-->
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00

BLANTERWISDOM105

Membuat Query Access dengan menggunakan Query Wizard dan Query Design

10/22/2019

Query dalam suatu database adalah tempat di mana kita bisa mengolah dan menganalisa data dari tabel-tabel sehingga bisa kita melakukan operasi matematika terhadapnya, bisa kita pilih maupun kita urutkan dengan berbagai cara. Selain itu juga bisa langsung digunakan sebagai sumber report. Jika kita search di google dengan lokasi diindonesia pasti akan menemukan pengertian query yang dikutip dari http://rustantiatin.blogspot.com/2013/02/pengertian-query.html yaitu
Query adalah semacam kemampuan untuk menampilkan suatu data dari database dimana mengambil dari table-tabel yang ada di database, namun tabel tersebut tidak semua ditampilkan sesuai dengan yang kita inginkan. data apa yang ingin kita tampilkan.
Di dalam area query Acces, kita mengenal dua area tempat kita mengoperasikan query yaitu:
  • Query Design Window adalah area di mana kita biasa meletakkan tabel yang merupakan sumber data yang akan kita kerjakan operasinya.
  • Design Grid adalah tempat field dari tabel yang akan kita kerjakan operasinya misal diurutkan, dilakukan operasi matematika dan lain sebagainya.

Membuat Query Dengan Query Wizard Acces

Langkah 1

Buka file acces.accdb yang telah anda buat sebelumnya misalkan Purchasing.accdb, kemudian klik pada menu bar dan pilih tab “Create” lalu klik ikon “Query Wizard” maka akan muncul sebuah jendela New Query.

Query Wizard Acces

Langkah 2

Pada Simple Query Wizard dan Klik OK, maka akan tampak jendela baru yaitu jendela Simple Query Wizard.

Langkah 3

Klik tombol drop down berupa tanda “v” pada Tables/ Queries untuk memilih tabel/query yang tersedia, kemudian pilih tabel TabelBarang.
Di dalam kotak “Available Fields”: Terdapat nama-nama field dari TabelBarang. Pilihlah field-field yang akan kita gunakan dan dimasukan ke query dengan menyorot field tersebut dan kemudian memindahkannya dengan cara klik tombol “>” atau “>>” ke dalam kotak “Selected Fields”. 

Langkah 4

Jika sudah selesai memindahkan field-field pada TabelBarang sekarang klik tombol Drop Down dan pilih TabelPenerimaan. Sehingga jumlah field pada kotak “Selected Fields” sebanyak yang terlihat pada gambar di bawah ini,
Query Wizard Acces

Langkah 5

Klik Next, kemudian pilih opsi Detail (show every field of every record) atau pilih summary jika ingin menambahkan sum, average, min, max, dan count.
Query Wizard Acces

Langkah 6

Klik Next, kemudian berikan judul query pada kotak di bawah text “What title do you want for your query?”. Misalkan “Tabel History Barang Query” dan klik Fiinish.
Query Wizard Acces

Langkah 7

Terlihat bahwa field yang tadi pindahkan datanya Nampak di tabel baru, dengan nama tabel Tabel History Barang Query yang sudah masuk ke Navigator Pane.
Query Wizard Acces

Langkah 8

Simpan Database dengan klik ikon disket di sebelah kiri atas atau tekan tombol CTRL + S.

Membuat Query Dengan Query Design

Membuat Query menggunakan Query Design lebih disukai karena lebih fleksibel dan kita bisa memasukan beberapa tabel sekaligus dan direlasikan dalam satu query.
Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah 1

Buka file Purchasing.accdb, kemudian pada menu bar klik tab Create lalu pilih dan klik Query Design maka akan muncul jendela yang dilengkapi dengan jendela Table Show yang akan digunakan dalam pembuatan query seperti gambar di bawah ini,

Langkah 2

Sorot TabelBarang karena tabel ini yang akan kita gunakan kemudian klik tombol Add.
Klik tombol Close pada jendela Show Table untuk menutup jendela tersebut, maka akan tampak pada area Query Design Windows yang terdapat TabelBarang lengkap dengan field-field di dalamnya.

Langkah 3

Pindahkan field-field dalam TabelBarang di jendela tabel ke kolom Design Grid dengan cara menyeret (drag) dari Jendela Tabel ke Kolom Design Grid atau dengan cara klik ganda field dalam jendela tabel, maka akan secara otomatis field pada tabel terdapat juga di kolom Design Grid mengisi kolom yang kosong.

Langkah 4

Simpan Query dan berikan nama judul querynya.
Share This :

0 Comments