ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Mengubah, Menghapus, Memindahkan dan Filtering Kolom Field Tabel Access

10/03/2019
Seringkali kita perlu melakukan perubahan tabel acces, baik yang bersifat permanen (misalnya menukar kolom, menghapus kolom, Mengubah kolom), maupun yang bersifat sementara (seperti filtering ataupun menemukan sel dalam tabel). Perubahan ini biasanya dilakukan saat kita akan melakukan penyempurnaan system database ataupun terjadi kesalahan pembuatan kolom database.

Mengubah Judul Kolom Tabel Acces

Ada 2 cara yang dapat kita pilih untuk mengubah judul field atau kolom yaitu:
Klik kanan atau kiri mouse pada judul kolom tabel, kemudian pilih Rename Field dan Enter, maka judul kolom tabel dapat diganti sesuai yang diinginkan.
Mengubah judul field pada mode Design View lebih disarankan karena pada mode ini atribut dan property dari tabel nampak dan dapat diubah.


Mengubah Field  Tabel Acces

Memindahkan Kolom Tabel Acces

Untuk memindahkan field atau kolom hanya dapat dilakukan pada Design View dengan insert rows, cut dan paste atau dengan cara menggeser ke posisi yang kita inginkan. Dari baris pertama pindah kebaris kedua maupun kebaris lainnya. Mengapa hanya bisa digeser pada saat Design View karena jika menggeser pada saat mode Data Sheet View maka yang terlihat hanya tampilan saja tidak secara langsung diikuti pindahnya baris field pada mode Design View.
Memindahkan field yang dilakukan pada Design View dengan cara insert rows, cut dan paste harus dilakukan dengan hati-hati karena field-field tabel yang akan kita pindahkan harus masih kosong dan tidak terkait (terhubung) dengan tabel lainnya. Jika kita melakukan pemindahan dengan tabel berisi data, maka datanya mungkin saja jadi hilang dan relasi tabel yang telah dibuat sebelumnya menjadi error. Biasanya kolom yang sudah memiliki Relationship tidak bisa dipindahkan dengan cara Cut, dan Paste tetapi hanya dapat dengan menggesernya.

Memindahkan Kolom Tabel Acces

Keterangan: Garis berwarna pink menandakan bahwa Field Kode Barang berasal pada posisi tersebut dan akan dipindahkan di bawah field jumlah yang ditandai oleh garis berwarna hitam.

Menghapus Kolom Tabel Acces

Menghapus field atau kolom tabel acces dapat dilakukan pada saat mode Datasheet View maupun Design View. Cara menghapus kolom saat mode Datasheet View yaitu dengan cara klik kanan mouse tepat di atas judul kolom lalu pilih “Delete Field”.

Menghapus Kolom Tabel Acces

Cara menghapus kolom saat Design View yaitu pilih Kolom Field dan arahkan mouse ke baris yang berisi nama judul field yang akan dihapus lalu klik kanan mouse tepat di atasnya lalu pilih “Delete Rows”.


Jangan lupa disave.

Filtering Tabel Acces

Filtering termasuk perintah yang sering Agung Panduan gunakan karena data yang dihadapi mencapai ribuan baris dengan data-data yang berbagai macam karakteristik sehingga apabila ingin mencari suatu urutan peristiwa transaksi, maka dengan filter dapat ditemukan dengan cepat.

Misalnya kita ingin menemukan transaksi-transaksi terakhir dari suatu barang, maka kita dapat menggunakan filter untuk nomor kode barang tersebut sehingga transaksi yang telah dilakukan sebelumnya Nampak jelas. Adapun cara filter tabel acces adalah sebagai berikut;
Pertama-tama klik kanan sel paling atas dari tabel, kemudian pilih dan klik Text Filter, maka akan terbaca “Text Filter” karena sel yang diklik berisi data teks (data yang akan difilter adalah data berupa teks).

Filtering Tabel Acces

Apabila data yang difilter berupa angka atau number, maka yang akan muncul adalah tulisan “Number Filter”, demikian juga jika data yang difilter beritipe tanggal maka yang akan muncul adalah “Date Filter”.
Filtering Tabel Acces
Kemudian pilih dan klik “Contains/berisi teks tertentu” atau “Equals”.
Setelah Anda klik Contains, berikutnya akan muncul jendela baru Custom Filter dimana kita diminta mengisi data apa yang akan difilter pada kotak “Custom Filter”.
Isikan “Merk B” karena kita ingin yang muncul adalah Nama Barang yang memiliki merk B.
Filtering Contains Tabel Acces

Klik OK, maka akan terlihat semua transaksi Nama Barang Merk B dalam tabel.
Selanjutnya tutup tabel dengan mengklik tanda silang di sebelah kanan atas, kemudian akan muncul jendela peringatan apakah kita akan menyimpan perubahan desain tabel Produksi.
Klik No jika kita batal melakukan perubahan atau klik Yes jika yakin akan mengubah desain tabel.
Sebagai latihan klik Yes karena kita ingin mengubah desain tabel.
Share This :

0 Comments