-->
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00

BLANTERWISDOM105

Update Query Access

11/10/2019

Update Query adalah query untuk mengubah data suatu sel pada suatu tabel data. Query ini bisa untuk mengupdate data dari suatu tabel, misalnya setelah adanya suatu transaksi baik itu barang masuk atau barang keluar.
Sebagai ilustrasi kita akan coba mengubah nilai suatu harga pada saat tabel TPembelian. Dengan sebuah angka dari suatu tabel sementara “tsementara” Menggunakan query Update Query.

Langkah 1

Buka Penjualan.accdb Yang sudah ada tabel TPembelian.
Kita buat tabel baru tabel sementara dengan nama “tsementara” yang nantinya akan digunakan untuk mengubah nilai suatu sel data tabel TPembelian yaitu sel yang ada pada kolom atau field Jumlah
Untuk ilustrasi sederhana maka tabel “tsementara” hanya berisi tiga field yaitu




Langkah 2

Isikan di tabel “tsementara” beberapa baris data dengan Nota yang sama dimiliki oleh tabel aslinya TPembelian dan memiliki field yang bertipe sama agar proses update tepat pada nota yang dituju.


Dalam kasus ini, field yang akan direlasikan adalah field Nota yang memiliki jenis tipe yang sama namun untuk nama field boleh beda.

Kegunaan dari field yang direlasikan ini adalah sebagai acuan ketika terjadi pengisian/penggantian angka pada field Jumlah di tabel TPembelian oleh angka pada field AngkaUpdate di tabel “tsementara”. Acuannya adalah Nomor Nota pada kedua tabel harus sama.

Langkah 3

Buat query dengan fasilitas Query Design
Tambahkan dua tabel ke dalam Query Design Window yaitu TPembelian dan tsementara.
Karena pada kedua tabel ada field yang bertipe sama namun hanya berbeda nama yaitu Nota pada TPembelian dan Nomor Nota pada tsementara.maka dapat langsung direlasikan.


Klik ikon update pada Query Type untuk membuat query bertipe update.


Terlihat bahwa setelah ikon Update di klik, maka pada Design Grid nama ada baris Update To. Baris ini untuk menempatkan field yang akan digunakan untuk meng-update pada field di atasnya yang akan di-update yaitu AngkaUpdate akan meng-update Jumlah.

Langkah 4.

Klik ganda pada field Jumlah pada jendela tabel TPembelian untuk memindahkan ke design grid sebagai field yang akan di-update.
Field AngkaUpdate juga harus dipindahkan ke design grid pada baris (Update To), tapi untuk meletakannya dibaris ini ternyata tidak bisa diklik ganda atau didrag namun harus di build.


Langkah 5

Adapun cara build untuk memindahkan field AngkaUpdate ke baris Update To pada Design Grid adalah dengan klik kanan pada baris “Update To” hingga muncul menu pilihan Build.


Langkah 6.

Pilih dan klik build, maka akan muncul jendela Expression Builder.
Klik ganda pada TPembelian > Tables > tsementara maka akan muncul field AngkaUpdate di tabel tsementara.
Kemudian pilih dan klik ganda AngkaUpdate pada kotak sebelah kanannya, maka field AngkaUpdate ini akan pindah ke kotak di atasnya.


Langkah 7.

Klik OK, maka field AngkaUpdate akan berpindah ke Design Grid pada baris Update To.

Langkah 8.

Lakukan Penyimpanan query dengan nama yang dikehendaki misalkan “UpBeli”.

Langkah 9.

Klik Ikon Run pada tab Design sebelah kiri atas untuk proses update atau mengganti angka pada field jumlah pada nota tertentu.

Langkah 10.

Lihat hasilnya dengan klik View.
Share This :

0 Comments