ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Membuat Database Microsoft Acces

9/23/2019

Definisi Database

Buat orang awam pasti bingung apa itu database? Sejenis mahluk apa sih? Adakah kata-kata yang lebih mudah dipahami? Jika di ibaratkan ada sebuah buku yang berisi kumpulan data dimana data tersebut dapat dibaca oleh kita. Sama halnya dengan Microsoft Acces namun data yang tersimpan di Microsoft Acces ini tersusun dengan rapi dan disajikan dalam beberapa bentuk tabel. Dimana tabel-tabel tersebut dapat dilakukan manupulasi/pengolahan perhitungan seperti perkalian, pembagian, pengurangan, dan penambahan bahkan sebuah persamaan matematika) ataupun hanya untuk dibaca dengan menggunakan query. Query adalah kode perintah yang memiliki kemampuan untuk menampilkan data dari tabel-tabel yang berasal dari database, namun tidak semua tabel diambil datanya hanya yang diambil seusai dengan kebutuhan. Misalnya kita ingin menampilkan data pada Tabel A berdasarkan kata kunci yang memiliki ciri-ciri khusus. 
Dari uraian diatas dapat kita simpulkan database dapat didefinisikan sebagai kumpulan informasi yang disimpan di dalam computer secara sistematis yang dapat dimanupulasi atau diolah menggunakan program computer untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan.

5 Point Utama Microsoft Access

Sebelum masuk ke pembahasan cara menggunakan Microsoft Access alangkah baiknya kita mengetahui point utama yang dapat dilakukan dengan menggunakan Microsoft Access, yaitu
  1. Membuat Database.
  2. Membuat Tabel.
  3. Membuat Query.
  4. Membuat Form.
  5. Membuat Report (laporan).

Membuat Database Microsoft Acces

Sebelum membuat tabel, anda harus membuat nama file database dan menyimpannya di directory yang anda inginkan. Berikut cara membuat database Microsoft Acces.
1.  Arahkan mouse search the web and windows pada taskbar windows 10 lalu ketikan Access.
2.   Klik program Microsoft Access.
3.   Setelah anda memilih Microsoft Access  maka akan muncul jendela seperti di bawah ini,
4. Klik tombol “Blank Database” dan klik tombol “browse” untuk menentukan lokasi penyimpanan database lalu ganti tulisan “Database1.accdb” dengan nama file sesuai kebutuhan misalkan “Data_Asuransi.accdb”.
5.  Kemudian klik tombol “Create” seperti yang ditunjukkan tanda panah hingga muncul jendela seperti di bawah ini, 
Setelah membuat database langkah selanjutnya adalah membuat tabel yang akan dibahas pada artikel Cara Membuat Tabel Microsoft Acces
Share This :

0 Comments