AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

2/07/2019

Migrasi Penggunaan Coreldraw Ke Adobe Illustrator 2

Pada Artikel Migrasi Penggunaan Coreldraw Ke Adobe Illustrator Part 1, Agung Panduan telah membahas Fitur No 1 hingga No 9. Kali ini kita akan membahas fitur No 10 hingga No 18. Namun sebelumnya Agung Panduan akan mengingatkan kembali kenapa fitur dari CorelDraw dan Adobe Illustrator ini dibahas secara bersamaan. Alasannya adalah fitur-fitur yang dibahas ini memiliki kesamaan fungsi namun berbeda nama, letak dan cara penggunaannya dengan begitu akan mempermudah migrasi penggunaan CorelDraw ke Adobe Illustrator.



Eyeddropper Tool CorelDraw dan Adobe Illustrator

Sebagai seorang yang sering bergelut dengan berbagai macam warna atau yang telah mempelajari tentang perwarnaan. Color Eyedropper tool ini wajib untuk dimanfaatkan fungsinya. Karena dengan tool ini, akan dengan mudah copy kode pantone warna atau persentase campuran warna RGB, dan CMYK. Dimana ada saatnya anda membutuhkan warna dari image lain yang akan digunakan pada design. Namun tetap kita harus dapat menyesuaikan kecocokan warna atau matching.

Eyedropper pada Adobe Illustrator tidak selengkap seperti Eyeddroper pada CorelDraw. Pada Adobe Illustrator, Eyedropper hanya copy Color saja namun untuk CorelDraw semua Attributes yang melekat pada objek lain dapat di copy. Pada artikel sebelumnya Agung Panduan telah membagikan tata cara penggunaan Attributes Eyedropper CorelDraw. Sedangkan untuk Adobe Illustrator akan dijelaskan pada Artikel ini,

Adapun tata cara penggunaan Eyeddropper Tool Adobe Illustrator ini,
Pertama, siapkan 2 objek dengan berbeda warna
Kedua, klik menu Window == > Color guides dan Swatches untuk menampilkan Color Guide Bar dan Swatches Bar di samping monitor Anda.
Ketiga, klik Eyedropper Tool lalu arahkan ke Objek 1 secara otomatis warna pada objek satu akan muncul pada Color Guide dan Swatches.

Pattern Fill, texture fill CorelDraw dan Graphic Style Adobe Illustrator

Pattern Fill, Texture Fill, Graphic Style merupakan fitur yang sama-sama digunakan untuk mengisi fill objek dengan corak-corak gambar yang sudah disediakan CorelDraw dan Adobe Illustrator. Corak-corak gambar yang disediakan kedua software cukup banyak dan bervariasi. Tidak hanya itu, anda pun dapat menambahkannya tetapi ingat gambar yang ditambahkan jika di duplikat harus saling menyambung untuk Pattern Fill CorelDraw tetapi untuk Graphic Style sepertinya tidak. Jika ingin mencoba cara menambahkan Corak pada objek yang anda buat dapat mengunjungi Artikel Save the Pattern Fill (*.pat) file from pdf or Existing File in Coreldraw.



Transparency CorelDraw dan Adobe Illustrator

Transparency Tool berfungsi untuk membuat suatu objek menjadi tembus pandang sehingga objek dibelakangnya terlihat sepertihalnya sebuah kaca. Transparency tool juga dapat digunakan membantu proses gradasi dan pencahayaan. Penggunaan Transparency ini cukuplah mudah dan hanya perlu kejelian dan kepekaan rasa para pengguna, pas atau tidak nilai opacity yang di gunakan. Pada property bar Transparency Tool CorelDraw maupun Adobe Illustrator ada beberapa Blending Mode yang dapat digunakan. Perhatikan gambar petunjuk penggunaan Transparency Tool di bawah ini, 



Outline Width CorelDraw dan Stroke Weight Adobe Illustrator

Outline Width dapat diartikan sebagai Garis Luar sedangkan Stroke Weight agak sedikit melenceng jika diartikan dalam terjemahan. Namun ternyata kedua fungsi ini sama-sama mengatur tentang ketebalan garis luar (outline). 



Untuk menghilangkan ouline pada CorelDraw dan Adobe Illustrator pilih None,

Page Dimension CorelDraw dan Artboards Adobe Illustrator

Jika pada software Microsoft Word page Dimension dan Arthboards itu sebagai fitur pengaturan halaman atau biasa disebut page setup. Dimana lebar halaman dan tinggi halaman dapat diubah. Satuan yang digunakan itu biasanya inches, millimeter, centimeter, point, pixels, yard dan lain-lain. Pengaturan halaman ini sangat dianjurkan untuk menambah keakuratan ukuran hasil cetakan serta memberikan kenyamanan saat proses editing.

Tidak hanya lebar dan tinggi yang dapat diubah tetapi juga Orientation (Potrait, Landscpae) dan lain-lain. 

Untuk menampilkan Page Dimension Coreldraw, sorotlah halaman atau diluar halaman bukan objek dan perhatikan akan muncul property bar sedangkan 


Untuk menampilkan Artboards Adobe Illustrator klik menu Window == > Artboards dan klik list Artboards yang bersebelahan dengan layers disamping kanan bawah monitor.

Ruler CorelDraw dan Adobe Illustrator

Ruler merupakan alat bantu berbentuk sebuah penggaris yang ditempatkan di atas halaman kerja (layout) secara horizontal dan disamping kiri secara vertikal. Dengan Ruler ini akan mempermudah proses pengaturan besar, kecil dan posisi suatu objek secara pasti dan tepat dengan tingkat presisi dan akurasi yang cukup tinggi. Penggunaan ruler ini menjadi komponen yang wajib pahami dan manfaatkan jika anda ingin membuat design dengan ukuran yang sama dengan hasil cetakan. Satuan yang dapat digunakan untuk ruler ini dari inches, millimeter, centimeter, meter, point, pixels, feet, yard dan mungkin semua satuan yang ada.


Ruler ini punya menjadi syarat penggunaan Guideline, karena tanpa Ruler guideline tidak akan bisa tampilkan. Guideline sendiri merupakan garis bantu yang berbentuk garis putus-putus yang dapat digeser secara horizontal maupun vertikal. Cara menampilkan guideline ini mudah saja hanya dengan klik tombol kiri mouse tepat di ruler dan tahan lalu geser dari atas atau samping kiri menuju layout. Sedangkan cara untuk menampilkan Ruler CorelDraw adalah klik menu View == > lalu pilih Ruler dan Ruler Adobe Illustrator klik menu View == > Rulers == > Show Rulers atau CTRL + R. 




Parallel Dimension Tool CorelDraw dan Measure Tool Adobe Illustrator

Parallel Dimension Tool dan Measure Tool merupakan tool yang berfungsi sebagai pengukur jarak antar objek pada design. Pengukuran jarak ini berguna memastikan jarak yang dibutuhkan antar objek sehingga hasil cetakan sesuai yang diharapkan walaupun saat gambar di export ke jenis file jpeg, bitmap dan lain-lain ukuran gambar kadang menyusut lebih kecil. Hal itu dikarenakan kemampuan software untuk mengurangi lamanya proses convert. Oleh karena itu usahakan untuk memanfaatkan Parallel Dimension dan Measure Tool ini untuk meminimalisir ketidak akuratan ukuran.


Jika kita membandingkan kedua tool ini, menurut saya lebih unggul Parallel Dimension yang merupakan tool dari CorelDraw, Kenapa?. Hasil pengukuran menggunakan Parallel Dimension Tool dapat ditampilkan dengan jelas dan otomatis ukurannya dibuat menjadi objek Text. Sedangkan Measure Tool Adobe Illustrator tidak secara otomatis membuat sebuah objek text ukuran hanya menampilkan informasi saja. Perhatikan gambar berikut ini, 


Adapun artikel yang lebih detail menjelaskan Parallel Dimension dapat mengunjungi Mengukur Jarak dan Sudut Derajat Menggunakan Dimension Tool CorelDraw.

Semoga Bermanfaat dan 

terima kasih telah berkunjung di https://www.agungpanduan.com