ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Solusi CorelDraw Tidak Bisa Save, Export atau Print

8/28/2019
Deteksi CorelDraw sebagai software bajakan saat menggunakan internetan akan mengakibatkan CorelDraw menjadi tidak bisa Save, Export ataupun Print. Biasanya hal ini terjadi setelah menjalankan CorelDraw saat online lalu di close dan di jalankan kembali sehingga kode perintah validasi pada Coreldraw akan otomatis dijalankan. Jika pada saat itu anda sedang dikejar waktu untuk menyelesaikan projek gambar pastinya anda akan merasa jengkel. Hal itu wajar terjadi karena memang coreldraw yang anda gunakan  hasil download gratis dan bukan berbayar. Lalu, apakah ada cara untuk mengatasinya??? Tentu ada caranya.

Di sini saya tidak membenarkan yang namanya pembajakan sebuah software apa pun itu. Saya sarankan jika memang ada kelebihan rejeki tidak ada salahnya untuk membeli yang original. Ya hitung-hitung bantu mengembangkan para pembuat software itu sendiri.
Jika CorelDraw yang anda gunakan sudah terlanjur terdeteksi bajakan maka lebih baik anda uninstall terlebih dahulu lalu install kembali sesuai tahapan-tahapannya.


Solusi Coreldraw Terdeteksi Bajakan Sehingga Tidak Bisa Save, Export Dan Print

Langkah 1

Buka menu windows sobat Agung Panduan. Sebagai contoh di sini saya menggunakan windows 10 x64bit. Klik logo windows yang berada di pojok kiri bawah. Kemudian ketik Windows Firewall, lalu enter.

Langkah 2

Pastikan Firewall anda dalam keadaan aktif, jika tidak dapat diklik “Turn Windows Firewall on or off” sepertinya gambar di  bawah ini, biasanya cara mengaktifkannya melalu antivirus yang anda gunakan.

Langkah 3

Yang saya gunakan adalah Antivirus Avast Security 2019, maka untuk cara mengaktifkan firewall adalah klik menu >> setting >> protection >> Firewall dan jalankan (ON).

Langkah 4

Pada jendela Windows Firewall, pilih Advanced Settings di bagian kiri.

Langkah 5

Muncul jendela Windows Firewall and Advanced Security. Pilih Outboud Rules. Di bagian Actions pilih New Rule. Sobat Archi bisa lihat yang sudah saya kotaki merah.
Solusi CorelDraw Tidak Bisa Save, Export, atau Print
Catatan: Outbound rule adalah aturan yang berlaku untuk lalu lintas (traffic) yang berasal dari komputer menuju ke internet atau ke segmen jaringan lain.

Langkah 6

Pilih Program kemudian Next.

Langkah 7

Klik browse di bagian This program path. Cari CorelDRW.exe dan klik Next.


C:\Program Files\Corel\CorelDRAW Graphics Suite 2018\Programs64

Langkah 8

Pilih block the connection lantas Next.

Langkah 9

Centang semua (Domain, Private, Public)  di bagian pilihan, dan klik Next.

Langkah 10

Kemudian isi nama dan deskripsi bebas. Sebagai contoh di sini saya mengisi namanya Corel Agung Panduan dan deskripsinya Design Grafis www.agungpanduan.com. Pilih finish.


Selesai.

Catatan: Jika langkah ini belum efektif, maka anda harus melakukan rename sebuah file yang ada pada direktori C:\Program Files\Corel\CorelDRAW Graphics Suite 2018\Connect64\RMPCUNLR.DLL menjadi RMPCUNLRa.DLL
Proses sudah selesai sahabat Agung Panduan. Bagaimana mudah bukan? Semoga penjabaran langkah-langkah saya ini mudah dipahami dan dapat membantu sahabat Agung Panduan semua. Langkah ini dapat dilakukan kepada software-software lainnya seperti wilcom, adobe acrobat pro dan lain-lain.

Sekali lagi di sini saya tidak menyarankan atau membenarkan pemakaian software bajakan. Belilah serial numbernya secara resmi di laman CorelDRAW.
Share This :

0 Comments