AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

6/11/2019

Cara Setting Google Domain di Blogspot

Jika anda suka berselancar di dunia maya walaupun hanya sekedar buat mencari informasi tentang masalah-masalah yang dihadapi. Pasti anda sudah tahu apa itu domain. Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet.

Saya yakin pembaca artikel ini sedang merasa kebingungan mencari cara mengganti domain blogspot dengan domain yang sudah anda beli di Google Domain. Jika asal-asalan mengganti takut salah, dan situs blog yang anda buat tidak bisa akses.

Sebetulnya mengganti domain blogspot dengan Google Domain yang berektensi domain Berbayar atau sering disebut Top Level Domain (TLD) tidaklah sulit tetapi sangat mudah yaitu caranya hanya menginputkan “www” di belakang domain TLD setelah membuka menu Setting > Basic > Publishing Blog Address > +Setup a Google Domains URL for your blog.


Setelah itu tunggu 10-20 menit untuk proses redirect domain dan proses import SSL dari domain sebelumnya ke domain TLD yang baru hingga selesai dilakukan secara otomatis. Jadi tidak perlu melakukan setting CNAMEs dan DNS lagi seperti Domain TLD yang berasal beli diluar Google Domain seperti Namecheap, Idhostinger, dan lain-lain. Dimana hasilnya akan menjadi seperti ini pada Dashboard Blogger.


Untuk meyakinkan keberhasilan penggantian domain, anda dapat mengakses domain yang baru di browser kesayangan anda. Namun pergantian nama domain pada search engine google membutuhkan waktu yang lebih lama. Untuk Webmaster terbaru yaitu search Console tidak perlu lagi menambah property situs lagi. Jadi yang bisa lakukan sekarang hanya menunggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar