AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

1/15/2019

Membuat Efek Cahaya Selang Pipa dan Daun 3 Dimensi Coreldraw

Yang terlintas dipikiran tentang membuat Efek Cahaya pada Coreldraw biasanya menggunakan Tools Fountain Fill. Namun menurut Agung Panduan Tool ini memiliki kelemahan yaitu Efek cahaya yang dibentuk oleh Fountain Fill tidak dapat mengikuti lekukan Bentuk objeknya namun hanya berdasarkan Angle sehingga hasilnya akan terasa rancu atau kurang pas. Lalu tool apa yang cocok untuk membuat Efek Cahaya yang disesuaikan lekukan bentuk Objeknya ???. Menurut Agung Panduan, tool yang cocok adalah Fitur Gaussian Blur.


Pasti bertanya-tanya ko bisa Fitur Gaussian Blur digunakan untuk membentuk efek cahaya pada Objek. Ya tentu bisa, ingin bukti, perhatikan 2 gambar berikut ini,
Adapun cara membuat Efek cahaya pada kedua objek diatas adalah sebagai berikut,

MEMBUAT EFEK CAHAYA PADA PIPA

Pertama, Buatlah 2 Objek lingkaran menggunakan Ellipse Tool dimana kedua lingkaran memiliki ukuran yang berbeda Lingkaran kesatu lebih besar dari lingkaran kedua. Lalu tempatkan Lingkaran kedua dibelakang Lingkaran Pertama sehingga terlihat Angle Perspective.

Kedua, Buatlah garis penghubung antar kedua lingkaran agar terlihat membentuk objek tertutup.

Ketiga, Sorot semua objek dan lakukan Shaping Boundary untuk membentuk objek baru dan hapus objek Lingkaran kedua, Garis 1 dan 2.
Keempat, Sorot Objek baru dan lakukan Contour Flaw Inward lalu Break Contour agar Objek Hasil Contour terpisah. Selanjutnya perpanjang objek yang tengahnya lebih tinggi.
Kelima, pertebal Outline Width Objek Hasil Contour dan berikan No Fill sedangkan Ouline berwarna Abu-abu.
Keenam, Convert to Bitmap Objek Hasil Contour. 
Ketujuh, Berikan Warna pada Objek Hasil Boundary dengan warna hitam dan pindahkan Lingkaran 1 Ke depan.
Kedelapan, lakukan Gaussian Blur pada Objek Bitmap Hasil Contour dengan Nilai sebesar 19.0 Pixels.
Kesembilan, Powerclip Objek Bitmap Hasil Blur ke dalam Objek Hasil Boundary.

Selesai.

MEMBUAT EFEK CAHAYA PADA DAUN

Pertama, Buatlah objek daun seperti di bawah ini,
Kedua, Copy & Paste Objek Daun lalu lekukan bagian bawah Objek Paste sehingga membelah Objek Daun.
Ketiga, Copy & Paste Objek Daun untuk membentuk belahan daun bawah. Lalu Copy & paste Objek Belahan Atas selanjutnya Shaping Trim ke Objek Daun Hasil Paste. Sehingga akan terbentuk 3 Objek (Curve Belahan Atas Daun Warna hitam, Curve Belahan Bawah Daun Warna Merah, dan Objek Daun Warna hijau.


Keempat, lakukan Contour Flaw Inward ke Objek Belahan Daun Atas dan Bawah dengan ukuran yang proposional lalu Break Contour dan Berikan Fill Putih dan Ouline Hijau pada kedua Objek Hasil Contour. Jangan lupa pertebal Outline Width misalkan sebesar 4.0 milli.
Kelima, Convert to Bitmap kedua Objek Hasil Contour dan lakukan Gaussian Blur, jangan lupa warnai Objek Daun.

Keenam, Buatkan Tulang daun dengan warna proposional atau yang sesuai.


Demikianlah Cara Membuat Efek Cahaya Pada Objek Pipa dan Daun dengan menggunakan Fitur Gaussian Blur Coreldraw. Semoga Artikel ini bermanfaat buat pada Designer Grafis Pemula Maupun Profesional.

Terima Kasih Telah berkunjung di https://www.agungpanduan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar