-->
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00

BLANTERWISDOM105

Crosstab Query Acces: Query Wizard dan Query Design

10/29/2019
Crosstab Query adalah jenis query yang menampilkan secara silang dari field yang kita butuhkan, yang kita anggap penting dari perpotongan baris dan kolom hasl operasi query, baik pengelompokan maupun operasi perhitungan
Pembuatan query Crosstab ada dua cara yaitu dengan Query Wizard dan Query Design.

Membuat Query Crosstab dengan Query Wizard

Untuk lebih jelasnya kita akan mencoba dengan database lain, misal kita buat database baru dengan nama Penjualan.accdb.

Langkah 1

Buatlah tabel dengan nama tabel “tPembelian” (tabel pembelian dari supplier).

Isikan datanya seperti yang di gambar di atas.

Langkah 2

Klik menu bar Create dan kemudian klik Query Wizard.
Pilih dan klik Crosstab Query Wizard kemudian klik OK.

Langkah 3

Maka akan muncul jendela baru untuk memilih tabel, pilih tabel yang akan dibuat Query Crosstab-nya. Misalkan tabel tPembelian.


Maka akan muncul jendela yang mempertanyakan tentang field yang akan dijadikan judul baris (row headings).


Langkah 4

Kita pilih misalnya Nama_Supplier, maka kita pindahkan field Nama_Supplier dari Available Fields ke Selected Fields: dengan menyorot field Nama_Supplier dan kemudian klik tombol “>”.
Setelah tombol “>” diklik dan field Nama_Supplier pindah dari kotak Avaiable Fields ke kotak Selected Fields, maka akan tampak bahwa pada kotak Sample di bawah pada judul barisnya akan terisi nama field yaitu Nama_Supplier dan baris di bawahnya tertulis Nama_Supplier1, Nama_Supplier2 dan seterusnya.

Langkah 5

Kemudian klik Next maka akan muncul jendela baru yang menanyakan field apa yang akan menjadi judul kolom (column headings). Misalnya kita ingin menampilkan Jumlah pembelian dari setiap Nama_Supplier.
Kita ingin menampilkan Jumlah pembelian dari setiap Nama_Supplier pada setiap “Jenis Merk” sehingga dijadikan judul kolom, yaitu field “Merk”, maka kita klik field “Merk”. Sehingga pada jendela Sample pada tabel akan terlihat judul kolom tertulis Nama Merk1, Merk2 dan seterusnya.

Langkah 6

Selanjutnya klik Next maka akan muncul jendela yang akan menanyakan field apa yang harus dihitung sum, count, min, max atau lainnya. Setelah kita klik field Jumlah pada kota Fields akan terlihat bahwa pada kotak di sebelah kanannya yaitu kotak Functions memiliki sejumlah rumus perhitungan seperti sum, avg, count, min, dan lain-lain. Karena kita ingin mengetahui Jumlah Pembelian Barang Setiap Merk maka kita pilih “Sum”.

Langkah 7

Klik Next maka akan muncul jendela baru untuk nama query yang baru kita buat, kita tulis saja dengan “TPembelian_Crosstab”.

Query Crosstab

Klik Finish maka hasil query Crosstab dapat terlihat seperti gambar di bawah ini,

Query Crosstab

Membuat Query Crosstab dengan Query Design

Untuk membuat query Crosstab dengan Query Design, langkah-langkah awalnya sama seperti ketika membuat Select Query dengan Query Design. Jika belum tahu caranya dapat melihat artikel sebelumnya pada situs Agung Panduan.

Langkah 1

  1. Pada file Penjualan.accdb, pada menu bar klik tab Create lalu pilih dan klik Query Design sehingga muncul jendela yang dilengkapi dengan jendela Table Show yang akan digunakan dalam pembuatan query ini.
  2. Kemudian klik Add untuk menampilkan Tabal pada Query Design Windows.
  3. Klik Close pada jendela Table Show untuk menutup jendela table show.
  4. Pindahkan field-field yang diperlukan dalam tabel yang dipilih (Add) ke kolom Design Grid.
  5. Klik Ikon Crosstab pada Query Type untuk mengubah dari Select Query menjadi Crosstab Query. 

Langkah 2.

Setelah ikon Crosstab diklik maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini,


Yang perlu diperhatikan saat ini adalah baris Total dan Crosstab pada Design Grid. Pada baris total di design grid pada field Nama_Supplier, Merk, Jumlah tertulis “Group By”.

Langkah 3.

Karena pada field “Jumlah” kita ingin mengetahui jumlah pembelian setiap Merk, kliklah tombol drop-down (tanda “v”) di sel Group By sehingga muncul sebuah pilihan rumus perhitungan seperti sum, count dan lain-lain. Kemudian kita pilih Sum.

Langkah 4.

Pada baris Crosstab di Design Grid pada field Group kita klik tombol drop-down (tanda “v”) sehingga muncul pilihan Row Heading, Column Heading, dan Value. Karena field Jumlah adalah field yang akan dihitung maka pilih Value pada baris Crosstab.

Langkah 5

Lakukan seperti langkah 4 ke field lainnya namun pada baris Crosstabnya sesuaikan dengan pada gambar di bawah ini,

Query Crosstab

Catatan: Row Heading = Judul Pada Baris Query Crosstab
               Column Heading = Judul Kolom Query Crosstab
Query Crosstab

Langkah 6.

Klik Save dan berikan nama Querynya lalu klik Datasheet view.
Share This :

0 Comments