ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00

BLANTERWISDOM105

Konfigurasi Database Mail SQL Server

6/18/2020

Sebuah proses penyimpanan, pengambilan database pada sebuah proses bisnis selalu membutuhkan notifikasi apakah proses tersebut berhasil atau tidak. Jika proses tersebut di lakukan pada layar halaman website ataupun desktop, notifikasi dapat terlihat langsung ketika kita mencoba menyimpan data baru di sql server. Namun apabila proses penyimpanan itu tidak terlihat atau secara otomatis dijalankan oleh Stored Procedures. Cara yang terbaik untuk mengirimkan notifikasi bahwa proses penyimpan sukses atau tidak? adalah dengan menggunakan Email.

Pada SQL Server sudah ada feature yang dapat digunakan untuk kebutuhan interaksi sql server ke email yaitu Database Mail. Cara pengaturannya pun sangat mudah, hanya membutuhkan beberapa informasi seperti (nama email, smpt server mail, SMTP Port, password) dan ijin akses penggunaan email.

Konfigurasi Database Mail SQL Server

Langkah 1

Jalankan SQL Server Management Studio, selanjutnya di Object Explorer kita pilih   Management ==> Database Email, klik kanan maka akan tampil menu popup sebagaimana gambar berikut:

Konfigurasi Database Mail SQL Server

Pilih menu Configure Database Mail selanjutnya akan tampil sebuah wizard untuk setting SMTP Server.

Langkah 2

Pilih Set up Database Mail by performing the following Task, selanjutnya tekan tombol Next akan tampil konfirmasi yang menyatakan feature database mail belum tersedia di server kita, apakah kita akan mengaktifkan fasilitas ini, tekan Yes, selanjutnya akan tampil sebuah wizard untuk membuat profile baru, profile ini nantinya yang kita gunakan untuk script Transact SQL.

Langkah 3

Isi Profile Name dan Descriptionnya, jika diperlukan, selanjutnya kita akan setting SMTP Server dengan cara menekan tombol Add.

INFORMASI SMPT SERVER GMAIL

Langkah 4

Sebelum setting SMPT Server ada baiknya anda menyiapkan beberapa informasi untuk keperluan setting SMPT Server. Misalkan yang saya akan coba pada contoh ini, untuk informasinya ada di setting SMPT Server untuk Gmail.

Setelah informasi diperoleh maka kita dapat melakukan Langkah selanjutnya yaitu memasukan informasi tersebut ke setting smpt server di database mail sql server.

Konfigurasi Database Mail Sql Server

Langkah 5

Selanjutnya klik Next masuk ke tampilan Manage Profile Security tentukan apakah settingan sebagai default atau tidak sebagaimana gambar berikut ini,

Langkah 6

Selanjutnya klik Next masuk ke tampilan Configure System Parameters kita default saja dan klik tombol next,

Langkah 7

Selanjutnya klik Next masuk ke tampilan Complete the Wizard yang menampilkan informasi tentang Account Profil di Database Mail yang kita buat. Klik tombol Finish.

Langkah 8

Tunggu beberapa saat untuk proses pembuatan account baru di wizard database mail. Jika telah success tekan tombol close.

ENABLE DATABASE MAIL XPS

Langkah 9

Setelah membuat profil dan akun kita perlu mengkonfigurasi Database Mail, untuk mengkonfigurasinya kita perlu meng-enable Database Mail Xps parameter pada stored procedure sp_configure seperti tampilan di bawah,


-- show advanced options
EXEC sp_configure 'show advanced options', 1
GO
RECONFIGURE
GO

-- enable Database Mail XPs
EXEC sp_configure 'Database Mail XPs', 1
GO
RECONFIGURE
GO

-- check if it has been changed
EXEC sp_configure 'Database Mail XPs'
GO

-- hide advanced options
EXEC sp_configure 'show advanced options', 0
GO
RECONFIGURE
GO

AKTIFKAN AKSES GMAIL MELALUI APLIKASI

Langkah 10

Aktifkan penggunaan akun gmail untuk Visual Studio dengan cara masuk ke Akun Gmail yang kamu gunakan lalu Kelola Akun Google Anda > Keamanan > Akses aplikasi yang kurang aman. Klik tombol Aktifkan akses (tidak direkomendasikan).

TEST KIRIM DATABASE MAIL SQL SERVER

Langkah 11

Sekerang kita akan melakukan pengecekan apakah mengirim email menggunakan sql server bisa dilakukan atau tidak dengan cara klik kanan mouse di Object Explorer Management > Database Mail > Send Test E-Mail. Isikan field To, Subject, dan Body lalu klik tombol Send Test E-Mail.

Langkah 12

Cek apakah ada email masuk ke inbox gmail dengan subject Database Mail Test.

Anda pun dapat mengirim email dengan T-SQL, 

EXEC msdb.dbo.sp_send_dbmail
     @profile_name = 'SQLAgungPanduanTest',
     @recipients = 'testkirim1@gmail.com',
     @copy_recipients = 'testkirim2@whiteopen.com',
     @subject = 'Database Email Subject', 
     @body = 'TEST',
     @body_format = 'HTML';
Share This :

0 Comments