AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

12/06/2018

Mengubah Color Bitmap Menggunakan Fitur Replace Color ColerDraw

Mengganti warna untuk file vektor pastinya lebih mudah daripada mengganti warna pada file bitmap. Bagian-bagian objek pada file bitmap sudah menjadi satu kesatuan dimana apabila salah satu objek diganti warnanya dengan menggunakan fitur Replace Color Coreldraw maka hasilnya akan memperlihatkan pembatasnya.  Seperti gambar di bawah ini,


Perhatikan warna biru yang diberikan tanda panah merupakan sisa dari Warna Biru yang diganti menjadi warna hijau. Walaupun Replace Color mempunyai kelemahan tetapi Replace Color sangat berguna apabila Object warna yang diganti memiliki tingkat ketajaman objek yang baik misalkan warna background pada corak tertentu sehingga hasilnya pun tidak begitu terlihat sisa pergantian warnanya.

Adapun cara menggunakan Replace Color ini adalah sebagai berikut,
Pertama, siapkan terlebih dahulu file gambarnya dan masukan ke lembar kerja CorelDraws.


Kedua, Convert to Bitmap. Langkah ini berfungsi untuk mengantisipasi apabila gambar yang akan diganti warnanya tidak bisa menampilkan Menu Fitur Adjust == > Replace Color.
Ketiga, Seleksi gambarnya.
Keempat, Tampilkan Menu Replace Color dengan cara Klik menu bar Effect == > Adjust == > Replace Color.
Kelima, Lakukan Color Eyedropper (deteksi warna) warna yang akan diganti dengan cara klik icon Color Eyedropper pada Old Color lalu arahkan ke warna yang dimaksud.


Keenam, Pilihlah warna penggantinya (New Color). Warna yang dipilih dapat juga hasil kombinasi warna sendiri yaitu Mixer CMYK.


Ketujuh, Aturlah Range atau cakupan area warna yang akan diganti.  Semakin besar nilai range maka akan semakin tidak spesifik warna yang akan diganti atau malah keseluruhan objek gambar. Jadi untuk range batasilah sesuai area warna yang akan diganti.


Kedelapan, apabila telah menentukan Range. Klik OK.





Semoga Bermanfaat

Terima kasih telah berkunjung di https://www.agungpanduan.com

2 komentar: