-->
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00

BLANTERWISDOM105

Deploy ASP NET Web Application di IIS 10 Localhost

11/03/2020

Setelah anda membuat sebuah projek aplikasi web dengan menggunakan ASP NET akan lebih baik diuji coba terlebih dahulu di akses oleh Komputer klien lainnya. Misalkan Komputer anda dijadikan sebagai Web Service yang dapat di akses oleh berbagai computer klien yang terhubung oleh jaringan wifi atau LAN.

Namun sebelum melakukan deploy ke IIS 10 ada baiknya ada periksa pengaturan di turn windows features on or off di windows 10.  Apakah sudah diatur seperti gambar di bawah ini,

Misalkan jika ASP NET Web Application yang anda buat menggunakan Script atau content maka wajib centang pada IIS Management Script and Tools. Jika tidak maka jquery atau script lainnya tidak akan di load sehingga tampilan menjadi berantakan hanya sebuah text tanpa UI.

Langsung saja kita akan melakukan publish pada Contoh ASPNET : Create Login Form Using SQL Command.

Langkah 1

Buka projek ASP Net Web Application di Visual Studio 2012 atau kamu dapat mendownloadnya dengan menggunjungi link sebelumnya.

Langkah 2

Akan muncul window Publish Web Application untuk membuat Profile, jika profil belum dibuat pilih List New maka akan muncul sebuah textbox kosong maka isikanlah dengan nama “ContohLoginForm”.

Langkah 3

Lalu pada tab menu Connection, tepatnya pada Publish Method pilihlah FileSystem atau method lainnya sesuai kebutuhan. Jangan lupa pilih directory untuk penyimpanan hasil publish.

Web Deploy: Jika anda memiliki IIS pada mesin server yang sedang berjalan dan di konfigurasi sebagai web deploy maka akan dilakukan send semua request oleh file IIS. IIS akan segara membuka new web page.

Web Deploy Package: Jika anda menjalankan IIS pada mesin server dan di konfigurasi sebagai Web Deploy Package, IIS akan mengemas seluruh halaman web anda, dan akan mengunggahnya ke mesin server dan membuka new web page.

FTP: akan mengupload file ke server FTP (dapat berupa OS apa pun yang menangani FTP), tetapi perlu diketahui bahwa ini tidak aman dan seluruh proses upload dapat di captured dan disusupi.

Filesystem: akan menerapkan semua item yang diperlukan untuk melaunching web service dengan metode apa pun yang didukung oleh konfigurasi pada projek ke dalam direktory yang disediakan di komputer anda.

Langkah 4

Setelah dilakukan publish Langkah selanjutnya adalah menambahkan Add Site baru di IIS 10. Sekarang buka IIS Manager dengan mengetikan Inetmgr di Windows + Run. Lalu klik kanan mouse pada Application Pools untuk melakukan Add Application Pools. Isikan Namenya terserah misalkan “UjicobaPool”.

Langkah 5

Setelah Add Application Pool, klik kanan mouse pada UjiCobaPool pada gridview Application Pool di sebelah kanan dan piih Advanced Setting, lalu lakukan pengaturan seperti gambar di bawah ini, dari ApplicationPoolIdentity menjadi LocalSystem.


Pada advanced setting ada berbagai pengaturan yang dapat anda lakukan, silahkan mencobanya.

Langkah 6

Sekarang klik kanan mouse dan pilih sites ==> Add web site. Masukkan nama Site Anda (di sini saya memakai LoginFormWebSite), Lalu pilih directory tempat penyimpanan hasil publish projeknya di physical path. Jangan lupa pilih type: http ataupun https dengan port bukan 80, biasanya port 80 sudah digunakan jadi kamu bisa membuat port seperti 8018.

Langkah 7

Klik kanan mouse LoginFormWebSite > Manage Website > Advanced Setting. Untuk melakukan pengaturan pemilihan Applicatio Tool dan redirect dari http ke https atau lainnya.

Langkah 8

Sekarang coba jalankan dengan cara klik kanan mouse pada LoginFormWebSite > Manage Website > browse.

Saat ini ASP Net Web Application dapat berjalan pada computer yang menyimpan hasil publish lalu apakah sudah bisa di akses melalui computer lainnya tentunya tidak apabila belum dibuka akses (Allow Connection) untuk port 8018 di Window Firewall pada inbounds.

Buka Akses Port di Firewall

Share This :

0 Comments