ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Mengatasi Search Windows 10 Tidak Berfungsi

9/23/2019
Kotak pencarian (search) Windows 10 di Taskbar yang tidak berfungsi mengakibatkan pencarian program tidak bisa dilakukan. Ditandai seperti terjadi loading yang lama padahal hasil pencarian tidak muncul sama sekali.


Mengatasi Search Windows 10 Tidak Berfungsi

Seperti diketahui Windows 10 telah melakukan pengembangan berbagai macam fitur yang sangat berbeda dengan versi windows sebelumnya. Salah satu yang paling mencolok adalah kotak pencarian tampil langsung di samping start menu jadi tidak perlu lagi harus menekan tombol search.

Penyebab Kotak Pencarian Windows 10 Tidak Berfungsi

Namun apa jadinya jika kotak pencarian tersebut tidak berfungsi atau hanya menampilkan loading terus menerus? Pastinya membuat anda bertanya-tanya ko bisa, apakah ada yang error atau tidak aktif. Sebenarnya awal mula penyebab kotak pencarian tidak berfungsi adalah
  1. Salah satu fitur windows 10 yang berfungsi sebagai Assisten Windows yaitu Cortana mengalami error.
  2. Gagalnya proses update windows 10.
  3. Banyaknya file cache yang jarang dibersihkan.
  4. Sistem windows 10 mengalami error

Dari penyebab-penyebab di uraikan di atas apakah ada solusinya? Tentu saja ada. Dimana cara mengatasi hal tersebut tidaklah susah.

Cara Pertama End Process Cortana

Cortana ini terhubung langsung ke fitur seacrh jika cortana mengalami error maka secara otomatis fitur search tidak bisa digunakan. Dimana untuk mengatasinya adalah
1.  Buka Task Manager dengan cara klik kanan mouse tepat di atas taskbar lalu pilih Task 2.   Manager atau dapat pula dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del pada keyboard.
Kemudian klik tab Process.
3,  Cari Cortana pada kelompok Background Processes, untuk mempermudah pencarian urutan berdasarkan name.
4,   Klik Kanan Mouse tepat di atas icon Cortana lalu klik End Task.

Solusi Search Windows 10 Tidak Berfungsi

5   Tunggu beberapa saat, Cortana hingga cortana muncul kembali (running kembali secara otomatis).
6.   Setelah Cortana aktif kembali, sekarang coba mengetikkan cmd di kotak.

Cara Kedua Melalui Program Services

Program services ini memiliki banyak pengaturan yang mungkin bisa dilakukan seperti mematikan proses update beberapa program dan tentu saja pengaturan fitur pencarian sehingga mengurangi terjadinya bug. Biasanya saat kotak pencarian masih normal kita akan mengetikan service.msc pada kotak pencarian namun karena kotak pencariannya error maka langkah yang dapat dilakukan adalah dengan cara memanfaatkan Tab Service pada Task Manager.
  1. Sama seperti langkah End Process Cortana, pertama-tama tekan tombol Ctrl + Alt + Del pada keyboard.
  2. Pilih Tab Services dan Klik kanan mouse pilih Open Services.
  3. Setelah jendela Services muncul, carilah Windows Search.
  4. Ubah pengaturan Startup Type: Automatic (Delayed Start) menjadi Automatic. Lalu klik Apply.

Kemudian Restart Windows dan Test Kotak Pencarian.

Cara Ketiga Perbaikan Sistem Error Dengan Command Prompt.

Mungkin di antara pembaca jarang melakukan pengecekan sistem error menggunakan Command Prompt padahal langkah ini sangat dianjurkan dilakukan secara berkala. Untuk melakukan proses repair ini tentu saja mudah. Tekan tombol icon Windows 10 >> All Apps >> Windows System >> klik kanan mouse tepat di atas icon Command Prompt lalu pilih Run As Administrator.

Jika sudah masuk ke jendela Command Prompt ketikan perintah sfc/scannow. Tunggu beberapa saat, hingga 100% proses scanning. Command Prompt akan mencari error yang terdapat pada sistem lalu memperbaikinya secara otomatis

Repair Command Prompt Sfc Scannow

Cara Keempat Install Ulang Windows

Langkah ini dilakukan apabila langkah sebelumnya tidak berhasil. Jadi langkah ini merupakan langkah terakhir yang dapat dilakukan. Seperti yang diketahui, dengan menginstall ulang windows maka semua data pada driver sistem (c:) akan direset yang pastinyta error yang sebelumnya terjadi akan normal kembali.
Memang langkah ini efektif namun tidak hanya windows yang di install ulang tetapi banyak program yang harus di install kembali. 
Share This :

0 Comments