AGUNG TUTORIAL

Belajar Bordir Wilcom dan Tajima Mesin SWF, VBA Macro Excel, Design Grafis CorelDraws, Video Editing, Download Software-software, Solusi Masalah Error Komputer, Jaringan dan Internet, Analisis Jaringan, Analisis Problem Hardware dan sebagainya

7/12/2019

Modem Tidak Bisa Koneksi Internet

Siapa yang tidak tahu salah satu alat koneksi jaringan modem. Dengan bentuknya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana membuat para pecinta internet semakin betah berlama-lama berselancar di dunia maya. Sehingga alat ini seakan-akan menjadi salah satu daftar barang yang wajib dibawa. Kecepatan akses internet menggunakan modem ini pun terus mengalami peningkatan sepertihal modem Huawei. Kemudahan dalam penggunannya pun menjadi alasan kenapa modem masih populer sampai saat ini.

Namun dibalik kemudahannya, terkadang modem mengalami masalah diantaranya Modem Tidak Bisa Koneksi Internet (no internet acces). Perhatikan gambar di bawah ini,




Pernahkah anda mengalami masalah tidak bisa koneksi internet seperti gambar di atas?. Pada gambar tersebut menggunakan modem dengan merk Huawei E3276 dengan aplikasinya adalah Modem Partner 23. Sebetulnya ada aplikasi bawaan yaitu Quit Net.

Penyebab Modem Tidak Bisa Koneksi Internet

Sebelum membahas mengenai solusinya, lebih baik kita mengetahui beberapa penyebab kenapa modem kesayangan kita tidak bisa terkoneksi ke internet, yaitu:

  1. Kartu Sim Card yang digunakan telah habis kuota dan waktu paket internetnya atau dalam masa tenggang. Oleh karena itu jangan lupa mengeceknya.
  2. Pernah melakukan pengaturan pada modem bawaan modem atau networks windows secara asal-asalan atau coba-coba.
  3. Driver modem hilang karena terhapus Antivirus atau tidak sengaja terhapus.
  4. Driver belum di install di windows
  5. Sim Card yang digunakan mengalami kerusakan.
  6. Cek Signal.

Solusi Modem Tidak Bisa Koneksi Internet


Setelah mengetahui beberapa faktor penyebabnya maka setelah itu coba jalankan langkah-langkah berikut ini,


1.  Uninstall dan install kembali Driver Modem dengan melakukan secara langsung dengan cara klik setup.exe. Jika masih tidak bisa koneksi, lakukan langkah kedua
2.  Uninstall dan install kembali di device manager.
3. Lakukan Disable dan Enable Driver di Control Panel\Network and Internet\Network Connections.
4.  Ganti APN

Pengaturan APN (Access Point Name) pada setiap sim card atau provider pasti berbeda-beda. Mungkin kita salah memilih APN misalkan kartu sim card yang anda gunakan XL tetapi menggunakan APN Telkomsel, sudah pasti aka nada gangguan. Tapi kesalahan tersebut jarang terjadi, yang sering terjadi adalah Tidak Tahu Cara Setting APN. Untuk setting APN kita masuk dulu ke menu Setting >> Options >> Profil Management dan klik New.
Untuk beberapa konfigurasi APN pada setiap[ provider sim card anda dapat melihat gambar di bawah ini,


5.  Buat Koneksi Dial Up.

Semoga Bermanfaat
Terimakasih telah berkunjung di www.agungpanduan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar