AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

4/15/2019

The Active Layer 1 is locked or invisble CorelDraw

Operation Cannot Competed. The active layer "Layer 1" is Locked or Invisible merupakan masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna pemula CorelDraw yang belum memahami Object Manager pada CorelDraw. Mungkin Agung Panduan salah satunya walaupun sudah lama menggunakan CorelDraw tapi tetap saja munculnya pesan error tersebut membuat saya merasa kesal saat sedang stress.



Sebelum membahas cara mengatasi pesan error “The Active Layer 1 is locked or invisble.png”, alangkah baiknya kita membahas item-item yang ada pada Object Manager, dimana untuk menampilkan Object Manager ini cukup dengan klik menu Object > Object Manager untuk CorelDraw 2018 sedangkan untuk CorelDraw versi di bawahnya klik menu Tool > Object Manager. Maka akan tampil Object Manager di sebelah kanan Monitor Komputer Anda seperti gambar di bawah ini,

Perhatikan Item-item yang diberi tanda kotak bergaris hijau pada gambar Object Manager di atas, Item-item tersebut kita akan bahas satu persatu.

Pertama, Item yang mirip berbentuk mata. Item ini berfungsi untuk Show or Hide Objek-objek gambar yang telah kita buat sebelumnya di lembar kerja layer 1 CorelDraw. Apabila kita paste sebuah objek baru pada Layer 1 saat Hide maka pesan error “Operation Cannot Competed. The active layer "Layer 1" is Locked or Invisible". Jadi untuk menghindari pesan error tersebut Show Layer 1.


Kedua, Item yang mirip berbentuk sebuah printer. Item ini berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi print dan export image ke bentuk jenis file tertentu. Jika item ini dinonaktifkan pesan error “Operation Cannot Competed. The active layer "Layer 1" is Locked or Invisible” tidak tampil karena hanya menonaktifkan atau hide tombol print dan export pada menu.


Ketiga, item yang mirip berbentuk Gembok Kunci. Item ini berfungsi untuk mengunci dan membuka objek. Apabila Objek dikunci (Lock) maka objek yang dimaksud tidak dapat di ubah, digeser, dicopy bahkan delete serta apabila kita pastekan objek baru ke Layer 1 yang di Lock (kunci) pesan error “Operation Cannot Competed. The active layer "Layer 1" is Locked or Invisible” akan tampil. Seperti item yang pertama untuk menghindari pesan error tersebut Unlock Layer 1.


Keempat, Item yang berbentuk tulisan berwarna merah. Item ini menunjukan Layer yang aktif. Apabila kita salah mengaktifkan layer misalkan yang diaktifkan layer “Guides” maka Objek baru yang dipastekan akan tidak terlihat objeknya hanya menampilkan outline biru seperti gambar di bawah ini,


Demikianlah pembahasan tentang fungsi-fungsi item pada Object Manager Coreldraw dan Cara mengatasi Pesan error “Operation Cannot Competed. The active layer "Layer 1" is Locked or Invisible”.
Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar