ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Anti Surge Was Triggred to Protect system form unstable power unit

6/12/2019
Pernah komputer anda mengalami mati mendadak dan setelah dinyalakan kembali muncul pesan error “Anti Surge Was Triggred to Protect system form unstable power unit”. Untuk orang yang sekarang mengalaminya jangan terburu-buru mengganti Power Supply (PSU) atau Motherboard karena jika kita asal membeli yaitu dengan membeli PSU yang merk abal-abal ataupun PSU dengan Power Supply bukan Pure Power dan tidak memiliki sertifikasi 80 Plus maka pesan tersebut tetap akan muncul. Tahukah Anda, PSU 450Watt, 500Watt yang dijual dipasaran tidak semuanya Pure Power tetapi aslinya bisa saja hanya 300Watt saja ataupun Power yang tidak stabil.


Agung Panduan pun pernah mengganti PSU yang baru tapi ternyata PSU yang dibeli bukanlah Pure Power. Lalu nama merk apa yang menjual Produk-produk yang Pure Power dengan nilai sertifikasi 80 Plus?, yaitu: Super Flower SF-550P14HE, Thermaltake TR2 S 500W, EVGA 500 B1, Corsair dan lain-lain.

Harga untuk Power Supply merk-merk tersebut cukup menguras kantong namun dengan penggunaan PSU tersebut akan menjaga komponen-komponen CPU kita untuk tidak mudah rusak dan bertahan lebih lama. Namun Penggunan Power Supply untuk Motherboard yang sudah mengalami pesan error tersebut sebetulnya hanya meminimalisir, tidak 100% teratasi.
Sebetulnya ada cara lain untuk menghilangkan Pesan Error Anti Surge Was Triggred to Protect system form unstable power unit” yaitu dengan menonaktifkan (Disable) pengaturan Anti Surge di settingan BIOS Motherboard anda tepat nya di Tab Monitor tetapi itu bukan solusi terbaik. Karena dengan menonaktifkan Anti Surge maka aliran listrik menuju Processor dan komponen lain di CPU menjadi tidak stabil dan membuat komponen-komponen tersebut akan mudah rusak. 



Oleh karena itu Solusi terbaik untuk mengatasi pesan error yang tadi adalah Gunakan PSU Pure Power dan Ganti Motherboard yang baru namun sebelumnya cek Thermal Pasta yang terpasang antara Processor dan Fan Kipas karena bisa saja error terjadi karena Thermal Pasta tidak ada. Hehehe (muter-muter). Semoga artikel ini membuat anda tidak galau mau mengganti PSU Pure Power atau Motherboard.

Share This :

0 Comments