ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Cara Menggunakan Clipboard Pada Excel

11/26/2019

Proses kegiatan editing data yang paling sering digunakan pada saat bekerja menggunakan Excel adalah menggunakan fitur Cut, Copy, dan Paste. Pada saat melakukan cut atau copy, data pada sel yang copy akan berada di dalam penampungan Excel yang biasa disebut dengan nama Clipboard. Ketika melakukan paste, objek-objek yang berada dalam clipboard akan dipindahkan ke lokasi sel dimana kita melakukan Paste.

Apabila kita melakukan kegiatan Paste berkali-kali, objek yang ada di dalam Clipboard tidak akan terhapus atau hilang, kecuali anda menggantinya dengan objek yang lain. Fitur Clipboard pada Excel dapat diaktifkan dengan cara klik tombol menu tab Home > tanda panah kecil tepat disebelah kanan tulisan Clipboard.

Setelah fitur clipboard diaktifkan, objek-objek yang di cut atau di copy akan masuk ke dalam clipboard. Selanjutnya kita tinggal memilih objek mana yang akan digunakan.
Setelah tampil office clipboard, maka kegunaan menu tersebut adalah:


1. Show Office Clipboard Automatically: menu berfungsi untuk menampilkan jendela office clipboard secara otomatis pada saat melakukan cut atau copy.
2. Show Office Clipboard When Ctrl+C Passed Twice: menu ini berfungsi untuk menampilkan jendela Office Clipboard apabila tombol Ctrl+C ditekan dua kali.
3. Collect Whitout Showing Office Clipboard: menu ini berfungsi untuk menyimpan objek-objek yang di cut atau copy ke dalam Office Clipboard, akan tetapi jendela Office Clipboard itu sendiri tidak ditampilkan.
4. Show Office ClipboardIcon On Taksbar: menu ini berfungsi untuk menampilkan ikon Office Clipboard pada taksbar.
5. Show Status Near Taksbar When Copying: menu ini digunakan untuk memunculkan status isi Clipboard di dekat taksbar ketika melakukan peng-copy-an.
Share This :

0 Comments