ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Cara Membuat Relationship Tabel Access

10/09/2019

Untuk mengoptimalkan manfaat tabel-tabel yang dibuat maka kita dapat membuat hubungan atau relationship antar tabel. Relationship ini tidak hanya dapat antara dua tabel tetapi juga banyak tabel. Dengan menghubungkan tabel. Anda dapat melihat rangkuman dari beberapa tabel sekaligus dalam satu layar sehingga memudahkan anda melihat informasi yang berguna dan dibutuhkan.

Relationship Tabel Access

Tabel-tabel yang direlasikan masing-masing harus mempunyai satu field dengan data tipe yang sama walaupun dengan nama field yang berbeda. Sebagai contoh misalnya Pembelian Barang ingin mengetahui tanggal dan jumlah barang apa yang yang tiba di Gudang pada Bulan Oktober 2019, maka untuk mengetahui hal tersebut dapat memanfaatkan relasi antar tabel.

Untuk kepentingan ini maka kita perlu merelasikan dua tabel yaitu TabelBarang sebagai tabel induk dan TabelPenerimaan barang sebagai tabel anak pada sebuah database (misalnya akan kita namakan “Purchasing.accdb”). Untuk membuat relasinya, yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Pertama-tama buat Database dengan nama Purchasing.accdb dan buatkan tabelnya dimana field-field adalah:

Field Tabel Access
Kedua klik Database Tools pada menu bar, kemudian klik ikon Relationships.
Relationship Tabel Access

Setelah itu akan muncul tampilan dialog "Show Table" lalu sorot tabel-tabel yang akan direlasikan kemudian klik "Add" dan akan otomatis akan tampil di Jendela Relationships. Jangan lupa Close dialog “Show Table”.

Kemudian buat relasi tabel dengan cara drag atau menyeret field yang akan dihubungkan dari tabel satu ke field tabel lainnya. Contohnya field KatalogNumber pada TabelBarang ke field KatalogNumber pada TabelPenerimaan.


Kemudian centang pada “Enforce Referential Integrity”.
Relationship Table Access

Lalu klik tombol “Create”, maka kedua tabel sudah terelasikan dengan tanda garis yang saling menghubungkan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini,

Relationship Tabel Access

Hubungan ini adalah jenis dari satu ke banyak (one-to-many). Angka 1 pada garis relasi menunjukkan bahwa field pada tabel tersebut merupakan field induk dari satu data ke tabel anak dengan banyak data dengan simbol “∞” (tak terhingga).

Melihat Hasil Relationship Tabel Acces

Untuk melihat hasil relasi yang sudah dibuat sebelumnya, klik tabel yang sudah terhubung tersebut Karena berperan sebagai tabel induk adalah TabelBarang maka yang kita buka adalah TabelBarang. Klik 2x pada TabelBarang, maka hasilnya akan terlihat seperti berikut:



Pada gambar di atas terlihat bahwa pada field NomorKatalog di depan angka-angkanya terdapat tanda “+”. Artinya dari tanda plus tersebut bahwa data tersebut mempunyai relasi dengan tabel lain, yang apabila tanda “+” tersebut di klik maka akan tampil field-field yang terelasi dengan data tersebut atau tampil tabel lain.
Share This :

0 Comments