutih. Pergerakan nilai pun dapat ditunjukan garis putih yang ada pada bagian grafik.  Semakin ke kanan grafik akan semakin ke kanan atapun sebaliknya. 

Gambar Original

Gambar Penambahan Nilai Gamma Adjustment

Gambar Pengurangan Nilai Gamma Adjustment

Catatan: sebelum klik OK usahakan untuk Preview terlebih dahulu untuk memilih hasilnya yang diinginkan.

Mencerahkan Color Menggunakan Fitur Tone Curve

Tone Curve biasa digunakan untuk mencerahkan gambar sepertihalnya fungsi curve pada Photoshop. Untuk mencerahkan gambar pada Tone Curve CorelDraw dapat dengan menambahkan nilai x dan y dengan cara mengeser garis curve pada grafik ataupun menginputkan nilai x dan y dengan angka sehingga terbentuklah titik sumbu (node).

Perhatikan perubahan Color pada gambar di bawah ini,
Gambar Original

Apabila Nilai y menuju 0 tetapi x semakin besar warna akan memucat hingga putih.
Apabila Nilai x menuju 0 tetapi y semakin besar warna akan semakin gelap.
Apabila nilai x dan y nilainya tidak terlalu kecil dengan kondisi nilai x lebih kecil dari pada nilai y kemungkinan gambar akan lebih cerah.
Apabila nilai x dan y nilainya tidak terlalu kecil dengan kondisi nilai y lebih kecil dari pada nilai x kemungkinan gambar akan lebih pucat.
Apabila membuat 2 titik color di curve ,

Keterangan: Nilai x dan y yang tampil merupakan nilai dari titik warna putih, untuk melihat yang lain cukup select titik warna lain atau titik hitam.

Catatan: Mencerahkan tidak sama dengan memutihkan tetapi sama dengan contrast.

Mencerahkan Color Menggunakan Fitur  Brightness/Contrast/Intensity

Mencerahkan warna tidak hanya dapat dilakukan dengan fitur Tone Curve tetapi juga dengan Fitur Brightness/Contrast/Intensity. Penggunaan fitur satu ini dibilang lebih mudah untuk dipahami tata caranya. Berbeda dengan fitur tone curve yang harus menyesuaikan dengan menambah atau mengurangi nilai sumbu x dan sumbu y.

Brightness sepertihalnya pada Monitor Televisi akan memberikan tambahan cahaya putih terang sedangkan Contrast akan memberikan tambahan cahaya berwarna sehingga warna terasa lebih segar (terlihat agak berubah warna). Oleh karena itu apabila penambahan brightness kurang memberikan kecerahan warna itu wajar karena pencerahan dengan brightness hanya didominasi oleh warna putih. Berbeda dengan Contrast. Perhatikan perbedaan penambahan Brightness pada Logo Agung panduan di bawah ini,

Gambar Original


Penambahan Brightness sebanyak 20

Penambahan Contrast Sebanyak 20


Itulah perbedaan antara Brightness dan Contrast pada CorelDraws


Mencerahkan Color Menggunakan Fitur Gamma

Fitur Gamma ini memiliki fungsi yang sama dengan fitur yang telah dibahas di atas yaitu mencerahkan dan mengelapkan sebuah objek. Dimana Gamma Value default berada pada angka 1. Maka untuk mencerahkan objek maka tambahkan Gamma Value dengan cara menggeser ke sebelah kanan misalkan Gamma Value = 5.20.

Apabila ingin mengelapkan objek geserlah kesebelah kiri maka nilai Gamma Value akan negatif dan Objek akan lebih gelap.

Semoga Bermanfaat

Terima kasih telah berkunjung di https://www.agungpanduan.com

8 komentar:

  1. udah lama ane gak main corel draw bro semenjak pc nya mati

    BalasHapus
  2. masih bingung gan soalnye ane baru maen corel draw

    BalasHapus
  3. bookmark dulu sapa tau pc ane hidup lagu

    BalasHapus
  4. Lumayan dapat ilmu baru di dunia dsain grafis Makasih om artikelnya

    BalasHapus
  5. Kebetulan saya hobibjuga desain2, main kesini dapat ilmu baru, trima kasih ya kawan, ditunggu uodatenya yg lain.

    BalasHapus
  6. Wah tambahan ilmu ini. Terima kasih ya..

    BalasHapus