ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Interaksi Aplikasi dan Peer Dalam Hyperledger Fabric

12/24/2019

Aplikasi selalu terhubung ke peer ketika mereka membutuhkan akses menuju ledger dan chaincode. Fabric Sofware Development Kit (SDK) mengembangkan sebuah API yang dapat mengkoneksikan aplikasi ke peer, meminta chaincode menggenerate transaksi, submit transaksi ke jaringan yang akan di order dan menyerahkan ke dalam ledger yang terdistribusi dan menerima events ketika proses telah selesai.
Blockchain akan memastikan bahwa legder selalu diperbaharui pada setiap peer. Pada gambar di atas, Aplikasi A terkoneksi ke P1 dan memanggil (invoke) chaincode S1 untuk melakukan update ledger L1. P1 memanggil S1 untuk menghasilkan respons atas proposal yang berisi query atau pembaharuan ledger yang diajukan. Lalu Aplikasi A menerima respons atas proposal tersebut dan menyatakan bahwa proses telah selesai. Untuk proses update, A membuat permintaan transaksi untuk di ordered. O1 mengumpulkan transaksi dari seluruh jaringan ke dalam sebuah blok dan mendistribusikannya ke semua peer termasuk P1. P1 menghasilkan sebuah event yang diterima oleh A untuk menandakan bahwa proses update telah selesai.
Peer tidak pernah berkonsultasi dengan peer lainnya untuk menanggapi permintaan dari Aplikasi. Namun aplikasi dapat terhubung dengan banyak peer untuk menerbitkan query. Misalkan untuk menguatkan hasil di antara beberapa peer atau mengambil hasil yang lebih baru dari peer yang berbeda jika ada kecurigaan bahwa informasi yang mungkin sudah tidak berlaku.
Transaksi untuk update dimulai dengan cara yang sama dengan transaksi query tetapi memiliki dua langkah tambahan. Meskipun Aplikasi untuk update ledger juga terhubung dengan peer lain untuk invoke sebuah chaincode. Seorang peer tidak dapat melakukan update ledger tanpa persetujuan peer lainnya. Hal ini biasa disebut dengan konsensus.
Langkah tambahan pertama (4.1) mengharuskan aplikasi mengirim satu set yang sesuai protocol dari update yang diusulkan ke seluruh jaringan peer sebagai transaksi komitmen ke dalam ledger masing-masing peer. Hal ini dapat dicapai oleh aplikasi menggunakan Ordered untuk mengemas transaksi ke dalam blok dan mendistribusikannya ke seluruh jaringan peer. Dimana mereka dapat diverifikasi sebelum disimpan pada ledger setiap peer. Karena seluruh proses order ini membutuhkan waktu, maka aplikasi mendapatkan notifikasi seperti yang ditunjukkan pada langkah 5.
Share This :

0 Comments