ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Mengukur Jarak dan Sudut Derajat Menggunakan Dimension Tool CorelDraw

1/21/2019
Mengukur sebuah jarak objek pada setiap objek design sangat diperlukan untuk memastikan apakah objek design memiliki jarak, dan derajat  sesuai permintaan atau keinginan. Sepertihalnya Software Wilcom dengan Measure Tool-nya, atau Adobe Photoshop dengan Ruler Toolnya. CorelDraw pun memiliki tool untuk mengukur jarak antar Objek bahkan mengukur Sudut Derajat yaitu Dimension Tool.


Walaupun Agung Panduan sudah lama berkecimpung di dunia Design Grafis namun Agung Panduan pernah bingung mencari tool untuk mengukur jarak antar Objek di CorelDraw padahal pada Software lain Agung Panduan mengetahui letak dan cara penggunaanya. Karena mungkin nama tool untuk mengukur jarak antar Objek di CorelDraw ini agak sedikit berbeda dan di luar perkiraan tidak seperti seperti Measure atau Ruler.

Menurut Agung Panduan Keunggulan Dimension Tool CorelDraw ini adalah menjadikan nilai jarak atau Derajat menjadi sebuah Objek Text jadi tidak hanya menampilkan Nilainya saja. Adapun tata cara penggunaanya adalah:

Pertama, Buatlah 2 Objek Lingkaran atau Bentuk lainnya.


Kedua, Klik Parellel Dimension Tool pada Toolbox dimana letaknya di bawah Table Tool.


Ketiga, jika jarak objek yang akan dihitung/diukur dimulai dan diakhiri pada titik center kedua objek tersebut maka arahkan mouse ke titik center objek bulat merah tersebut lalu klik & tahan lalu geser ke arah titik center objek bulat Biru selanjutnya geser ke arah lain dan klik lagi untuk menampilkan atau membuat Text Ukurannya.


Jika Text ukuran yang ditampilkan memiliki atau membulat angka decimal, anda dapat mengaturnya melalui Menu Tool = = > Options = = > ToolBox = = > Dimension Tool.


Demikianlah tata cara mengukur jarak dan Derajat antar objek pada CorelDraw dengan menggunakan Dimension Tool. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pada Pengguna Software CorelDraw.

Terima Kasih telah berkunjung di https://www.agungpanduan.com

Share This :

0 Comments