ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00

BLANTERWISDOM105

Select Query Acces dengan kriteria like

10/28/2019

Select Query adalah query untuk mengambil data dari satu atau banyak tabel dan dapat dipilah-pilah kolom atau field mana yang sesuai kebutuhan. Tidak hanya memilah field dari tabel tetapi juga dapat dilakukan operasi matematika, diurutkan, dan dikenai suatu kriteria tertentu yang kemudian dimasukan ke dalam report/laporan.

Simple Query yang dibuat baik dengan Query Wizard maupun Query Design secara default akan selalu mempunyai tipe select Query Untuk lebih jelasnya akan kita bahas lagi dengan lebih detail.

Langkah 1

Buka Database Purchasing.accdb.
Buatlah Query dengan menggunakan Query Design, maka akan terlihat ada ikon Select pada menu bar Design tepatnya pada Query Type.

Langkah 2

Jika anda sudah pernah membuat Query Design sebelumnya gunakanlah Query tersebut untuk menambahkan Kriteria misalkan Query yang kita gunakan adalah “Tabel History Barang Query”. Untuk percobaan tambahkan pada baris criteria dengan Like "*Kertas*" pada field Material. Maksud dari Like "*Kertas*" adalah query akan mengambil data yang memiliki kata Kertas pada field Material.


Select Query Acces


Langkah 3
Setelah menambahkan kriteria pada baris criteria sekarang lakukan save dan datasheet view untuk melihat hasilnya.


Lihatlah perubahannya yang ditandai tanda panah dan kotak berwarna pada gambar di atas pada field Material yang awalnya mengandung 2 baris data setelah menambahkan kriteria yang mengandung kata “Kertas” maka field kolom menjadi hanya memiliki 1 baris data saja.
Share This :

0 Comments