ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

SHAPING CORELDRAW

1/17/2019
Shaping CorelDraw merupakan sebuah fitur yang memiliki beberapa tool untuk membentuk objek baru dari gabungan, potongan dari beberapa objek. Shaping ini berada pada Menu Tab Arrange. Penggunaan Shaping ini sangat berguna untuk mempercepat proses pembuat design yang akan kita buat nanti, Oleh karena itu kuasailah fitur Shaping ini. Shaping CorelDraw ini memiliki 7 tool seperti Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front Minus Back, Back Minus Front, dan Boundary.

Shaping Weld CorelDraw

Shaping Weld berfungsi untuk menyatukan 2 objek atau lebih dengan menghilangkan garis potong atau garis-garis yang ditimbulkan akibat saling tumpang tindih dari beberapa objek. Shaping Weld ini sedikit berbeda dengan Shaping Boundary yang akan kita bahas nanti. Dimana Perbedaan dari Shaping Weld dan Shaping Boundary adalah

Shaping Weld
Shaping Boundary
Hanya dapat digunakan pada 1 objek kalaupun lebih objek tersebut harus terkelompok (Group)
Dapat digunakan pada banyak objek sekaligus
Menghilangkan Garis potong namun dapat meninggalkan Object Trimmer dan Object Trimmed agar tidak dihapus
Tidak menghilangkan garis-garis potong


Keterangan:
  • Leave Original Source Object maksudnya Tidak menghilangkan Objek Welder setelah proses weld.
  • Leave Original Target Object maksudnya Tidak menghilangkan Objek yang di Weld.


Shaping Trim CorelDraw

Shaping Trim merupakan tool untuk membentuk objek baru dengan cara memangkas 2 atau lebih objek. Sehingga objek-objek tersebut terbagi menjadi beberapa bagian dapat 2 bagian atau lebih. Shaping Trim ini sangat berguna saat mengambil Lekukkan Garis dari Objek Lain (Shaping Trim CorelDraw).

Apabila sebuah design yang akan kita buat memiliki banyak bentuk dan saling berhimpitan dimana setiap objek memiliki lekukan garis bentuk yang berbeda-beda. Sedangkan objek yang dibuat tidak boleh saling menimpa dan hanya boleh berhimpitan maka penggunaan Shaping Trim dapat digunakan.  Dengan Tool Shaping Trim ini akan mempercepat proses pembentukan atau pembuatan Objek Vektor pada Coreldraw daripada membuat dari awal menggunakan Tool Pen. Sebagai Contoh Objek dibawah ini, 



Keterangan:
  • Leave Original Source Object maksudnya Tidak menghilangkan Objek Trimmer setelah proses trim.
  • Leave Original Target Object maksudnya Tidak menghilangkan Objek yang di Trim setelah proses trim.

Shaping Intersect CorelDraw

Shaping Intersect ini berfungsi untuk membentuk objek irisan dari beberapa objek dengan cara memotong atau menghilangkan bagian diluar irisannya. Shaping Intersect ini biasa digunakan oleh para Designer untuk menghilangkan Background pada sebuah Photo. Penggunaan Shaping intersect ini tidak berbeda jauh dengan tool-tool yang ada pada fitur Shaping jadi harus membuat terlebih dahulu sebuah garis yang ditempatkan di atas/depan sebuah objek dengan menggunakan Pen Tool, Rectangle Tool, Ellipse Tool dan lainnya.   


Keterangan:
  • Leave Original Source Object maksudnya Tidak menghilangkan Garis biru setelah proses Intersect.
  • Leave Original Target Object maksudnya Tidak menghilangkan Objek Asal  yang akan dihilangkan itu bagian diluar garis biru.

Shaping Front Minus Back dan Back Minus Front CorelDraw

Kedua tool shaping ini sama-sama berfungsi sebagai alat untuk memotong objek lain yang saling tumpang tindih. Kita illustrasikan saja ada dua buah objek yang memiliki warna berbeda warna biru dan warna merah lalu Objek Biru ditempatkan dibelakang warna merah. Dengan dua buah objek ini kita dapat menjabarkan perbedaan Front Minus Back dan Back Minus Front. 

Yang jadi pertanyaan objek manakah yang terpotong setelah kedua proses Front Minus Back dan Back Minus Front dilakukan. Namun untuk melakukan proses kedua proses tersebut harus menyorot atau memilih 2 objek tersebut lalu Apply.


Shaping Boundary CorelDraw

Shaping Boundary ini berfungsi untuk membuat Objek baru dari kumpulan beberapa objek yang saling tumpang tindih dengan cara mengambil Outline atau garis terluarnya. Shaping ini sering Agung Panduan gunakan untuk membuat objek yang sisi kanan dan sisi kirinyamemiliki bentuk yang sama.


Demikianlah fungsi tool-tool yang ada pada Fitur Shaping CorelDraw. Semoga dengan Artikel Tutorial ini dapat berguna untuk para Designer khususnya pengguna Software CorelDraw.

Terima Kasih telah berkunjung di https://www.agungpanduan.com
Share This :

0 Comments