ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

MIGRASI PENGGUNAAN CORELDRAW KE ADOBE ILLUSTRATOR 1

2/05/2019
Selamat pagi, Siang dan malam para pembaca setia dan pengunjung baru Agung Panduan. Kali ini Admin akan membahas tentang dan tata cara Migrasi Penggunaan CorelDraw ke Adobe Illustrator ataupun sebaliknya. Sesuai permintaan dari teman seperjuangan di Perusahaan saya bekerja. Dia meminta dibuatkan tutorial Adobe Illustrator karena permintaan para klien atau buyer tempat kami bekerja. Dimana gambar-gambar harus dibuat dengan Adobe Illustator walaupun sebenarnya bisa dengan cukup Export Cdr ke Ai.

Untuk orang Awam atau baru mengenal Adobe Illustrator pasti bingung menghadapi berbagai fitur dan tool-tool yang ditampilkan Adobe Illustrator padahal CorelDraw maupun Adobe Illustrator memiliki fitur atau tool dengan fungsi yang sama namun yang membedakan adalah nama, letak dan tata cara penggunaannya serta kualitas warna. Oleh karena itu Admin akan membahas dan menunjukkan beberapa fitur-fitur Adobe Illustrator yang memiliki kesamaan fungsi dan sering digunakan seperti yang ada atau biasa digunakan di CorelDraw.

Adapun daftar fitur-fitur yang akan dibahas kali ini akan disajikan pada tabel berikut ini,

No
Nama Fitur
Fungsi
CorelDraw
Adobe Illustrator
1
Object Manajer
Layers
Menampilkan List Object yang dibuat sebelumnya
2
Color
Color Picker atau Swatches Color
Kumpulan Warna untuk mewarna objek
3
Object Size
Transformation W Value, H Value
Rezise Object Menggunakan Angka
4
Shaping
Pathfinder
Menggabungkan, Memotong, dan Memangkas Objek
5
Align and Distribute
Align
Mensejajarkan 2 atau lebih objek atas, bawah kiri, dan kanan
6
Pen Tool
Pen Tool
Membuat Garis Objek
7
Shape Tool
Anchor Point Tool
Modifikasi Kelengkungan Objek
8
Artistic Media
Brushes, pencil tool, paintbrush
Membuat Garis dengan efek kuas, artistic dan lain-lain
9
Fountain Fill
Gradient
Membuat Warna Gradasi pada objek
10
Color Eyedropper Tool
Eyedropper Tool
Mengcopy kode warna pada objek lain
11
Pattern Fill, texture fill
Graphic Style
Mengisi corak tertentu pada objek
12
Transparency
Transparency
Membuat Gambat menjadi transparan
13
Outline Width
Stroke Weight
Ketebalan Garis Line (Outline)
14
Page Dimension
Artboards
Ubah ukuran halaman page Width x Height
15
Ruler
Show Ruler
Alat ukur
16
Guideline
Guideline
Garis bantu dalam pembuatan objek
17
Parallel Dimension Tool
Measure Tool
Mengukur jarak dan sudut derajat objek
18
Zoom (Scroll)
Zoom (Alt + Scroll)


Dikarenakan jumlah tool yang akan dibahas cukup banyak maka artikel ini akan dibagi menjadi 2 bagian yaitu Migrasi Penggunaan Coreldraw Ke Adobe Illustrator Part 1, MigrasiPenggunaan Coreldraw Ke Adobe Illustrator Part 2. Pada part 1 ini akan dibahas nama fitur dari no 1 hingga no 9.

Object Manager CorelDraw dan Layers Adobe Illustrator

Object Manajer dan Layer keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu memudahkan memilih objek, menampilkan objek, menggeser objek disimpan didepan atau dibelakang objek lain serta sebagai list objek. Untuk menampilkan kedua fitur tersebut dapat dengan cara,

Object Manager pada CorelDraw klik menu bar Tools dan pilih Object Manager hingga Object Manager tampil pada samping kanan monitor.




Sedangkan Layer Adobe Illustrator klik menu bar Window dan pilih (cetang layers) hingga Layers tampil pada samping kanan bawah monitor.

Color CorelDraw dan Color Picker (Swatches) Adobe Illustrator

Jika diartikanpun kalian pasti tahu fungsi yaitu untuk mewarnai objek. Mungkin Anda pasti sudah tahu kekurangan dan kelebihan dari Software CorelDraw dan Adobe Illustrator pada segi warna. Yang pasti Adobe Illustrator warnanya lebih powerfull walaupun CorelDraw sekarang sudah banyak perubahan dan perbaikan pada versi terbarunya CorelDraw Suite 2018 dan bisa di download di blog ini. Namun yang paling penting adalah kita harus memilih icc profile dan pantone yang akan digunakan apakah sesuai dengan permintaan. Misalkan yang admin sering gunakan adalah U.S. Web Coated (SWOP) v2 dengan jenis pantonenya Solid Coated. 

Untuk tata cara mengatur ICC Profile dan Menampilkan Jenis Pantone yang akan digunakan pada kedua software akan ditunjukan oleh gambar berikut,



Warna-warna tidak hanya terpaku pada jenis pantone namun juga kita dapat melakukan campuran warna Red Green Blue atau Cyan Magenta Yellow Black. Misalkan pada artikel Teknik Campuran Warna CMYK CorelDraw.

Object Size CorelDraw dan Tranformation W, H Value Adobe Illustrator

Fitur ini digunakan untuk merubah ukuran objek menggunakan angka agar perubahan ukuran objek lebih akurat. Object Size CorelDraw akan tampil ketika kita menggunakan Pick Tool dan Property Bar akan muncul diatas page. Sedangkan Transformation W, H value Adobe Illustrator dapat ditampilkan dengan cara  klik menu bar Window == > Transform lalu Selection Tool dan arahkan mouse ke Transform Bar.


Shaping CorelDraw dan Pathfinder Adobe Illustrator

Shaping dan Pathfinder memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menggabungkan, memotong, memangkas dan membuat bentuk baru dari gabungan 2 objek atau lebih.  Kedua fitur ini sangat berguna untuk mempercepat proses pembuatan objek gambar. Oleh karena itu kuasailah dan rasakan peningkatan kemampuan anda ketika membuat design gambar. Untuk pembahasan cara penggunaan Shaping dapat kunjungi Artikel Shaping CorelDraw.

Adapun untuk menampilkan Shaping CorelDraw, klik menu Arrange == > Shaping == > Shaping sehingga akan muncul Fitur Shaping di sebelah kanan monitor.


Sedangkan cara menampilkan Pathfinder Adobe Illustrator,  klik menu Window == > pathfinder. 

Align and Distribute CorelDraw dan Align Adobe Illustrator

Bagi orang yang biasa menggunakan CorelDraw pasti mengetahui bahwa ketika 2 objek atau lebih disorot dan dipilih lalu menekan tombol “T” Keyboard maka yang akan terjadi adalah menjadi sejajarnya objek-objek yang disorot tadi tepat pada garis atas (bagian atas objek) dimana tool ini dinamakan Align Top  atau bisa juga dengan klik menu Arrange == > Align and Distribute == Align Top. 



Sedangkan Adobe Illustrator dapat dengan cara mengklik Align Vertical Top pada Align Bar. 


Pen Tool CorelDraw dan Pen Tool Adobe Illustrator

Pen tool ini berfungsi sebagai tool uintuk membuat garis biasa hingga dapat dapat membuat objek tertentu. Pen tool pada kedua software ini cara menggunakannya sama saja yaitu dengan cara membuat titik-titik dan akan secara otomatis akan membuat garis penghubung antar titik-titik tersebut hingga membentuk sebuah objek. Garis-garis yang terbentuk tidak hanya garis yang lurus namun dapat pula garis yang melengkung namun untuk membuat garis melengkung pada saat klik mouse harus ditahan dan arahkan ke arah titik baru dan lepas lalu klik lagi. 

Shape Tool CorelDraw dan Anchor Point Tool Adobe Illustrator

Modifikasi garis menjadi lurus atau lengkung pasti akan menggunakan Shape Tool Coreldraw dan Anchor Point Tool Adobe Illustrator. Namun yang jadi permasalahan adalah Shape Tool sudah tampil langsung di toolbar beda dengn Anchor Point Tool harus kiri mouse dan tahan tepat di Pen Tool dan pilih tool yang paling bawah.

Melengkungkan garis di Adobe Illustrator setelah handle pertama biasanya langsung tidak terlihat titik handlenya. Lalu untuk menampilkan handle kedua tersebut jangan klik titik anchor sebelumnya tetapi klik anchor paling dekat atau biasanya dibelakangnya namun kelebihannya tidak perlu klik kanan mouse dan to curve seperti di CorelDraw jadi kekurangan dari Adobe Illustrator ini adalah lebih ribet dalam melakukan handle.


Walaupun cara penggunaan Anchor Point Handle ini lebih ribet dari Shape Tool CorelDraw. Adobe Illustrator memiliki satu tool lagi untuk membuat garis lurus ataupun lengkung yaitu Curvature Tool. Dimana tata cara penggunaanya Curvature Tool adalah,
  • Membuat garis lengkung: Pilih Curvature Tool dan Sorot tepat pada garis yang telah dibentuk sebelumnya dan klik satu kali dan tahan lalu geser ke arah yang diinginkan.
  • Membuat garis lurus: Pilih Curvature Tool dan Sorot tepat pada garis yang telah dibentuk sebelumnya dan klik dua kali dan tahan lalu geser ke arah yang diinginkan.

Artistic Media CorelDraw dan Pencil Tool Adobe Illustrator

Artistic Media dan Pencil Tool memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membuat objek yang unik dan artistik, image, goresan kuas yang dapat mengikuti arah garis. Dengan kedua tool ini akan membuat pengguna menjadi lebih kreatif dan dapat memperluas daya imaginasi seseorang. Selain itu dapat mempercepat proses pembuatan design.

Menggunakan kedua tool ini sangatlah mudah cukup dengan klik Artistic Media Tool dan Pencil Tool lalu pilih bentuknya di Property bar. Perhatikan video berikut ini, 


Penggunaan brush dapat juga dengan cara merubah hasil garis Pen Tool yaitu dengan cara klik objek garisnya lalu pilih jenis brushnya.


Fountain Fill CorelDraw dan Gradient Adobe Illustrator

Fountain Fill dan Gradient memiliki fungsi yang sama yaitu untuk gradasi warna. Gradasi warna ini dapat terjadi apabila ada 2 buah warna atau lebih yang dicampurkan dari jumlah persentase campuran yang rendah hingga tinggi atau warna gelap menuju terang. Dimana warna satu diletakan di sebelah kanan dan warna dua sebalah kiri atau diatas dan dibawah secara vertikal atau biasa disebut gradasi linear. Namun dapat pula gradasi membentuk sebuah lingkaran dimana warna 2 diletakkan paling luar lingkaran dan warna satu diletakan di pusat lingkaran. 


Untuk pembahasan lengkap tentang Fountain Fill CorelDraw dapat mengunjungi Artikel Cara Menggunakan Fountain Fill Custom 3 Warna Seperti Gradasi Pelangi.

Selanjutnya akan dibahas fitur lainnya pada Migrasi Penggunaan Coreldraw Ke Adobe Illustrator Part 2. 

Semoga Bermanfaat dan 

terima kasih telah berkunjung di https://www.agungpanduan.com

Share This :

0 Comments